jahitan setelah melahirkan

Merawat jahitan setelah melahirkan secara normal adalah penting untuk kamu lakukan. Meskipun kebanyakan kasus sembuh dengan sendirinya, ada beberapa tips lho, yang dapat membantu kamu pemulih lebih cepat. Asalkan, kamu bisa membatasi aktivitas selama masa nifas untuk mencegah lepasnya jahitannya.

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan jahitan setelah melahirkan? sebenarnya, durasi yang dibutuhkan agar jahitan bekas persalinan sembuh dapat bervariasi, tergantung pada kondisi individu dan tingkat pemulihan tubuh setiap ibu.

Ada tips cepat untuk penyembuhan jahitan juga. Yuk ketahui selengkapnya di bawah ini!

Berapa lama jahitan setelah melahirkan sembuh?

cara bab setelah melahirkan normal dengan jahitan

Selama persalinan normal, terjadi robekan pada vagina atau perineum (area antara anus dan vagina) ketika kepala bayi terlalu besar bagi vagina untuk meregang.

Untuk mengatasi robekan tersebut, dokter biasanya melakukan jahitan. Sebaliknya, jahitan juga diperlukan dalam prosedur episiotomi, yaitu sayatan kecil yang dilakukan di perineum untuk memfasilitasi persalinan. Episiotomi dapat membantu mencegah robekan yang parah dan mempercepat proses persalinan dalam beberapa kasus.

Waktu yang diperlukan untuk jahitan sembuh setelah persalinan normal biasanya adalah 7-10 hari. Namun, waktu penyembuhan dan tingkat nyeri tergantung pada tingkat keparahan robekan.

Yuk, Cari Tahu Cara BAB Setelah Melahirkan Normal dengan Jahitan

Beberapa faktor risiko robekan vagina saat melahirkan termasuk persalinan pertama, bayi dengan berat lahir besar, dan penggunaan alat bantu seperti forsep dalam persalinan.

Cara mengetahui jahitan lepas setelah melahirkan

cara mengetahui jahitan lepas setelah melahirkan
cara mengetahui jahitan lepas setelah melahirkan

Umumnya, jarang terjadi bahwa jahitan lepas setelah melahirkan normal sebelum luka sembuh sepenuhnya. Namun, ada kemungkinan hal tersebut dapat terjadi.

Infeksi atau tekanan pada jahitan dapat menyebabkan jahitan longgar, yang dapat mengakibatkan luka terbuka.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda jahitan lepas setelah melahirkan normal yang dilaporkan oleh Royal College of Obstetricians & Gynecologists:

  1. Meningkatnya rasa sakit
  2. Perdarahan dari vagina
  3. Keluarnya cairan seperti keputihan atau nanah
  4. Kadang-kadang beberapa wanita melihat sebagian jahitan terlepas
  5. Jika tidak ada infeksi atau jika infeksi telah diobati, jahitan dapat diperbaiki kembali. Namun, Jika terdapat infeksi, jahitan tidak dapat dijahit ulang karena risiko penangkapan infeksi di dalam luka.

Oleh karena itu, langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan perawatan yang tepat untuk jahitan yang lepas setelah melahirkan normal.

Tips mempercepat jahitan sembuh

Tips mempercepat jahitan melahirkan cepat sembuh
Tips mempercepat jahitan melahirkan cepat sembuh

Setelah melahirkan, jahitan setelah melahirkan perlu dilakukan perawatan di rumah agar cepat sembuh. Berikut beberapa tipsnya, antara lain:

1. Konsumsi makanan yang mengandung protein

Kamu bisa konsumsi ikan, telur, dan daging adalah sumber protein yang penting untuk mempercepat penyembuhan jahitan. Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi terutama ikan gabus.

2. Perbanyak makan makanan berserat

Seperti buah-buahan dan sayuran hijau kaya serat disarankan untuk membantu memperlancar buang air besar. Buang air besar yang lancar meminimalkan tekanan pada jahitan dan membantu pemulihan.

Moms, Ini 4 Posisi Tidur Setelah Melahirkan Normal Dengan Jahitan

3. Minum obat sembelit

Jika mengalami sembelit atau buang air besar yang sakit, dapat menggunakan obat pencahar sesuai rekomendasi dokter.

Penting untuk dicatat bahwa waktu penyembuhan jahitan dapat bervariasi tergantung pada kondisi masing-masing ibu dan tingkat keparahan robekan. Secara umum, luka jahitan akan mengering dan sembuh dalam waktu kurang dari seminggu jika tidak ada komplikasi lain.

4. Gunakan air hangat untuk bersihkan luka jahitan

Hindari mandi dengan air asin: Air asin dapat menyebabkan iritasi pada luka jahitan. Sebaiknya hindari mandi dengan air asin dan gunakan air hangat biasa untuk membersihkan area jahitan.

5. Hindari penggunaan tampon

Jika masih ada jahitan setelah melahirkan, sebaiknya kamu hindari penggunaan tampon. Penggunaan tampon ini dapat menyebabkan tekanan pada area jahitan dan memperlambat proses penyembuhan. Sebaiknya hindari penggunaan tampon dan gunakan pembalut yang lebih aman.

6. Hindari penggunaan douche atau produk pembersih vagina

Penggunaan douche atau produk pembersih vagina dapat mengganggu keseimbangan pH alami vagina dan menyebabkan iritasi. Lebih baik hindari penggunaan produk tersebut selama masa penyembuhan.

7. Hindari mengejan saat buang air besar

Mengejan saat buang air besar dapat memberikan tekanan pada area jahitan yang masih dalam proses penyembuhan. Usahakan untuk buang air besar secara perlahan dan hindari mengejan yang berlebihan.

Setiap orang mungkin memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda. Jika kamu mengalami ketidaknyamanan yang berlebihan atau ada kekhawatiran tentang proses penyembuhan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference