vitamin setelah melahirkan

Setelah melahirkan, tubuh akan mengalami perubahan yang signifikan dan memerlukan nutrisi yang cukup untuk pemulihan dan nutrisi. Selain makanan yang seimbang, konsumsi vitamin yang tepat setelah melahirkan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. 

Maka dari itu, ada beberapa daftar vitamin yang bisa kamu konsumsi usai persalinan, baik normal maupun caesar. Simak daftar rekomendasinya di sini!

Daftar vitamin yang dibutuhkan setelah melahirkan

jenis vitamin untuk ibu setelah melahirkan

Vitamin setelah melahirkan, atau postnatal vitamin, dibuat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan ibu yang baru saja melalui persalinan. Jenis vitamin ini pun cukup banyak karena dirancang sesuai dengan kebutuhan masing-masing ibu. 

Misalnya, ada vitamin postnatal yang dirancang untuk merangsang produk ASI atau membantu mempercepat pemulihan ibu usa melahirkan. Banyak juga vitamin yang mengatasi perubahan hromonal atau pergeseran jam tidur yang sering terjadi ketika punya newborn

Lantas, apa saja daftar vitamin yang sebenarnya diperlukan setelah melahirkan? Ini daftarnya!

1. Zat besi

Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan usai melahirkan adalah zat besi. Pasalnya, zat besi berperan penting dalam mengatasi kekurangan darah atau anemia yang sering terjadi setelah melahirkan. 

Senyawa ini bekerja dengan meningkatkan produksi sel darah merah dan memperbaiki kualitas darah. Jadi, konsumsi suplemen zat besi bisa meningkatkan energi, mengurangi kelelahan, dan bantu mempercepat pemulihan setelah melahirkan. 

2. Vitamin B

Vitamin B kompleks, terutama vitamin B12 dan asam folat, sangat penting setelah melahirkan. Vitamin B12 membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan meningkatkan energi. 

Asam folat juga penting untuk mengembalikan kadar folat yang rendah setelah kehamilan. Artinya, vitamin B kompleks dapat membantu meningkatkan metabolisme, membantu pemulihan sistem saraf, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B yang Menyehatkan

3. Vitamin C dan E

Vitamin C dan E adalah antioksidan yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu pemulihan setelah melahirkan.

Vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. 

Sementara itu, vitamin E juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

4. Vitamin D

Vitamin D berfungsi menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Setelah melahirkan, konsumsi vitamin D dapat membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium dan fosfor, yang penting untuk pertumbuhan tulang dan perkembangan bayi. 

Terlebih lagi, Vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan otot dan membantu mencegah depresi pasca melahirkan.

10 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Termasuk Sereal!

5. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega 3, terutama DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic), adalah nutrisi penting untuk perkembangan otak dan mata bayi.

Mengonsumsi suplemen omega 3 setelah melahirkan dapat membantu meningkatkan kualitas ASI dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. 

Di sisi lain, asam lemak omega 3 juga memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko depresi pasca melahirkan

6. Kolin

Kolin merupakan vitamin yang berperan penting dalam memeliharan kesehatan otak dan fungsi saraf. Usai melahirkan, konsumsi kolin bisa membantu memperbaik kerusakan otak yang terjadi selama kehamialn dan melahirkan. 

Bahkan, vitamin ini bisa dimanfaatkan untuk memproduksi neurotransmiter yang penting untuk kesehatan mental dan mood yang stabil.

7. Kalsium, zinc, dan magnesium

Ibu menyusui seringkali tidak mendapatkan cukup kalsium, zinc, atau magnesium dari makanan mereka.

Nyatanya, konsumsi zeng bersama vitamin C bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang masih rentan terhadap penyakit setelah melahirkan. 

Di sisi lain, kalsium mendukung pertumbuha tualng dan otot yang sehat, sedangkan magnesium membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Jadi, penuhi kebutuhan harian mineral satu ini, baik sebelum maupun setelah melahirkan, ya!

Benarkah Sel Darah Putih Naik Setelah Melahirkan? Begini Penjelasannya!

Sumber vitamin yang direkomendasikan setelah melahirkan

makanan bergizi setelah melahirkan

Setelah mengetahui apa saja jenis vitamin yang diperlukan usai melahirkan, jangan lupa kenali makanan yang mengandung vitamin-vitamin di atas. Berikut daftarnya!

1. Ikan salmon

Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah ikan salmon. Pasalnya, ikan salmon kaya akan vitamin D dan omega-3.

Kedua nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan memelihara sistem kekebalan tubuh, terutama untuk ibu yang baru melahirkan. 

2. Telur

Tidak hanya ikan salmon, ibu yang baru melahirkan mungkin bisa mengonsumsi lebih banyak telur.

Kandungan vitamin D, vitamin B12, dan kolin di dalam telur ternyata sangat penting untuk perkembangan otak bayi, lho

Catat! Ini 9 Cara Merawat Jahitan setelah Melahirkan

3. Kacang-kacangan

Vitamin yang ada pada kacang-kacangan ternyata juga dibutuhkan setelah melahirkan. Ini karena kacang seperti almond, mete, dan kenari kaya akan protein, kalsium, zat besi, vitamin B12, vitamin E, dan asam lemak omega-3. 

Tidak hanya itu, kacang bisa menjadi penambah energi sehingga ideal untuk dikonsumsi setelah melahirkan. Namun, konsumsi kacang dalam porsi yang wajar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. 

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah sumber zat besi yang baik bagi semua orang. Kamu juga bisa mengonsumsi sayuran dengan kacang-kacangan ke dalam makanan sebagai penambah nutrisi.

Hal itu karena kebanyakan sayuran hijau dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI dan membantu mempercepat proses pemulihan. 

Itu tadi sederet jenis vitamin dan sumbernya yang dibutuhkan setelah melahirkan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang ingin mempercepat proses pemulihan persalinan, baik normal maupun melalui operasi!

Pakai Bengkung Setelah Melahirkan, Bagaimana Cara yang Aman?


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference