mengatasi kulit kusam

Kulit kusam menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki profesi yang sering terkena debu dan sinar matahari sehari-harinya. Untuk itu, penting mengetahui cara mengatasi kulit kusam agar penampilan segar selalu!

Kulit merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh kamu, beberapa fungsi kulit selain sebagai indera peraba juga sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari, cuaca serta virus dan bakteri.

Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi kondisi kulit kamu, antara lain kesehatan, kecukupan nutrisi, rangsangan dari luar dan usia. Pada dasarnya, perubahan kulit terjadi seiring bertambahnya usia kamu. Tanda yang terlihat seperti noda hitam kerutan, hingga pori-pori membesar.

Perubahan kondisi kulit akibat usia memang tidak bisa kamu cegah. Namun, kamu bisa mengatasi kulit kusam dengan berolahraga, menjaga pola makan yang sehat dan menjauhi rokok. Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit kusam yang benar? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Ciri-ciri kulit kusam

Umumnya, kulit kusam tidak mendapatkan kelembapan yang cukup sehingga penampilannya tertutupi oleh warna yang lebih gelap. Warna kulit gelap pada kulit kusam berbeda dengan warna kulit gelap alami. Orang dengan kulit gelap memiliki lebih banyak pigmen melanin di kulit mereka.

Selain itu, warna kulit kusam, bahkan hingga lingkar hitam di bawah mata, menandakan kulit lelah atau dehidrasi. Tak hanya itu, tanda-tanda penuaan kulit lebih cepat muncul jika kulit kamu kusam.

Hal ini disebabkan oleh asupan air yang tidak mencukupi sehingga kulit menjadi kering, dan akan terasa kasar saat disentuh, mudah gatal, serta terlihat mengelupas dan bersisik.

Penyebab wajah kusam dan gelap

Warna kulit kusam bisa terjadi karena berbagai faktor, dan seringkali bisa menjadi indikasi kesehatan umum tubuh seseorang. Jika kulit kamu terlihat kusam dan lelah, perhatikan kondisi berikut ini:

1. Penumpukan Sel Kulit Mati

Kulit terus beregenerasi menghasilkan lapisan sel kulit mati di permukaan atas wajah. Ketika sel-sel kulit mati diangkat, sel-sel baru dibawa ke permukaan dengan kelembapan dan lipid yang memberi kulit cahaya yang sehat.

Jika pengangkatan kulit mati melambat karena usia atau faktor lain, sel-sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan wajah.
Ini menciptakan penghalang cahaya kulit, menyebabkan kulit terlihat kusam.

2. Sirkulasi Darah Buruk

Ketika sirkulasi darah ke wajah terganggu, aliran darah mungkin tidak mencapai lapisan terluar kulit yang menyebabkan kulit menjadi kusam, abu-abu, atau pucat.

3. Lingkungan

Polusi merupakan salah satu sumber utama kerusakan kulit karena radikal bebas di udara dapat menyebabkan kulit menua sebelum waktunya. Paparan polusi harian dapat menyebabkan gangguan pada regenerasi kulit. Selain polusi, kotoran dan paparan sinar matahari dapat menghilangkan kelembapan kulit sehingga terlihat kering dan kasar.

4. Gaya hidup yang buruk

Jika kulit kamu ingin mengatasi kulit kusam, maka kamu harus menghindari hal-hal berikut ini:

  • Merokok dan menggunakan produk tembakau lainnya
  • Terlalu banyak makan makanan yang tidak sehat
  • Tidur kurang dari enam jam per malam
  • Terlalu sedikit berolahraga
  • Minum alkohol berlebihan
  • Kurang minum air putih

5. Bertambahnya usia

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah memperlambat proses regenerasinya sehingga kehilangan elastisitasnya. Tak hanya itu, penuaan membuat kulit wajah mulai kurang memproduksi minyak alami. Kondisi ini membuat kulit tampak kering, muncul kerutan dan garis halus, serta tidak glowing.

6. Jangan gunakan pelembap wajah

Penggunaan pelembab wajah yang tidak dioleskan secara rutin bisa menjadi penyebab wajah kusam. Sebab, kulit kehilangan kelembapannya dan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Apalagi jika tidak menggunakan tabir surya, kulit kusam akan semakin terlihat.

Langkah mengatasi kulit kusam

atasi kulit kusam
Atasi kulit kusam

Berikut berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengatasi kulit kusam, antara lain:

1. Gunakan tabir surya

Agar kulit tidak terlihat kusam dan gelap, kamu perlu melindunginya dari paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan, paparan sinar matahari memiliki radiasi ultraviolet yang menyebabkan kulit menjadi kusam dan menyebabkan rona tidak merata.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah dengan mengenakan pakaian tertutup dan topi. Kamu juga dapat mengoleskan tabir surya untuk perlindungan yang lebih baik.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Jik kamu ingin kulit putih, kamu bisa mencukupi kebutuhan cairan harian. Tidak hanya membantu kamu terhindar dari dehidrasi tapi juga bisa untuk merawat kulit kamu. Dengan demikian, kelembapan serta kolagen kulit kamu tetap terjaga. Hal ini berfungsi membuat kulit kamu akan lebih sehat dan bercahaya.

3. Tidur yang cukup

Jika kamu cukup tidur selama 7 jam setiap hari, maka tubuh akan membangun kembali kolagen. Tidur yang cukup juga mampu memperlancar aliran darah sehingga kulit mendapat nutrisi yang baik.

4. Konsumsi vitamin C

Cara memutihkan kulit secara alami yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi vitamin C. Pasalnya, vitamin C terbukti mampu mencegah kerusakan kulit, mengurangi kerutan, menunda penuaan dini dan meningkatkan produksi kolagen. Kamu bisa mendapat vitamin C dari buah seperti jeruk, jambu, dan mangga.

5. Gunakan produk perawatan kulit yang aman

Jangan asal pilih, kamu perlu sadar akan penggunaan produk perawatan kulitmu. Untuk membuat kulit kamu lebih cerah, kamu perlu menggunakan produk yang mengandung vitamin C, peptida, niacinamide, dan asam alfa hidroksi seperti asam glikolat. Hindari produk dengan alkohol, paraben, ftalat, dan sodium lauryl sulfate (SLS).

6. Eksfolasi wajah

Hal ini penting untuk kamu lakukan, agar wajah dapat membuat kulit tampak lebih cerah, meningkatkan elastisitas kulit, dan mencegah tersumbatnya pori-pori yang seringkali menyebabkan munculnya jerawat.

Tidak hanya itu, manfaat eksfolasi wajah juga dapat memaksimalkan kerja bahan aktif produk perawatan kulit yang kamu gunakan setiap hari untuk menembus kulit dengan baik.

7. Gunakan serum

Kamu bisa menggunakan serum untuk merawat kulit kusam, hal ini untuk memberi sel kulit lebih banyak vitamin dan bahan bermanfaat lainnya. Carilah serum yang mengandung asam hialuronat. Molekul ajaib kecil ini menarik dan mempertahankan kelembapan, yang membantu menjaga kesehatan kulit kamu.

Mulailah mengubah gaya hidup kamu terlebih dahulu, untuk membantu mengatasi kulit kusam agar lebih sehat. Sambil melakukan perawatan kulit secara rutin dengan produk kecantikan yang aman.

Share artikel ini
Reference