apakah air hangat bisa melancarkan haid?
Period Period Lifestyle

Apakah Minum Air Hangat Bisa Mempercepat Haid? Ini Faktanya!

Putri Aprillia | April 30, 2022
Share

Ada berbagai alasan mengapa wanita punya keinginan untuk mempercepat siklus haid. Misalnya, mereka ingin berlibur atau menghadiri acara dengan nyaman. Ada anggapan bahwa minum air hangat bisa mempercepat haid.

Hal ini memang mudah untuk dilakukan namun apakah minum air hangat bisa mempercepat haid? Simak faktanya dalam artikel berikut ini!

Apakah minum air hangat bisa mempercepat haid?

Ya, air hangat bisa mempercepat haid. Banyak wanita masih belum memahami bahwa minum air hangat merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat haid. Sebagian orang merasa bahwa minum air putih saat haid bisa membuat perut menjadi kembung.

Padahal, yang terjadi justru sebaliknya. Minum air hangat yang cukup setiap hari tidak akan membuat perut menjadi kembung. Justru, hal ini bisa menghidrasi tubuh sehingga bisa terhindar dari dehidrasi. Jadi, air putih yang hangat bisa mempercepat haid dan mengatasi kram pada perut.

Apakah minum air hangat secara rutin saat haid aman?

Minum air hangat secara rutin saat haid aman untuk dilakukan. Untuk menambahkan rasa pada airnya, kamu bisa meneteskan perasan lemon atau jeruk nipis. Usahakan suhu air minum hangat pas agar tidak membuat lidah melepuh.

Agar aman, sebaiknya minum air hangat dalam jumlah yang cukup dan tetap sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain perlu memenuhi asupan cairan melalui air putih hangat, kamu bisa memperoleh cairan dari buah dan sayuran yang mengandung air, seperti tomat, melon, jeruk, dan semangka.

Kegunaan lain dari air hangat untuk haid

Selain bisa diminum, air hangat juga bisa digunakan untuk hal-hal berikut ini.

1. Kebutuhan air minum harian

Tubuh manusia memerlukan air putih. Oleh karena itu, konsumsi setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari. Jika kamu ingin mempercepat haid dan melancarkan aliran darah, minumlah air putih yang hangat. Air putih yang hangat bisa menyeimbangkan produksi hormon dan memicu supaya haid datang lebih cepat.

2. Berendam atau mandi air hangat

Selain itu, air hangat juga sangat baik digunakan untuk berendam atau mandi. Menariknya, mandi atau berendam dengan air hangat bisa melancarkan atau mempercepat haid. Supaya hasilnya lebih efektif, kamu bisa meneteskan minyak esensial yang memberikan efek menenangkan.

3. Kompres perut dengan air hangat

Kompres bagian bawah perut dengan air hangat bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat otot-otot pada rahim mengendur. Tidak hanya bisa melancarkan haid, melakukan kompres juga bisa meredakan kram dan nyeri haid. Lakukan kompres hangat ini kira-kira selama 15 menit dan ulangi sampai beberapa kali dalam satu hari.

Manfaat minum air hangat saat haid

Agar kesehatan terjaga dengan baik, kamu harus minum air putih yang cukup setiap hari. Untuk merasakan manfaatnya secara optimal, pilihlah air minum yang hangat. Minum air hangat saat haid bisa mendatangkan manfaat, yaitu:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Ketika haid, wanita bisa mengalami masalah pada pencernaan. Hal ini bisa diatasi dengan minum air hangat. Ketika kamu minum air yang hangat, risiko sembelit berkurang. Minum air hangat juga bisa menangkal masalah lambung lainnya.

2. Mengatasi kram haid

Minum air hangat bagus untuk mengatasi kram akibat haid. Maka, dianjurkan untuk minum air hangat yang cukup sepanjang hari selama haid. Tujuannya untuk memberikan efek menenangkan pada perut.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Minum air hangat bisa melancarkan aliran darah dalam tubuh. Sehingga, aliran darah haid meningkat dan mengurangi kram serta nyeri. Minum air hangat juga bisa memaksimalkan fungsi otot dan organ dalam tubuh.

4. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Ketika mengalami haid, kamu bisa kehilangan banyak darah dan tubuh menjadi lelah daripada biasanya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, Minum air putih yang hangat bisa menghidrasi tubuh.

5. Mengatasi perut kembung

Mengalami perut kembung saat haid bisa membuat kamu merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi air putih hangat. Melakukan hal ini bisa melancarkan gerakan usus dalam mencerna makanan.

