urutan make up yang benar

Ada beberapa jenis make up dan mempunyai beragam langkah dalam pemakain, ada makeup soft, minimalis, hingga bold/tebal. Kira-Kira bagaimana ya urutan make up yang benar agar terlihat cantik dan menyuguhkan tampilan wajah yang berbeda.

Meskipun tidak semua wanita jago menggunakan make up, nyatanya make up merupakan kebutuhan wanita untuk kegiatan sehari-hari atau acara tertentu. Tidak hanya untuk acara besar saja, namun tampil cantik di rumah juga tak salah lho, ladies. Yuk simak selengkapnya berikut!

Fungsi make up untuk wajah

Dalam pemakaian make up, ternyata tidak hanya agar wajah cantik saja, lho. Make up mempunyai berbagai fungsi yang disesuaikan dengan penggunaan dan tujuan pemakaiannya.

Jika lebih kamu pahami maka kamu akan tahu bahwa fungsi make up untuk wajah antara lain:

  • Bentuk alis yang proporsional akan memberikan simetri pada wajah dan membingkai mata. Bentuk alis alami yang kurang rata dapat dibantu dengan pensil alis untuk membentuk alis yang sempurna.
  • Menggunakan maskara dan eyeliner ternyata dapat mempertegas bentuk mata. Mata akan terlihat lebih indah dan menonjol.
  • Blush on pada pipi akan memberikan kesan bahwa kulit kamu sehat, bercahaya dan dapat memberikan dimensi pada tulang pipi sehingga raut wajah akan berubah.
  • Lipstik bukan hanya sebagai pemanis, namun dapat mempertegas garis luar dan menjaga bibir tidak terlalu hilang atau menyatu dengan bagian wajah yang lain.
  • Foundation pada make dapat memberikan kesan warna kulit yang rata, hal ini dapat membantu mereka yang mempunyai kulit wajah belang karena sinar matahari.

cara makeup natural

Make up juga dapat memberikan manfaat di luar dari fungsi untuk make up itu sendiri, antara lain:

  • Pengalaman mengekspresikan diri dengan make up yang berbeda dan lebih berani tampil.
  • Kepercayaan diri semakin tinggi dengan teknik make up yang sudah dipelajari.
  • Kamu akan bersenang-senang karena make up is fun! Banyak hal baru yang akan temukan dan tentunya tidak akan pernah bosan dengan perkembangan make up yang setiap hari akan semakin beragam.
  • Make up tidak hanya untuk bersolek saja, disana ada berbagai langkah dalam merawat wajah yang akan memberikan perlindungan lebih untuk kulit kamu, ladies.
  • Kamu akan terlihat jauh lebih muda dengan make up.
  • Kamu akan belajar mengetahui tentang dirimu sendiri dengan make up yang kamu pakai.

Yuk ikuti cara pemakaian dan urutan make up yang benar agar kamu semakin cetar saat mengenakan make up impian. 

10 Tips Makeup Korea, Tampil Awet Muda Dan Natural!

Bagaimana urutan make up yang benar untuk pemula?

Terkadang banyak wanita yang masih keliru ketika mengaplikasikan make up pada wajahnya. Padahal urutan make up yang benar ada untuk kepentingan setiap detail make up kamu sendiri, lho. 

Berikut rekomendasi urutan make up yang bisa kamu praktikan segera!

1. Rutin pakai skincare

jenis jenis toner

Make up akan bertahan bila wajah kamu bersih dan sehat. Pakai selalu skincare rutin sebelum memakai make up seperti sabun wajah, pelembab, toner dan sebagainya. Semua perawatan wajah akan bermanfaat menjaga wajah tetap sehat dan terlihat berseri.

2. Memulai dengan moisturizer

Pelembab sangat penting dipakai sebelum memulai make up. Semua jenis kulit baik kering, berminyak dan kombinasi sangat penting dijaga kelembabannya dengan memakai tabir surya pada pagi dan malam hari. Pelembab dapat dipakai dengan memberikan sensasi pijatan lembut pada wajah.

3. Pakai primer

Primer akan menjaga riasan terutama pada cuaca yang panas. Jenis primer yang dipakai dapat disesuaikan dengan tipe kulit wajah seperti primer yang menghidrasi untuk tipe kulit kering dan primer yang dapat menyerap minyak untuk tipe kulit berminyak. Jenis primer juga akan memengaruhi hasil akhir foundation.

4. Terapkan foundation

Foundation dapat diaplikasikan sebagai alas bedak baik dengan spons rias, alas bedak atau kuas. Foundation dapat dipakai sesuai dengan kenyamanan dan diterapkan tipis dan diolah seperti BB cream. Foundation juga harus disesuaikan dengan warna kulit wajah mulai dari terang hingga gelap.

5. Aplikasikan concealer

Mengaplikasikan concealer dapat bermanfaat untuk menutup lingkaran mata yang hitam hingga bekas-bekas masalah wajah seperti flek hitam, bintik dan bekas jerawat.

Concealer akan memberikan efek mulur pada wajah dengan bentuk stick atau pot yang mudah untuk diaplikasikan.

6. Tambahkan beberapa warna ke wajah

Menggunakan tambahan warna seperti bronzer akan memberikan kesan tirus dan contour untuk pipi dan rahang. Hati-hati dalam memilih warna untuk kontur wajah agar tetap natural dan sesuai warna kulit wajah.

Cara Make Up Natural Untuk Remaja, Anti Menor!

7. Pakai highlight

Kamu dapat memakai highlight untuk membuat wajah tampak bercahaya, berkilau dan membuat efek wajah menjadi tidur, hidung mancung serta wajah terlihat proporsional.

8. Eksperimen dengan eyeshadow

Cara Memilih Concealer yang Tepat Untuk Kulitmu

Bermain dengan eyeshadow akan membuat mata lebih hidup, bentuk dan kontur mata akan terlihat lebih jelas. Pilih warna dasar dan warna eyeshadow sesuai dengan tujuan make up, apakah make up natural, soft, atau bold.

9. Tegaskan mata dengan eyeliner

Eyeliner merupakan garis hitam pada mata yang akan memberikan definisi tersendiri pada mata. Mata akan terlihat lebih tegas dengan eyeliner yang diaplikasikan baik tebal atau tipis-tipis.

10. Aplikasikan maskara

Maskara akan membuat bulu mata menjadi lebih lentik dan panjang. Pakai maskara setelah emnjepit bulu mata, aplikasikan maskara dari akar bulu hingga ujung.

Maskara akan menciptakan garis bulu mata yang penuh dan volume bulu akan bertambah. Pilih maskara tahan air sehingga bulu mata tidak mudah luntur dan kotor

Jangan Mager, Ini 6 Cara Membersihkan Kuas Makeup

11. Pakai beberapa bulu mata palsu

Bulu mata palsu merupakan pilihan jika bulu mata kamu sudah cukup lebat. Bulu mata palu akan memberikan volume bulu mata lebih naik sehingga menegaskan kembali riasan mata.

12. Terapan garis bibir

Membuat lip liner atau garis bibir akan membuat lipstik akan bertahan lebih lama. Mulai dengan membuat kontur garis bibir dan arsir dengan ringan agar menciptakan efek bibir penuh dan montok. Lip liner akan membuat bibir tetap terlihat meski lipstik memudar.

13. Pakai lipstik dan lipgloss

Jika lip liner telah dibuat, segera pakai lipstik dan lip gloss agar bibir lebih indah dan menegaskan riasan bibir kamu.

14. Set makeup

Setting spray banyak diciptakan untuk membuat riasan lebih tahan lama dan tetap pada tempatnya sepanjang hari. 

Setiap wanita mempunyai teknik dan urutan make up yang mungkin berbeda dalam mengaplikasikan make up-nya, kamu bisa mencoba melakukan variasi make up agar tampil cantik dan menawan versi kamu ya, ladies!

Share artikel ini
Reference