pembalut malam

Saat mendekati masa menstruasi, wanita perlu menyiapkan pembalut untuk digunakan saat haid datang. Namun, pembalut wanita ternyata memiliki berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu jenisnya adalah pembalut malam. 

Seperti namanya, pembalut yang satu ini digunakan di malam hari. Penggunaan pembalut jenis ini juga dapat mencegah kebocoran yang kerap terjadi saat tidur. Lantas, apa perbedaan pembalut siang dan malam serta apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya. 

Apakah boleh memakai pembalut malam di siang hari?

Pembalut malam dan pembalut siang sebaiknya digunakan sesuai dengan aktivitas wanita. Meskipun kedua jenis pembalut ini dapat digunakan baik pada malam maupun siang hari, namun keduanya didesain dengan berbeda menyesuaikan kebutuhan. 

Pembalut yang didesain untuk digunakan di malam hari, kurang cocok dan kurang nyaman untuk dipakai saat beraktivitas.

Pasalnya, pembalut yang satu ini memiliki bentuk dan ukuran yang membuat wanita lebih sulit untuk bergerak sehingga dapat menyebabkan gesekan dengan kulit. Hal ini, dapat mengurangi kenyamanan. 

Tips Memilih Pembalut Night! Cegah Bocor dan Nyenyak Semalaman!

Perbedaan pembalut malam dan pembalut siang

ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali

Perbedaan pembalut siang dan malam dapat dilihat dari ukuran dan bentuknya. Pembalut yang digunakan di malam hari didesain dengan ukuran yang lebih panjang dan lebih lebar. Ini karena saat tidur, kita tidak dapat mengontrol gerakan tubuh yang kerap berguling ke kiri dan ke kanan.

Dengan ukuran yang lebih panjang dan lebih lebar dapat meminimalisir kebocoran saat tidur. Pembalut ini umumnya memiliki ukuran 29-42 cm. 

Mengenal Jenis Pembalut Panjang, Si Anti Bocor!

Sementara, bentuk pembalut siang dirancang untuk memudahkan aktivitas sehingga ukurannya menjadi lebih tipis dan lebih pendek. Umumnya, ukuran pembalut siang berkisar 23-26 cm. 

Selain itu, untuk daya serapnya sendiri, keduanya sama-sama memiliki daya serap tinggi. Berbagai brand juga telah merancang kedua jenis pembalut ini dengan daya serap yang baik sehingga wanita tidak perlu takut bocor saat haid

Fungsi dan manfaat pembalut malam untuk kesehatan

alergi pembalut

Pembalut di malam hari memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mencegah kebocoran di malam hari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembalut yang satu ini memiliki ukuran yang lebih panjang serta bentuk yang lebih lebar. Fungsinya adalah untuk mencegah kebocoran karena pembalut yang kerap bergeser di saat tidur. 

2. Memiliki daya serap tinggi

Pembalut yang satu ini juga dilengkapi dengan daya serap yang tinggi. Apalagi, saat tidur, wanita lebih jarang mengganti pembalut karena terlelap. Ini sebabnya, pembalut ini didesain dengan daya serap tinggi sehingga pengguna tidak takut bocor. 

3. Kering dan tetap nyaman digunakan

Daya serap yang tinggi bukan hanya mencegah kebocoran namun juga menjaga permukaan pembalut agar tetap kering. Pembalut yang kering akan lebih nyaman digunakan dan meminimalisir iritasi vagina saat haid, karena pembalut yang basah. 

Tips pakai pembalut malam hari

pembalut malam

Berikut beberapa tips pakai pembalut malam hari supaya tidur nyaman dan tidak mudah bocor:

1. Pilih pembalut yang tepat

Meskipun pembalut malam memang memiliki ukuran yang lebih panjang, namun ukuran ini cukup beragam. Pilihlah bentuk dan ukuran yang sesuai dengan tepat. Pembalut yang terlalu panjang saat digunakan mungkin akan membuat kamu merasa tidak nyaman. 

Selain memilih ukuran yang tepat, memilih material yang tepat juga sangat penting. Pembalut organik dari 100% katun organik adalah pilihan pas karena memberikan kelegaan pada area intim dan membuatnya tetap bernapas.

2. Gunakan pembalut yang memanjang dan melebar

Saat tidur, tubuh dapat berguling kesana dan kemari hingga menyebabkan pembalut bergeser. Pilihlah pembalut yang memanjang dan melebar di bagian belakang. Kamu juga bisa memilih jenis dengan sayap jika diperlukan. 

3. Pilih pembalut dengan bahan yang aman dan nyaman

Setiap wanita memiliki jenis kulit yang berbeda, beberapa wanita mungkin memiliki kulit yang lebih sensitif. Sehingga, lebih cocok untuk menggunakan pembalut dengan bahan yang lembut. Bahan pembalut juga berpengaruh pada tingkat kenyamanan pembalut saat digunakan.

4. Ganti pembalut secara berkala

Baik menggunakan pembalut siang maupun malam, kamu tetap perlu menggantinya secara berkala. Ganti pembalut sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika aliran menstruasi sedang deras, sebaiknya ganti pembalut lebih sering.

Namun, umumnya di malam hari dapat digunakan hingga 6 jam. Sedangkan, untuk aliran yang deras, dapat diganti 4-5 jam sekali.

Mengenal Pembalut Malam: Tidur Nyenyak tanpa Takut Bocor

Share artikel ini
Reference