Manfaat lainnya minum air hangat bagi kesehatan

Selain bermanfaat untuk mengatasi gejala haid, manfaat minum air hangat lainnya bagi kesehatan adalah:

1. Meredakan pilek dan batuk

Minum air hangat bisa menenangkan tenggorokan dan mengobati rasa gatal pada tenggorokan. Selain itu, air hangat bisa menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dan meredakan batuk serta pilek. Di samping itu, minum air hangat juga menjaga saluran pernapasan tetap bersih. Melakukan hal ini bisa membantu kamu untuk menghilangkan dahak dan lendir lebih cepat.

2. Meningkatkan metabolisme

Air hangat bisa berperan sebagai detoks dalam tubuh, artinya air hangat bisa membuang racun. Namun, tidak hanya itu saja, minum air hangat juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan menyebabkan penurunan berat badan.

3. Mengatasi radang sendi

Jika kamu mengalami radang sendi, cobalah untuk mengonsumsi air hangat. Selain menghidrasi tubuh, air hangat juga bisa menenangkan sistem saraf. Dengan demikian, minum air hangat bisa mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi.

4. Mengatasi stres

Tidak hanya melancarkan sirkulasi darah pada seluruh tubuh, minum air hangat bisa membuat tubuh lebih rileks, meredakan stres, dan mengatasi rasa cemas. Minum air hangat dan mandi menggunakan air hangat juga bisa membantu agar tidur kamu lebih nyenyak.

5. Mengurangi gejala akalasia

Akalasia merupakan situasi ketika kerongkongan menjadi sempit dan susah untuk mengangkut makanan ke lambung. Penderitanya biasanya sulit untuk menelan dan merasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan. Minum air hangat diklaim mampu membantu pengidapnya mencerna dengan lebih baik. Namun, manfaat ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. Jika kamu mengalami gejala akasia, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Tips lain untuk mempercepat haid

Ada beberapa tips lain yang bisa kamu ikuti untuk mempercepat haid, yaitu:

Istirahat yang cukup

Padatnya aktivitas yang kamu lakukan bisa membuat kamu merasa lelah, letih, stres, atau tidak tenang. Hal ini bisa menghambat hormon yang bertugas dalam mengalirkan darah ke ovarium, Maka dari itu, disarankan untuk istirahat yang cukup supaya tubuh tetap sehat. Paling tidak, tidurlah selama 8 hingga 9 jam dalam sehari agar siklus haid lebih lancar.

Makan sayur dan buah

Kamu perlu makan sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang bisa membantu agar hormon bekerja secara optimal.

Sayur dan buah yang bisa kamu konsumsi, misalnya paprika, brokoli, pepaya, jeruk, tomat, kiwi, dan sayuran hijau. Namun, apabila kamu kurang suka dengan sayur dan buah, kamu bisa mengolahnya menjadi jus atau salad. Melakukan hal ini bisa melancarkan siklus haid.

Mengonsumsi vitamin C

Tips lain yang bisa dilakukan untuk melancarkan haid adalah mengonsumsi vitamin C. Vitamin C bisa memicu uterus untuk melakukan kontraksi sehingga haid lebih lancar dan cepat datang.

Mengonsumsi peterseli

Selain perlu mengonsumsi vitamin C, kamu perlu mengonsumsi peterseli untuk melancarkan haid. Di dalam peterseli, terdapat kandungan apio dan miristisin yang bermanfaat bagi tubuh. Peterseli bisa membantu uterus untuk melakukan kontraksi. Kamu bisa mengolahnya menjadi sup atau teh untuk mengonsumsinya.

Meningkatkan suasana hati

Di antara banyaknya aktivitas yang kamu lakukan saat ini, ambilnya waktu khusus untuk melakukan hal yang kamu sukai. Misalnya, kamu bisa melakukan hobi, seperti memasak, menjahit, atau pergi jalan-jalan bersama teman. Melakukan hal ini bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Dengan demikian, hormon dalam tubuh bisa menjadi lebih seimbang. Kondisi yang seperti ini tentu saja bisa melancarkan dan mempercepat haid.

Dari pembahasan yang telah dijabarkan, maka dapat disimpulkan bahwa minum air hangat bisa mempercepat haid. Selain itu, minum air hangat bisa meredakan nyeri saat haid dan memberikan manfaat lainnya. Kamu bisa minum air hangat untuk mengatasi gejala haid dan PMS.

Reference
Share