siklus menstruasi

Beberapa minuman herbal ternyata bisa memperlancar haid. Lalu, minuman apa agar haid lancar? Kebanyakan minuman tersebut terbuat dari jus, buah, dan rempah yang dapat dibuat sebagai minuman dingin dan hangat. 

Beberapa diantaranya adalah jenis minuman alami yang bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Tidak hanya untuk melancarkan haid saja tetapi juga bisa memberikan kesehatan untuk tubuh dan meredakan gejala PMS.

Penyebab menstruasi tidak lancar

Menstruasi yang terlambat bisa terjadi karena beberapa alasan selain karena kehamilan. Penyebab umumnya adalah ketidakseimbangan hormone yang berperan dalam siklus menstruasi, selain itu berikut alasannya:

1. Stres

Stress atau depresi merupakan alasan utama dan paling umum yang menyebabkan siklus haid terlewat. Stres yang berlebih dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormone dan mempengaruhi hipotalamus yang berperan dalam mengatur menstruasi.

2. Berat badan tidak ideal

Berat badan yang rendah atau berlebih dapat menjadi alasan siklus haid kamu tidak teratur. karena akan terjadi perubahan hormonal, apalagi bagi orang yang mengalami gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia .

3. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS merupakan kondisi ketika tubuh kamu memproduksi lebih banyak hormon androgen pria daripada hormone seksual wanita. Karena ketidakseimbangan hormon, ovulasi akan berhenti atau tidak teratur dan folikel yang terputus (kista) terbentuk ovarium.

Jangan Keliru, Ini Perbedaan PCO dan PCOS yang Wajib Kamu Ketahui!

4. Pasca melahirkan

Pada tiga bulan awal pasca melahirkan, ada kemungkinan kamu mengalami siklus haid yang tidak teratur dan mungkin akan kembali normal ketika berhenti minum pil KB. Selain itu, jenis kontrasepsi hormonal lainnya juga dapat menyebabkan haid terlambat.

Minuman agar haid lancar

Berikut ada beberapa jenis minuman atau jus dari bahan alami yang dapat kamu minum untuk memperlancar haid dan sekaligus dapat meringankan beberapa gejala PMS seperti sakit pinggang, perut atau yang lainnya.

1. Air

Air mineral merupakan minuman yang mudah didapat dengan berbagai manfaat. Dengan mengkonsumsi air yang cukup kamu bisa menghidrasi tubuh dengan baik dan membuat tubuh dalam kondisi yang baik untuk menjaga hormon menstruasi berkerja dengan baik.

2. Kafein lebih baik

Minuman dengan kandungan kafein seperti kopi atau teh akan memberikan energi pada tubuh kamu untuk melakukan metabolisme atau aktivitas lainnya. Selain itu minuman dengan kafein juga dapat meringankan gejala PMS seperti kram pada perut.

3. Smoothie

Smoothie ini bisa kamu buat dari berbagai jenis buah atau sayuran. Sari buah asli dan alami akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh dan membuat kebutuhan produksi hormone menstruasi seimbang, sehingga dapat melancarkan siklus haid.

4. Teh peppermint

Peppermint sendiri sudah digunakan sejak lama untuk membantu menenangkan perut. The peppermint sendiri bisa membantu relaksasi otot perut kamu dan membantu dalam proses peluruhan dinding rahim yang tidak terbuahi.

Apakah Minum Teh Saat Haid Diperbolehkan?

5. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki aroma yang khas dan rasa yang khas sehingga bisa membantu menenangkan pikiran dari stress dan tubuh kamu. 

6. Jus apel, seledri, jahe, dan peterseli

Jus ini memiliki berbagai kandungan vitamin dan gizi lainya. Ketika haid belum datang kamu memerlukan makanan dan minuman dengan kandungan mineral yang tinggi untuk meningkatkan kesuburan dan membantu haid yang tidak lancar.

7. Jus nanas dan wortel

Jus nanas dan wortel dengan kandungan bromelin atau enzim yang dapat meredakan nyeri oto dan membantu mengatasi haid yang terlambat datang. 

8. Jus bit, seledri, apel, dan mentimun

Jus ini dapat memberikan energi yang tinggi untuk kamu. Setiap bahannya mengandung mineral yang dapat meningkatkan energy kamu agar tubuh tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan mudah.

9. Jus wortel, apel, dan lemon

jus jeruk dan semangka

Jus wortel, apel dan lemon ini memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi. Sehingga dapat memberikan asupan mineral yang sangat cukup untuk tubuh dan mengatasi berbagai masalah hormone seperti haid yang terlambat.

10. Jus persik dan lemon

Ketika kamu mengalami kembung karena haid, jus ini dapat membantu kamu untuk mengisi kembali cairan tubuh dan dapat mengatasi segala gangguan pencernaan. Selain itu, otot perut juga akan menjadi rileks dan bisa membantu memperlancar haid.

11. Jus blueberry dan semangka

Blueberry dan semangka merupakan buah dengan antioksidan dan serat yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh para wanita. Selain itu, blueberry sendiri dapat membantu menyeimbangkan hormon menstruasi sehingga haid bisa lancar dan tidak terlambat.

12. Jus apel dan jeruk

Jus apel dan jeruk dapat membantu kamu mengurangi kembung pada perut dan meningkatkan energy. Selain itu, bahan ini juga dapat mencegah depresi sehingga dapat membantu otak untuk memproduksi hormon dengan keseimbangan yang baik.

Siklus Haid Berantakan, Minum Apa Agar Haid Lancar?

13. Jus bit dan jeruk

Jus ini juga sangat efektif untuk membantu melancarkan haid yang terlambat atau terlewat karena dapat membantu menghilangkan kecemasan, stress atau depresi.

14. Air Jahe 

Mengonsumsi air rebusan jahe bisa membantu melancarkan siklus menstruasi. Sama seperti blueberry, jahe juga mengandung antioksidan yang dapat menyeimbangkan produksi hormon.

15. Kayu Manis 

Kayu manis juga merupakan bahan alami yang dapat memperbaiki siklus haid kamu menjadi lebih teratur dan lancar.

Beberapa jenis minuman tersebut dapat melancarkan haid, meredakan gejala haid, sekaligus menyehatkan tubuh. Pilih minuman sesuai seleramu dan cobalah kreasikan agar lebih segar saat dinikmati.

5 Makanan Pelancar Haid yang Aman Dikonsumsi

Period Talk: Serba-serbi haid telat dan cara melancarkan haid dengan minuman

Mungkin bagi banyak orang, minuman pelancar haid itu tidak ada. Namun, menurut dr. Wisniaty Condro, ada beberapa minuman yang bisa kamu konsumsi untuk melancarkan haid, loh.

“Beberapa minuman dapat membantu melancarkan haid secara alami. Misalnya air mineral, jus dari buah dan sayuran seperti apel, jeruk, semangka, dan wortel yang kaya akan mikronutrien,” ujar dr. Wisni.
Selain itu, kamu bisa juga mengonsumsi minuman herbal seperti teh chamomile, jahe dan kayu manis juga.
Minuman ini terjangkau dan mudah ditemukan di sekitar, loh.
“Meski demikian, tidak serta merta mengonsumsi minuman ini akan langsung melancarakan haid secara instan. Sebab haid yang tidak lancar dipengaruhi oleh berbagai faktor stres, hormon, dan kondisi kesehatan lainnya,” ujarnya lagi.
Terkadang wanita suka panik duluan saat telat haid. Menurut dr. Wisniaty, hal ini jangan menjadi hal yang membuat kamu stres, loh. Yuk simak cara hitung siklus menstruasi kamu melalui video berikut.
“Jika siklus haid kamu telat, jangan panik dulu, ya. Karena biasanya pada kebanyakan kasus bukan hal yang mengkhawatirkan. Hal utama yang perlu dilakukan adalah melakukan tes kehamilan jika memiliki riwayat berhubungan,” jelas dr. Wisniaty Condro.
Namun, jika hasil tes hamil negatif dan kamu tidak memiliki keluhan lain, biasanya siklus haid akan kembali dimulai pada waktunya.
Akan tetapi, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter jika:
  • Kamu tidak haid selama 3 bulan berturut-turut dimana sebelumnya memiliki riwayat haid yang teratur.
  • Tidak haid selama 6-9 bulan dimana sebelumnya memiliki riwayat haid yang tidak teratur.
  • Kemungkinan hamil atau sedang berencana hamil.
  • Mengalami keringat malam atau gejala memerah (hot flushes) dan berusia di bawah 45 tahun.
  • Penurunan berat badan dan indeks masa tubuh di bawah 19.
  • Orang di sekitar khawatir dengan pola makan dan berat badan kamu.
  • Adanya cairan yang merembes dari payudara dan sedang tidak dalam masa menyusui.
  • Kamu sedang merasa tidak sehat (misalnya mengalami nyeri kepala, gangguan penglihatan dan mengalami kenaikan atau penurunan berat badan).
  • Kamu tidak mengalami haid selama 6 bulan setelah berhenti memakai pil kontrasepsi (atau 12 bulan setelah suntik kontrasepsi terakhir).
Share artikel ini
Reference