Cara Memilih Concealer yang Tepat Untuk Kulitmu
Kecantikan dan Kebugaran

7 Cara Memilih Concealer yang Tepat untuk Jenis Kulitmu

Putri Aprillia | Desember 21, 2021
Share

Bagi para wanita, penggunaan concealer terbilang cukup penting digunakan ketika bermake-up. Concealer biasanya digunakan untuk membantu menyamarkan masalah kulit di wajah, seperti noda hitam, jerawat, dan lainnya.

Eits.. tapi memilih concealer tak boleh asal-asalan, lho. Pemilihan jenis concealer yang salah pada jenis kulit bisa membuat makeup kamu tidak sempurna. Untuk itu, kamu perlu tahu apa saja kandungannya dan cara memilih concealer yang tepat untuk kebutuhan kulit wajah kamu. Selengkapnya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu concealer?

Concealer adalah jenis kosmetik yang mirip seperti foundation untuk menyamarkan bintik-bintik, garis halus, pori-pori besar, lingkaran hitam, dan noda di kulit wajah. Penting untuk mengaplikasikan concealer di atas foundation agar makeup kamu tidak luntur.

Concealer maupun foundation biasanya dipakai untuk meratakan warna kulit. Dibandingkan dengan foundation, concealer lebih berpigmen dan teksturnya lebih kental. Concealer biasanya hanya diaplikasikan pada daerah wajah yang memiliki masalah.

Concealer tersedia dalam berbagai warna dan bentuk. Setiap jenis memiliki kegunaannya masing-masing. Penasaran bagaimana cara memilih concealer? Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Kandungan dalam concealer

Beberapa bahan umum yang sering ada dalam concealer, adalah:

  • Minyak biji jarak
  • Gliserin
  • Dimetikon
  • Talek
  • Kaolin
  • Mineral oil
  • Hydrolyzed rice protein
  • Glyceryl stearate

Hindari concealer yang mengandung bahan-bahan berikut ini:

  • Pewarna merah K3
  • Hidrokuinon
  • Merkuri
  • Asam retinoate
  • Timba

Fungsi dari concealer yang perlu kamu ketahui

Concealer memiliki beberapa fungsi, yaitu:

1. Menonjolkan fitur wajah

Menggunakan concealer dapat menonjolkan tulang pipi. Kamu juga bisa menggunakan concealer untuk menonjolkan tulang alis dan pangkal hidung. Pemakaian concealer juga dapat mempertegas bentuk eyeliner dan alis kamu.

Pilihlah warna satu atau dua tingkat lebih gelap dari warna kulit alami. Aplikasikan concealer pada pipi dan hidung, kemudian ratakan. Setelah itu, semprotkan setting spray agar makeup lebih menempel.

2. Menyamarkan lingkaran hitam

Sebelum mengaplikasikan concealer di bawah mata, oleskan eye cream terlebih dahulu. Gunakan eye cream yang mengandung kafein. Kantung mata dapat disamarkan menggunakan concealer warna peach, merah, atau orange. Warna peach cocok untuk kulit terang, sedangkan kulit gelap cocok dengan warna merah dan orange.

3. Menyamarkan noda dan kemerahan

Jika kamu rentan terhadap jerawat atau noda lain, kamu bisa mengaplikasikan concealer ke area yang perlu disamarkan. Tepuk ringan concealer menggunakan jari tangan. Setelah itu, kamu bisa menggunakan bedak.

Gunakan concealer yang kaya pigmen. Concealer jenis ini biasanya mengandung bahan anti jerawat bisa menyamarkan sekaligus menyembuhkan. Concealer jenis ini punya tekstur yang berat sehingga gunakan pada daerah yang ingin disamarkan saja supaya makeup tidak cakey. Kamu bisa menggunakan concealer warna hijau dapat menyamarkan kemerahan di wajah yang disebabkan oleh jerawat.

4. Menutupi jerawat dan bekas jerawat

Untuk bekas jerawat yang berwarna gelap, kamu bisa menggunakan concealer dengan warna lebih terang. Agar jerawat membaik, disarankan untuk memakai concealer dengan kandungan salicylic acid atau benzoyl peroxide. Bahan ini dapat mengatasi jerawat dan mengendalikan minyak berlebih di kulit.

5. Meratakan warna kulit

Selain berperan dalam menutupi noda dan jerawat di wajah, concealer juga mampu meratakan warna kulit. Hasilnya, kulit tampak lebih cerah. Supaya hasilnya lebih optimal, gunakan juga foundation atau BB cream.

Cara memilih concealer yang tepat

Pemilihan concealer yang tepat dapat membuat kulit lebih segar dan warna kulit merata. Namun, apabila kamu memilih concealer yang tidak tepat atau ada kesalahan ketika mengaplikasikannya, jerawat dan noda malah akan terlihat semakin jelas. Berikut ini adalah cara memilih concealer yang tepat:

1. Tentukan tujuan dalam menggunakan concealer

Penggunaan concealer ada dua tujuan utama, yaitu menyamarkan dan mencerahkan. Supaya kamu tahu concealer mana yang cocok, kamu harus tahu tujuan kamu menggunakannya. Apabila kamu ingin kulit terlihat lebih cerah, kamu bisa menggunakan concealer berwarna lebih terang. Apabila kamu ingin menyamarkan, kamu bisa menggunakan concealer dengan warna yang sama dengan warna kulit.

