apa itu spf pada sunscreen
Kecantikan dan Kebugaran

Apa itu SPF pada Sunscreen dan Bagaimana Memilih yang Terbaik?

Putri Aprillia | Januari 5, 2022
Share

Sinar matahari berperan penting dalam merangsang produksi vitamin D alami tubuh. Namun, paparan sinar UV matahari yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan kulitmu. Kamu bisa mengalami beberapa masalah kulit, seperti hiperpigmentasi kulit, penuaan dini, sunburn, hingga kanker kulit. Kamu tentu tak ingin hal itu terjadi, bukan?

Oleh karena itu, kamu perlu melindungi kulit, terutama saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Salah satu cara untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang berlebihan adalah dengan menggunakan sunscreen dengan SPF yang tinggi di siang hari. Nah, kira-kira apa itu SPF pada sunscreen? Mari simak pembahasannya beriku ini.

Apa itu SPF?

Sun Protection Factor atau SPF adalah pelindung kulit dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Tingkatan SPF dalam sebuah sunscreen dan sunblock menunjukkan seberapa daya perlindungan sunscreen pada kulit dari sengatan matahari. Misalnya, sunscreen SPF 30 menyerap sinar matahari 30 kali lebih lama untuk mencegah kulit terbakar.

Nah, dengan kandungan SPF di dalam sunscreen  ini, kamu bisa melindungi kulit dari berbagai masalah kulit akibat sinar matahari, termasuk melindungi dari kanker kulit. Kamu bisa memilih sunscreen sesuai dengan kebutuhan aktivitas kamu.

Manfaat SPF pada sunscreen

Setelah mengetahui apa itu SPF, ada beberapa manfaat SPF pada sunscreen yang wajib kamu ketahui, seperti:

1. Menjaga kulit tetap sehat

Kandungan SPF pada sunscreen cocok untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kulit. Dengan kandungan tersebut, sunscreen membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kulit tetap cerah dan bersinar setiap saat.

2. Menutrisi kulit

Manfaat sunscreen untuk kulit tak hanya untuk mengoptimalkan kesehatan kulit, tetapi juga untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi untuk kulit. Misalnya vitamin dan mineral yang diserap sangat penting untuk kesehatan kulit.

3. Meningkatkan kelembaban kulit

Ternyata kulit kering dapat merusak penampilan, lho. Nah, untungnya kandungan sunscreen juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Kandungan ini juga melindungimu dari sinar UV dan menjaga kelembaban kulit tetap merata.

4. Menjaga kulit dari sinar UV

Setelah memahami pengertiannya, sesuai namanya, kamu pasti tahu bahwa SPF dapat melindungi kulit dari sinar UV dari sinar matahari. Perlindungan ini dapat mencapai hingga kurang lebih 300 menit. Terutama pada waktu-waktu tertentu, antara pukul 11.00-14.00, yakni saat matahari bersinar terang.

5. Mencegah kulit terbakar

Salah satu efek negatif sinar matahari pada kulit adalah sengatan dan luka bakar. Tentu hal ini akan sangat merusak penampilanmu. Nah, kandungan SPF pada sunscreen dapat membantumu mencegah hal ini terjadi.

Tingkatan SPF pada sunscreen

Angka SPF menunjukkan berapa lama sunscreen dapat melindungi kulitmu dari sinar UV. Semakin tinggi nilainya, semakin lama efek perlindungan yang diberikan. Selain waktu perlindungan UV, jumlah UV yang diterima juga dapat diblokir oleh sunscreen. Deskripsinya adalah sebagai berikut:

  • SPF 15 memblokir 93% UVB
  • SPF 30 memblokir 97% UVB
  • SPF 50 memblokir 98% UVB
  • SPF 100 memblokir 99% UVB

Orang-orang yang tinggal di daerah beriklim tropis dan di sekitar khatulistiwa, seperti Indonesia, sebaiknya menggunakan sunscreen secara rutin saat beraktivitas di bawah terik matahari. Sunscreen yang direkomendasikan untuk digunakan di daerah tropis setidaknya memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

Tips memilih sunscreen dengan SPF yang tepat

Selain kandungan SPF ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih sunscreen. Berikut beberapa tips memilih sunscreen yang tepat untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi:

1. Pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih

Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi dapat memberikan perlindungan lebih tinggi untuk kulit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika kamu tinggal di daerah tropis, hal ini wajib kamu terapkan.

2. Memiliki perlindungan UVA dan UVB

Perlindungan kulit dari sinar UVA dan UVB yang buruk tidak hanya menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Kerusakan kulit yang terjadi juga bisa berupa penuaan kulit dini, keriput, kanker kulit, dan sebagainya.

3. Tahan air

Sunscreen yang tidak tahan air lebih cepat luntur saat kamu berkeringat. Akibatnya, kulit tidak terlindungi secara maksimal. Produk sunscreen dengan label anti air dapat bertahan hingga sekitar 40 menit pada kulit basah. Sementara itu, produk yang ditandai sebagai sangat tahan air dapat bertahan hingga 80 menit.

4. Sesuai dengan tipe kulit

Memahami apa itu SPF tidaklah cukup. Agar penggunaan sunscreen tidak membahayakan kulitmu, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulitmu, yakni sebagai berikut:

  • Kulit yang berminyak dan gampang berjerawat. Pilihlah sunscreen yang tidak menyebabkan jerawat atau menyumbat pori-pori. Pastikan kamu dapat menemukan informasi tentang cara penggunaan sunscreen yang kamu pilih.
  • Kulit sensitif dan mudah alergi. Jika kulitmu sensitif, kamu perlu menghindari bahan sunscreen yang mengandung pewarna dan pewangi untuk mengantisipasi terjadinya iritasi pada kulit.
  • Kulit kering. kamu bisa memilih sunscreen yang mengandung bahan pelembab. Biasanya di kemasannya terdapat petunjuk bahwa produk tersebut dapat melembabkan kulit atau baik untuk kulit kering.

Demikian informasi yang wajib kamu ketahui tentang apa itu SPF hingga bagaimana memilih sunscreen dengan SPF yang sesuai untukmu. Selama ini kamu sudah pakai sunscreen dengan rutin?

Reference
Share