makanan vitamin d

Young woman adding spoon of oat flakes in bowl when making tasty and healthy breakfast

Vitamin memang sangat penting untuk tubuh kita. Salah satu vitamin yang memegang peranan penting adalah vitamin D. Fungsi vitamin ini adalah untuk membantu mengatur jumlah kalsium dan fosfat, menjaga kesehatan tulang, gigi dan juga otot. Ini sebabnya disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap harinya. 

Kira-kira bagaimana cara kamu mendapatkan vitamin D dan seperti apa makanan yang kaya akan vitamin ini? Yuk, simak ulasannya!

Sumber vitamin D

Berikut beberapa sumber vitamin D:

1. Sinar matahari

Vitamin D sering juga disebut sebagai vitamin sinar matahari. Ini karena matahari merupakan salah satu sumber terbaik dari nutrisi ini. Kulit manusia memiliki sejenis kolesterol yang berguna sebagai prekursor vitamin D. 

Ketika senyawa tersebut terkena radiasi UV-B dari matahari, maka ia kemudian akan berubah menjadi vitamin D. Faktanya, vitamin D yang berasal dari matahari dapat beredar lebih lama hingga dua kali lipat daripada vitamin yang berasal dari suplemen atau makanan. 

2. Ikan berlemak

Sumber vitamin D lainnya juga berasal dari makanan, salah satunya adalah ikan berlemak dan ikan laut.. Ini adalah sumber makanan alami dengan kandungan vitamin D yang melimpah. Setiap 100 gram salmon kalengan mengandung 386 IU vitamin D 

Beberapa jenis ikan dan makanan laut lain yang kaya vitamin D meliputi:

  • Tuna
  • Ikan kembung
  • Tiram
  • Udang
  • Ikan sarden
  • Teri

3. Suplemen

Sumber vitamin D lainnya adalah suplemen. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh. Penting untuk membeli suplemen berkualitas dan telah diuji sehingga suplemen tersebut tidak berdampak negatif pada tubuh. 

Makanan yang mengandung vitamin D

Ternyata ada banyak makanan yang mengandung vitamin ini, mulai dari sereal sampai susu kedelai. Berikut daftarnya:

1. Sereal

Sereal merupakan menu sarapan praktis yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi penting, termasuk vitamin D. 

Dalam setiap 100 gram Sereal/oatmeal mengandung 40-100 IU vitamin. 

2. Telur

Telur juga memiliki kandungan vitamin D di dalamnya. Bahkan, bagian putihnya juga mengandung protein dan pada bagian kuningnya mengandung lemak dan vitamin. 

3. Keju

Keju memiliki kandungan lemak, fosfor, protein, kalsium dan vitamin D di dalamnya. Selain itu, rasanya yang enak juga mudah untuk dipadukan dengan jenis makanan lainnya. Dalam setiap 100 gram keju mengandung 24 IU Vitamin D

4. Ikan berlemak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ikan berlemak merupakan sumber vitamin D paling terkenal. Sumber vitamin D didapatkan dalam hati dan juga jaringan lemaknya. 

5. Minyak hati ikan cod

Makanan yang mengandung vitamin D lainnya adalah minyak hati ikan cod. Minyak ikan ini juga diperkaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh dan mengurangi peradangan serta menurunkan tekanan darah dan berkontribusi pada kesehatan tubuh lainnya. 

Dalam setiap satu sendok makan minyak ikan cod memiliki 450 IU Vitamin D

6. Daging babi

Daging babi juga memiliki kandungan vitamin D dan berbagai nutrisi lainnya. Sebagian besar hati babi kaya akan vitamin ini, selain itu daging babi yang terpapar sinar matahari juga memiliki banyak vitamin yang diperlukan tubuh. Dalam setiap 100 gram mengandung 53 IU Vitamin D

7. Tiram

Tiram merupakan makanan laut yang rendah kalori namun memiliki nutrisi yang melimpah termasuk fosfor, vitamin B12, vitamin D dan masih banyak lagi. Dalam setiap 6 tiram mentah mengandung 268 IU vitamin D

8. Yoghurt

Yogurt memiliki berbagai manfaat untuk tubuh karena kandungan kalsium, protein dan bakteri baik di dalamnya. Namun bukan hanya itu, yoghurt juga diperkaya dengan vitamin D di dalamnya. 

9. Tahu

Tahu merupakan makanan yang mudah diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Makanan yang hampir selalu ada di meja makan orang Indonesia ini juga diperkaya dengan vitamin D, loh. Dalam setiap 100 gram tahu  mengandung sekitar 100 IU vitamin D.

10. Susu kedelai

Makanan yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah susu kedelai. Minuman yang satu ini juga diperkaya dengan vitamin D, vitamin C serta zat besi di dalamnya. Jika ingin mendapatkan asupan vitamin D, susu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Vitamin D memang salah satu vitamin yang baik untuk tubuh. Namun, apapun yang berlebih pasti tak baik. Jadi, jaga agar konsumsi kamu tidak kelebihan vitamin D. Tetap konsumsi secara cukup dan wajar, ya.

Share artikel ini
Reference