2. Sesuaikan dengan jenis kulit

Pemilihan concealer yang sesuai dengan jenis kulit dapat mempermudah penggunaan. Jika kamu memiliki kulit normal, disarankan untuk menggunakan concealer stik. Apabila kamu pemilik kulit kering, kamu bisa memakai concealer yang creamy. Namun, jika kamu punya kulit yang berminyak, sebaiknya tidak menggunakan concealer yang creamy dan concealer stik.

3. Bandingkan beberapa warna

Sebelum membeli concealer, coba bandingkan beberapa warna terlebih dahulu. Coba beberapa warna concealer di leher. Setelah itu, tunggu beberapa saat. Perhatikan apakah concealer-nya menyatu dengan warna kulitmu atau tidak.

4. Pertimbangkan tingkat oksidasinya

Concealer akan mengalami perubahan warna dan luntur saat teroksidasi. Concealer yang berkualitas baik akan mengalami oksidasi untuk waktu yang lama. Gunakan concealer pada tangan dan tunggu beberapa saat untuk mengetes tingkat oksidasinya. Apabila warnanya tetap, dapat disimpulkan bahwa produk ini tingkat oksidasinya cukup lama.

5. Pilihlah tekstur yang sesuai

Tekstur yang sesuai dengan kulitmu adalah tekstur yang mudah diratakan ke kulit. Kamu bisa menggunakannya terlebih dahulu pada tangan. Ratakan menggunakan brush atau beauty blender. Apabila kamu merasa produknya mudah untuk digunakan, dapat disimpulkan bahwa teksturnya sesuai dengan jenis kulit.

6. Tes di tempat yang terang

Mencoba concealer di bawah sinar matahari sangat dianjurkan agar bisa melihat apakah warna concealer yang dipilih cocok dengan kulit. Apabila kamu berada di dalam ruangan, kamu juga bisa mencobanya di ruangan yang cukup cahaya.

7. Memeriksa ulasan

Sebelum memutuskan memilih sebuah produk concealer, kamu bisa memeriksa ulasan-ulasan dari pelanggan lain. Biasanya, pelanggan lain akan mengulas detail mengenai produk tersebut. Misalnya, apakah hasil yang diberikan sesuai dengan klaimnya. Upayakan untuk memeriksa dari beberapa referensi.

Concealer sesuai tipe jenis kulit

Cara memilih concealer bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Ada beberapa jenis concealer yang bisa kamu pilih berdasarkan jenis kulit, yaitu:

  • Concealer cair
    Concealer cair adalah jenis concealer yang paling populer karena cocok untuk sebagian besar jenis kulit. Concealer cair cocok untuk kulit normal, kombinasi, berminyak, sensitif, dan kulit yang rentan berjerawat. Concealer jenis ini bisa menutupi area yang kemerahan. Concealer ini dapat dipakai beberapa lapis guna menutup noda di wajah. Karena teksturnya ringan dan mudah diratakan, concealer jenis ini bisa diaplikasikan di atas foundation. Ketika mengaplikasikannya, kamu bisa menggunakan aplikatornya.
  • Concealer stik
    Concealer jenis ini biasanya digunakan untuk menyamarkan noda. Formulanya creamy dan mudah menempel dengan kulit sehingga cocok untuk kulit normal, kering, dan sensitif. Concealer yang dikemas dalam wujud stik ini memiliki tekstur yang padat dan pekat. Selain menyamarkan noda, concealer stik juga bisa digunakan untuk kontur. Aplikasikan concealer ini sebelum atau setelah pemakaian foundation.
  • Concealer krim
    Concealer berbentuk krim mirip dengan concealer stik. Concealer ini cocok digunakan oleh pemilik kulit normal, kering, dan sensitif. Concealer krim biasanya mempunyai tekstur yang pekat dan menghasilkan coverage yang tinggi. Concealer jenis ini dapat ditemukan dalam banyak varian kemasan, seperti pot, palet, ataupun jar. Saat mengaplikasikannya, kamu bisa menggunakan brush, spons, atau langsung dengan tangan. Selain itu, concealer ini bisa membuat kulit lembab.

Cara memilih warna concealer yang cocok untuk kulit

  • Cara memilih concealer juga perlu disesuaikan dengan warna. Berikut ini adalah cara memilih concealer berdasarkan warnanya:
  • Jika kamu menggunakan concealer untuk menutupi noda, bintik-bintik, flek hitam di wajah, sebaiknya kamu menggunakan yang warnanya sama dengan warna kulit.
  • Jika kamu memakai concealer untuk area bawah mata dan menonjolkan bagian wajah, gunakan satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit.
  • Jika kamu menggunakan concealer untuk kontur seperti menonjolkan tulang pipi dan hidung, gunakan yang warnanya satu atau dua tingkat lebih gelap.
  • Untuk memastikan warna concealer yang cocok untuk kamu, coba aplikasikan beberapa warna di garis rahang. Lihat mana yang paling cocok di tempat yang terang menggunakan cermin.
  • Jika kamu ingin agar kulit terlihat lebih cerah, kamu bisa menggunakan concealer warna ungu.
  • Concealer warna hijau dapat kamu gunakan untuk menyamarkan kemerahan.
  • Kamu bisa memakai concealer warna kuning untuk menutupi noda hitam.

Kamu bisa memperoleh kulit yang bebas dari noda, jika menggunakan concealer yang tepat. Jadi, pilihlah concealer dengan formula yang cocok dengan jenis kulit wajah kamu. Jangan lupa untuk mengikuti cara memilih concealer yang tepat, ya.

Reference
Share