rekomendasi skincare mengecilkan pori pori agar wajah mulus

Pori-pori yang tampak besar sering kali membuat kita menjadi kurang percaya diri. Namun, pernahkah kamu merasa penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi jika pori-pori tampak besar? Apakah ada skincare untuk mengecilkan pori pori?

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang mengandung jutaan pori-pori, meskipun sebagian besar tidak terlihat oleh mata manusia. Fakta lainnya, setiap pori mengandung folikel rambut dan kelenjar sebaceous (minyak) yang menghasilkan minyak yang disebut sebum.

Folikel rambut memiliki kelenjar di dalamnya yang menghasilkan minyak. Kelenjar ini disebut kelenjar sebaceous. Saat kelenjar sebaceous melepaskan minyak, minyak naik ke atas kulit dan terkumpul di pori-pori. Itulah mengapa pori-pori di wajah, terutama di hidung, dahi, dan pipi, tampak lebih besar daripada area lain di tubuh lainnya.

Efek yang terjadi jika pori-pori besar

Pada dasarnya, setiap pori-pori di tubuh pasti akan terbuka. Hal ini lah yang akan memungkinkan kulit untuk bernapas. 

Tak hanya pada kulit berminyak dan berjerawat, jenis kulit apa pun, baik itu normal atau kering, juga dapat memiliki pori-pori yang terlihat besar dan terbuka.

Meskipun bukan masalah medis, pori-pori besar dan terbuka bisa menurunkan tingkat percaya diri. Pasalnya, pada remaja dan pada orang dewasa yang rentan terhadap jerawat, pori-pori yang terbuka dapat tersumbat hingga mengakibatkan munculnya komedo hitam atau komedo putih, dan membuat kulit tampak kusam.

8 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah, Bisa Kecilkan Pori-Pori!

Penyebab pori-pori besar

Ada beberapa penyebab pori-pori terlihat besar. Selain faktor genetik, pori-pori bisa semakin terlihat saat kulit mengalami:

  1. Penuaan akibat mengurangnya tingkat elastis di sekitar pori-pori
  2. Kerusakan akibat sinar matahari
  3. Tingkat produksi minyak (sebum) yang tinggi
  4. Folikel rambut yang tebal
  5. Pengurangan produksi kolagen pada kulit yang disebabkan oleh penuaan
  6. Kerusakan akibat sinar matahari atau paparan sinar matahari yang berlebihan

Tips mengecilkan pori pori yang besar

skincare mengecilkan pori pori

Meskipun kamu tidak dapat mengubah ukuran pori-pori, namun kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan munculnya pori-pori yang membesar. Beberapa tips ini bisa kamu lakukan di rumah:

  1. Memilih produk skincare dan makeup berbahan dasar air.
  2. Mencuci muka secara rutin: Cuci muka maksimal 2 kali sehari atau lebih setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat atau setelah berolahraga. Pilihlah pembersih lembut yang nonabrasif dan tidak mengandung alkohol.
  3. Pembersih berbasis gel cocok untuk orang dengan kulit berminyak apabila ingin pori-porinya tidak terlalu terlihat. Yang terbaik adalah menghindari pembersih berbahan dasar minyak atau alkohol karena dapat mengiritasi kulit.
  4. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak sebaiknya lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk menghilangkan bahan yang dapat menyumbat pori-pori, seperti, kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih pada wajah. 
  5. Rutin menggunakan pelembap wajah setiap hari. Bagi pemilik wajah berminyak, pelembab bebas minyak dapat membantu mengurangi pembesaran pori.
  6. Pilih skincare yang bertuliskan non-comedogenic. Dengan klaim seperti ini, berarti produk perawatan tersebut tidak akan menyebabkan penyumbatan pori-pori.
  7. Selalu menghapus makeup sebelum tidur.
  8. Selalu gunakan tabir surya atau sunscreen.

Kenapa Pori Pori Membesar? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya!

Rekomendasi skincare mengecilkan pori pori

Sebelum memilih skincare untuk mengecilkan pori pori, pastikan kamu memilih kandungan skincare tertentu yang dipercaya dapat mengatasi pori-pori besar. Beberapa kandungan tersebut di antaranya:

  • Niacinamide
  • Squalene
  • Retinol
  • Asam salisilat
  • Clay atau tanah liat
  • Asam glikolat

Berikut beberapa rekomendasi skincare mengecilkan pori pori dan membuat kulitmu tampak lebih halus.

1. The Ordinary Niacinamide 10% Zinc PCA 1%

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% merupakan salah satu serum unggulan dari The Ordinary yang diproduksi berbasis air dengan niacinamide (vitamin B3) dan zinc. Dengan kandungan niacinamide dan Zinc PA nya, serum ini dapat  mengurangi munculnya noda, kemerahan, pori-pori membesar, warna kulit tidak rata, dan mengontrol produksi minyak pada kulit.

2. Avoskin Miraculous Refining

Tak hanya The Ordinary, Avoskin juga menghadirkan serum dengan kandungan 10% AHA, 3%BHA, 2%Niacinamide, dan Ceramide yang berfungsi mengeksfoliasi serta mencerahkan kulit tanpa meninggalkan efek kulit menjadi kering. 

Menariknya, formula dalam skincare ini efektif untuk membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit. Sehingga, kulit akan menjadi lebih cerah, tekstur merata, pori-pori tampak lebih mengecil, serta membuat kulit lebih lembut.

3. Laneige Mini Pore Waterclay Mask

Dengan formula berbahan dasar gel yang melembapkan, masker lumpur ini mudah diaplikasikan dan menyerap dengan cepat. Dengan berbagai kandungan lumpur mineral alami dari Laut Kuning, Laneige Mini Pore Waterclay Mask ini dapat mengurangi minyak pada wajah dan kotoran yang menutupi pori-pori wajah. 

4. Wardah Acnederm Pore Refining Toner

Toner yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat ini mengandung kombinasi Derma Tret Actives dengan Witch Hazel dan Aloevera Extract yang dipercaya dapat meringkas pori-pori yang telah dibersihkan dari kotoran dan debu yang menyumbat.

Tak hanya itu, Wardah Acnederm Pore Refining Toner juga berfungsi sebagai skincare yang mampu mengontrol kelebihan minyak di wajah dan menyeimbangkan kelembapan kulit.

5. Bioderma Sébium Pore Refiner

Skincare dari Bioderma ini, Sébium Pore Finer memang diformulasikan khusus untuk mengurangi penampilan pori-pori yang cenderung membesar pada kulit kombinasi hingga berminyak.

Tak hanya itu, produk pelembap ini juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan mempertahankan cahaya alami kulit. Tak perlu khawatir komedo tersumbat setelah menggunakan pelembap karena Bioderma Sébium Pore Refiner ini diklaim sebagai skincare non-comedogenic.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Ampuh dan Mudah

Nah, itulah beberapa rekomendasi skincare untuk mengecilkan pori pori. Pastikan sebelum memilih skincare, kamu sudah mengetahui tipe kulitmu ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference