sabun susu kambing

Apakah kamu mencari sabun yang lembut dan kaya manfaat? Kamu bisa menemukan karakteristik tersebut pada sabun susu kambing. Sabun ini merupakan sabun tradisional yang lembut dan memiliki banyak manfaat.

Sabun ini cocok untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Jika kamu mencari sabun yang kandungannya tidak keras dan bisa menjaga kesehatan kulit, sabun ini patut dicoba. Yuk simak terus agar tahu lebih banyak tentang manfaat susu kambing lainnya.

Apa itu sabun susu kambing?

Sesuai dengan namanya, sabun ini adalah sabun yang terbuat dari susu kambing. Sabun ini dibuat melalui proses saponifikasi, yaitu penggabungan antara asam dan basa.

Selain itu, susu kambing kaya akan lemak jenuh dan tak jenuh, sehingga cocok untuk diproduksi menjadi sabun. Lemak jenuh inilah yang akan memunculkan busa sabun, sementara lemak tak jenuh memberikan efek lembab dan memberi gizi bagi kulit.

Kandungan sabun susu kambing

Sabun ini mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan oleh kulit agar tetap sehat. Beberapa kandungan tersebut adalah:

  • Kolesterol
  • Asam lemak
  • Selenium
  • Vitamin A

Meskipun susu kambing mengandung banyak nutrisi, produk sabunnya mempunyai kadar nutrisi yang tidak sama. Hal ini bergantung pada jumlah susu kambing yang ditambahkan dalam proses produksinya.

Manfaat sabun susu kambing

Sabun ini terbukti dapat membantu menjaga kulit agar terlihat sehat. Beberapa manfaat sabun ini, antara lain:

1. Membersihkan dan menjaga kelembaban kulit.

Sebagian besar sabun mengandung surfaktan yang keras sehingga bisa menghilangkan kelembaban dan minyak alami kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering dan terasa kesat. Untuk menjaga kelembaban alami kulit, sebaiknya pakailah sabun susu kambing. Sabun ini dapat membersihkan kulit dengan lembut tanpa menghilangkan minyak alami kulit.

2. Membentuk membran kulit yang sehat

Susu kambing mengandung asam lemak dan kolesterol yang membangun sebagian besar membran kulit. Jika kulit kekurangan asam lemak dan kolesterol, kulit akan menjadi kering dan iritasi. Sabun ini juga mengandung vitamin A yang berperan dalam mencegah tanda-tanda penuaan. Selain membentuk membran kulit yang sehat, sabun ini juga bisa mengatasi gejala psoriasis.

3. Mengatasi xerosis atau kulit kering

Apabila kadar air di kulit rendah, hal ini dapat menyebabkan xerosis. Kadar kolesterol dan asam lemak yang tinggi dari sabun ini dapat memberikan kelembaban pada kulit. Berbeda dengan pembersih wajah umumnya yang mengeringkan kulit dan berpotensi menyebabkan produksi minyak berlebih.

4. Eksfoliasi alami

Sabun susu kambing mengandung senyawa yang dapat berfungsi sebagai eksfoliator. Asam laktat yang ada dalam sabun susu kambing dapat mengangkat sel-sel kulit mati dengan lembut. Sehingga, kulit lebih awet muda. Terlebih lagi, asam laktat merupakan salah satu AHA yang paling gentle, sehingga cocok sebagai eksfoliasi untuk kulit sensitif.

5. Dapat mencegah jerawat

Manfaat lainnya adalah sabun susu kambing bisa mencegah timbulnya jerawat. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan asam laktatnya. Asam laktat merupakan eksfoliator alami yang bisa mencegah jerawat dan menjaga pori-pori tetap bersih dari kotoran, minyak, dan sebum berlebih. AHA yang terkandung dalam sabun ini memang telah diakui efektif dalam mengatasi jerawat.

6. Mengatasi komedo

Penggunaan AHA pada kulit juga memberikan efek baik dalam mengatasi komedo putih dan hitam. Karena sabun ini juga mengandung AHA, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan sabun ini efektif dalam meredakan komedo.

Tips menggunakan sabun susu kambing yang baik

Sabun ini memang telah terbukti mendatangkan banyak manfaat bagi kulit. Jika kamu ingin mencobanya, sebaiknya ikutilah beberapa tips menggunakannya berikut ini.

  • Gunakan sabun yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Pilih sabun cair jika kamu ingin melembabkan dan melembutkan kulit. Namun, jika kamu memerlukan sabun yang efektif membersihkan kulit dari kotoran dan minyak, gunakan sabun batangan.
  • Amati warna sabun yang kamu gunakan. Sabun yang original biasanya memiliki warna putih tulang.
  • Hindari menggunakan sabun yang memiliki warna terlalu putih agar kamu terhindar dari pengaruh buruk pemutih.
  • Jika kulit kamu kering, pakailah sabun susu kambing yang mengandung jojoba oil, gliserin, lidah buaya, atau madu yang efektif untuk melembabkan kulit.
  • Kalau kamu ingin membersihkan sel kulit mati dan kotoran, gunakan sabun yang mengandung scrub.
  • Apabila kulit kamu sensitif, sebaiknya gunakan sabun dengan bahan alami dan minim zat adiktif. Gunakan sabun yang memiliki label hypoallergenic.

Karena memiliki sifat yang lebih lembut daripada sabun biasa, sabun susu kambing dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Sabun ini mengandung asam laktat dan asam lemak yang menjaga agar kulit tetap lembab. Selain itu, sabun ini bisa mengatasi jerawat. Jadi, jangan ragu untuk memakainya, ya!

Share artikel ini
Reference