apa itu double cleansing

Selain kulit badan, wajah juga jadi bagian tubuh yang tidak kalah pentingnya untuk dibersihkan dan dirawat dengan baik. Selain mencuci muka dengan rutin setelah berpergian dari luar, kamu juga disarankan untuk melakukan pembersihan ganda. Apa itu double cleansing?

Lewat artikel kali ini, Yoona ingin membahas lebih jauh tentang apa itu double cleansing, cara dan beragam manfaatnya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Apa itu double cleansing?

Apa sih sebenarnya double cleansing itu? Double cleansing adalah metode membersihkan wajah sebanyak 2 kali atau dikenal juga dengan pembersihan ganda. Meskipun dilakukan 3 kali, kunci pembersihan ganda yang benar tergantung dari jenis pembersih wajah yang digunakan. Jadi, jangan salah pilih facial wash, ya!

Double cleansing juga wajib saat kamu ingin membersihkan makeup, terutama yang tahan air (waterproof). Setelah menggunakan tabir surya, kamu juga perlu melakukan double cleansing agar semua kotoran yang menempel hilang. Metode membersihkan wajah ini juga disarankan jika kamu sering beraktivitas di luar rumah.

Pembersih yang digunakan pada tahap pertama metode ini biasanya pembersih berbahan dasar minyak. Jenis pembersih ini ampuh untuk menghapus makeup yang tahan air. Tahap kedua yaitu dengan pembersih berbahan dasar air.

Namun, jika jenis kulit tidak cocok menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, kamu bisa menggunakan pembersih berbahan dasar air di kedua tahap ya, Yoonies!

Manfaat Totok Wajah, Tak Hanya untuk Kecantikan

Cara melakukan pembersihan ganda

cara double cleansing dan manfaatnya

Kamu sudah mengenali apa itu double cleansing dan sekarang saatnya mengetahui cara melakukannya yang benar. Berikut ini cara double cleansing:

  1. Oleskan pembersih berbahan dasar minyak ke telapak tangan, lalu balur ke wajah. Pijat dengan lembut untuk membantu menghapus riasan, sebum, dan residu tabir surya.
  2. Gunakan kain lembut atau tangan untuk membilas. Bilas dengan air hangat dan pastikan air tersebut tidak terlalu panas.
  3. Setelah kulit agak kering, gunakan pembersih berbahan dasar air. Oleskan ke wajah dan pijat dengan lembut.
  4. Bilas pembersih dan gunakan handuk lembut untuk mengeringkan kulit wajah dengan cara ditepuk-tepuk.

Seberapa sering harus melakukan pembersihan ganda? Aktivitas membersihkan wajah yang satu ini biasanya dilakukan di malam hari dan ketika wajah tertutup penuh oleh riasan. Kamu bisa melakukannya setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Dokter Engelman, dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah dari New York City mengatakan, pembersihan ganda dianjurkan bagi kamu yang memiliki kulit kering dan berjerawat. Beliau juga mengatakan untuk membatasi durasi waktu mencuci muka tidak lebih dari 2 menit karena dapat mengganggu produksi sebum yang sehat dan mengeringkan kulit, serta menyebabkan iritasi atau peradangan.

Setelah selesai double cleansing, kamu harus segera mengunci kelembapan kulit sebelum mengaplikasikan rangkaian skincare. Jika kamu melakukan pembersihan ganda di pagi hari, segera gunakan pelembab dan tabir surya. Namun, jika di malam hari, pilih antara serum atau krim malam untuk menghidrasi kulit.

Krim Collagen untuk Wajah Glowing dan Mencegah Penuaan

Manfaat double cleansing

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan pembersihan ganda. Berikut ini beberapa manfaat double cleansing yang akan kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin:

  1. Membantu mencegah munculnya jerawat
  2. Mencegah penumpukan kotoran dan sebum pada kulit
  3. Mencegah penyumbatan pori-pori
  4. Membantu meningkatkan efektifitas produk perawatan kulit lainnya
  5. Menyehatkan kulit
  6. Mencegah kulit kusam
  7. Membuat kulit tampak glowing, lebih sehat, dan segar
  8. Menjadikan kulit terasa lebih lembut

Sudah paham kan apa itu double cleansing, cara melakukannya, dan manfaatnya. Hal yang paling penting dalam melakukan pembersihan ganda adalah mengenali jenis kulit dan memilih jenis pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Jika kamu masih bingung, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference