cara makeup natural

Short hair asian young beautiful woman applying cosmetic powder brush

Tren make up natural semakin diminati akhir-akhir ini. Meskipun memakai make  up, tapi hasil akhirnya terlihat natural seperti tidak pakai make up! Kamu yang tertarik bisa mengikuti cara makeup natural untuk dipakai dalam setiap kesempatan.

Wajar bagi setiap wanita ingin tampil menawan, dalam suasana yang diinginkan. Make up natural bisa menjadi pilihan bagi kamu yang suka berdandan namun tetap elegan. Hal ini karena tidak menggunakan lipstik cerah, eyeshadow mencolok, dan shading yang tebal.

Lantas, bagaimana cara make up natural tapi tetap elegan? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba!

Apa itu make up natural?

Make up natural atau disebut juga dengan no make up make up adalah bentuk riasan wajah yang membuat wajah tampak cantik dan segar seolah-olah tidak menggunakan riasan.

Jenis riasan ini sangat cocok untuk aktivitas sehari-hari. Dalam hal make up, sebenarnya setiap wanita memiliki gayanya masing-masing. Namun, penggunaan make up dengan urutan yang benar akan menambah hasil lebih baik.

Pemilihan warna dalam ciri khas makeup ini juga memegang peran penting. Biasanya, pilihan warnanya cenderung soft dan mendekati warna kulit asli kamu.

Make up natural untuk remaja

Cara make up natural untuk remaja biasanya bertujuan agar wajah terlihat lebih segar dan tidak pucat. Tidak perlu terlalu tebal karena justru bisa membuat kamu terlihat lebih tua.

Riasa untuk remaja harus sesuai usia dan tidak membuat wajah terlihat tua dan tidak segar. Ada banyak sekali jenis produk make up yang beredar di pasaran. Biasanya setiap produk memiliki kegunaannya masing-masing dan disesuaikan dengan usia, jenis kulit, hingga warna kulit.

Alat-alat make up natural untuk remaja

Untuk mendapatkan tampilan natural ada beberapa alat makeup yang wajib punya, seperti berikut ini:

1. BB Cream

Pilih produk dengan warna dan jenis yang sesuai dengan kulit kamu. Misalnya, krim BB dengan hasil akhir dewy untuk pemilik kulit kering atau hasil akhir matte jika kamu memiliki kulit berminyak.

Produk-produk ini dapat meratakan warna kulit tanpa terlihat tebal seperti foundation. Selain itu, produk ini juga melindungi kulit remaja dari efek sinar UV yang berbahaya.

Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup oleskan krim BB atau pelembab berwarna dengan kuas atau jari. Usap atau blend dengan lembut sampai warna kulit terlihat merata. Kamu hanya memerlukan satu kali usap untuk mendapatkan tampilan kulit segar dan natural.

2. Concealer

Jika kamu memiliki masalah seperti bintik hitam, atau bekas jerawat yang tertinggal, sedikit concealer bisa sangat membantu memudarkannya. Concealer bisa digunakan untuk bantu samarkan kehitaman di bawah mata.

3. Blush on

Blush on pada riasan remaja berfungsi untuk memberikan kesegaran pada kulit wajah agar tidak terlalu pucat. Sebaiknya, pilihlah warna natural yang sesuai dengan warna kulit kamu agar tidak terlihat terlalu mencolok.

Cukup tepuk-tepuk ringan di sekitar tulang pipi sampai merata. Jika terlalu tebal, kamu bisa atasi dengan memakai bedak transparan sesudahnya.

4. Make up mata

Gunakan produk riasan mata yang memiliki warna netral. Misalnya pensil alis abu-abu muda untuk remaja dengan kulit putih dan pensil alis coklat untuk mereka yang berkulit sawo matang.

Nah, untuk eyeshadow pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok seperti cokelat muda dan peach. Kamu juga bisa menggunakan satu warna saja. Terakhir, tambahkan volume pada bulu mata kamu dengan sentuhan maskara bening.

5. Lipstick atau lip gloss

Gunakan lipstick atau lip gloss agar bibir terlihat lebih segar dan merona. Sebaiknya, pilih produk pewarna bibir yang memiliki kesan natural, seperti pink atau warna netral lainnya sesuai warna kulit.

Selain mempercantik penampilan, produk lipstik atau lip gloss juga bisa menghidrasi agar bibir tetap lembap dan lembut.

Cara make up natural untuk remaja

Riasan ini cocok digunakan sehari-hari karena terlihat jauh dari kata ‘menor’. Tentu saja sebelum merias wajah, kamu harus mempersiapkan kulit dengan mencuci dan memakai skincare. Berikut cara membuat riasan alami untuk remaja:

  • Bersihkan wajah menggunakan facial foam.
  • Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Oleskan sunblock atau tabir surya.
  • Gunakan makeup base yang ringan seperti BB cream.
  • Aplikasikan bedak tabur dengan kuas.
  • Oleskan perona pipi tipis pada warna peach.
  • Gunakan pensil alis untuk merapikan bentuk alis kamu
  • Gunakan eyeshadow warna coklat muda pada kelopak mata.
  • Lentikkan bulu mata menggunakan maskara.
  • Gunakan lipstik warna pink atau oranye.

Tips make up natural untuk remaja yang aman

Cara make up natural supaya tetap elegan harus kamu sesuaikan dengan usia kamu. Nah, berikut tips riasan untuk remaja alami yang aman digunakan:

1. Gunakan perawatan kulit sebelum make up

Tips make up remaja pertama yang harus diterapkan adalah menggunakan skincare. Bersihkan wajahnya menggunakan pembersih yang lembut. Langkah selanjutnya adalah menggunakan toner akan membantu menyamarkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Terakhir, gunakan pelembap untuk melembapkan dan melembutkan kulit.

2. Jangan berlebihan

Selain mencegah iritasi kulit, penggunaan make up yang berlebihan juga dapat membuat remaja tampak lebih tua dari usianya.

Remaja tidak harus menggunakan alas bedak, kecuali mereka memiliki area tertentu yang parah dan perlu disembunyikan. Hal ini karena foundation dapat memberikan tampilan yang tidak natural dan palsu pada kulit.

Foundation bisa dijadikan pilihan di acara-acara tertentu, seperti pesta yang membutuhkan riasan tahan lama.

3. Gunakan nuansa yang sesuai

Selain mencegah iritasi kulit, penggunaan make up yang berlebihan juga dapat membuat remaja tampak lebih tua dari usianya. Sebenarnya hanya menggunakan pelembap, bedak, dan lipgloss juga sudah cukup untuk menampilkan kesan alami.

Share artikel ini
Reference