apakah korset bisa mengecilkan perut

Beragam cara dilakukan seseorang ketika ingin memiliki tubuh yang ramping, salah satunya adalah dengan menggunakan korset. Banyak yang meyakini jika korset bermanfaat untuk membuat pinggang tampak lebih kecil dan mengatasi perut buncit. Apakah korset bisa mengecilkan perut yang buncit? Seperti apa fakta sebenarnya?

Yuk, cari tahu lebih jelas apakah korset bisa mengecilkan perut buncit. Kenali juga berbagai manfaat dan efek samping korset, serta penyebab perut dengan membaca penjelasan lengkapnya.

Apakah korset bisa mengecilkan perut?

Sebelum mengetahui apakah korset bisa mengecilkan perut buncit atau tidak, mari berkenalan dengan korset terlebih dahulu. Korset sudah terkenal sejak 1900-an di kalangan wanita Eropa. Mereka menggunakan korset untuk membentuk tubuh, seperti jam pasir, terutama membentuk perut rata dan pinggang kecil.

Penggunaan korset pun semakin populer dan meluas ke seluruh dunia hingga saat ini. Banyak orang yang menggunakan korset untuk membentuk tubuh agar terlihat lebih menarik. Indonesia sendiri sudah memiliki korset tradisional bernama stagen yang berasal dari wilayah Jawa dan digunakan para wanita ketika hendak memakai kebaya.

Punya Lemak Berlebih? Ini Cara Memperkecil Perut Buncit yang Harus Dilakukan!

Manfaat korset

Korset memang sudah digunakan sejak dahulu, tapi penggunaan korset tidak boleh sembarangan. Ada beberapa manfaat dan efek samping korset yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasan lengkap tentang manfaat korset:

1. Menghilangkan lemak

Apakah korset bisa mengecilkan perut buncit dan menghilangkan lemak yang ada? Jawabannya bisa jika dibarengi dengan rutin berolahraga.

Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan bahwa lemak benar-benar hilang ketika menggunakan korset, tidak ada salahnya mencoba. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat.

2. Mengecilkan pinggang

Pinggang kamu secara otomatis akan mengikuti bentuk korset yang digunakan. Proses pembentukan pinggang menjadi lebih kecil tidak terjadi begitu. Kamu juga perlu menerapkan gaya hidup yang sehat dan seimbang sembari menggunakan korset.

Jika kamu hendak menghadiri acara tertentu dan ingin membuat pinggang tampak lebih kecil, kamu bisa menggunakan korset.

3. Membantu mengontrol nafsu makan

Ternyata korset juga bisa membantu mengontrol nafsu makan, lho. Korset bekerja dengan cara memberikan penekanan pada pinggang dan perut. Hal ini membuat perut terasa kencang sehingga memicu rasa penuh pada perut.

4. Mencegah cedera punggung

Korset secara tidak langsung menopang pinggang sehingga dapat mencegah munculnya cedera pada punggung. Itulah alasannya benda ini sangat cocok digunakan pada aktivitas-aktivitas tertentu, seperti mengangkat beban berat atau duduk lama di depan komputer.

5 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit yang Wajib Kamu Coba

Efek samping korset

apakah korset bisa mengecilkan perut waspadai efek sampingnya

Korset memang bermanfaat untuk membentuk tubuh agar terlihat lebih menarik, tapi ternyata ada beberapa efek samping dari penggunaan korset. Jika menggunakan korset setiap hari, ini efek samping yang akan kamu dapatkan:

1. Rusaknya bentuk tulang

Penggunaan korset setiap hari dalam jangka waktu panjang dapat memicu kerusakan pada tubuh, terutama kerusakan tulang. Korset bekerja dengan cara menekan tulang rusuk dan organ dalam perut sehingga risiko kerusakan tulang atau kelainan bentuk tulang sangatlah tinggi.

2. Kesulitan bernapas

Korset yang bekerja dengan cara menekan tulang dan organ dalam tubuh juga akan membuat penggunanya sulit untuk bernapas. Kapasitas paru-paru yang menurun karena tertekan oleh korset dapat menghambat saluran pernapasan. Hal inilah yang membuat penggunanya merasa sesak dan kesulitan bernapas.

3. Penyusutan organ dalam

Penggunaan korset dalam jangka waktu panjang juga dapat memicu atrofi atau penyusutan oragn dalam. Seseorang yang sudah mengalami atrofi biasanya tidak kuat untuk berdiri terlalu lama.

4. Risiko gangguan pencernaan

Menurut American Board Cosmetic Surgary, korset juga dapat memicu risiko gangguan pencernaan. Sama seperti paru-paru yang terhimpit dan menyebabkan kesulitan bernapas, korset juga menekan dan menghimpit organ pencernaan. Hal ini menyebabkan organ pencernaan, khususnya lambung dan usus, bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.

Ciri Ciri Perut Hamil dan Perut Buncit pada Wanita, Ini Bedanya!

Penyebab perut buncit

Kamu sudah paham kan sekarang apakah korset bisa mengecilkan perut buncit? Jawabannya bisa, namun harus diikuti dengan gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi dan juga rutin berolahraga.

Lalu, apa saja sih yang menjadi penyebab perut menjadi besar atau buncit? Beberapa faktor penyebab perut buncit:

  1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis
  2. Konsumsi alkohol
  3. Penumpukan lemak trans di perut karena konsumsi produk yang dipanggang dan makanan kemasan berlebih
  4. Kurangnya aktivitas fisik seperti jalan kaki dan berolahraga
  5. Menopause
  6. Stres dan depresi
  7. Kurang tidur
  8. Genetik

Itulah penjelasan lengkap tentang apakah korset bisa mengecilkan perut, manfaat dan efek samping korset, serta penyebab perut buncit. Ingat, korset hanya membantu mendapatkan perut yang terlihat kecil, bukan mengatasi perut buncit. Kunci dari semuanya adalah gaya hidup sehat.

Anyway, apakah Yoonies sering mengalami nyeri saat haid? Yuk, coba cara-cara berikut ini untuk meredakannya! Jangan lupa untuk follow media sosial Yoona Women agar tak ketinggalan informasi terkait kesehatan wanita.

@yoonawomen Hi, Yoonies ! Siapa yang masih suka nyeri haid, coba deh beberapa tips ini ✨ #yoona #yoonawomen #pembalutwanita #pembalutorganik #nyerihaid ♬ Hundred Miles – Speediest Sped Up Version – Yall & Gabriela Richardson


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference