makeup korea

Segala hal tentang Korea memang selalu berhasil menjadi tren, salah satunya makeup. Makeup Korea terkenal dengan gayanya yang natural, bahkan hampir terlihat seperti tidak memakai riasan sama sekali. 

Makeup ala Korea pun menjadi tren, sehingga banyak beauty influencer yang memberikan tutorial makeup tersebut. Kamu juga tidak mau ketinggalan tren bukan? Tidak sulit meniru makeup ala Korea, kamu bisa menirunya dengan beberapa tips dalam artikel ini!

Tren Makeup Korea Terbaru

Untuk bisa mengikuti tren makeup Korea terbaru, kamu harus bisa melihat detail makeup yang digunakan. Meskipun sekilas terlihat seperti makeup biasa bahkan seperti tidak makeup, tapi sebenarnya detail-detail seperti bentuk eyeliner, bentuk alis, shading tipis, dan penempatan blush on menjadi poin penting yang harus diperhatikan.

Tahap yang paling penting dalam makeup Korea yaitu skin preparation, atau persiapan kondisi wajah sebelum makeup. Pastikan wajah kamu sudah lembap dengan menggunakan serum, sunscreen, moisturizer, dan primer. Selanjutnya yaitu penggunaan complexion seperti cushion, bb cream, dan concealer untuk meratakan warna kulit dan menutup pori-pori.

Tips makeup ala Korea

Makeup ala Korea memiliki ciri khas dewy skin, minimalis, dan tampilan yang terlihat lebih muda. Ini pasti rahasia perempuan korea awet muda! Nah, sebelum mengaplikasikan makeup, kamu harus menyiapkan kondisi wajah yang lembap terlebih dahulu dengan menggunakan skincare. Berikut adalah beberapa tips makeup ala Korea yang bisa kamu ikuti:

1. Bulu mata ala idol

Bulu mata ala Kpop Idol, Taeyeon SNSD

Bulu mata menjadi poin penting yang bisa membuat makeup terlihat semakin cantik. Idol-style eyelashes atau bulu mata ala idol sangat populer di kalangan wanita. Bulu mata dibuat lebih panjang dan lentik natural dengan maskara waterproof dan eyelash curler. Tidak hanya itu, tambahkan juga bulu mata palsu yang letak bulu matanya lebih jarang.

2. Hangover blush

Blush ala Lisa Blackpink

Hangover blush menjadi tren makeup look yang bertahan sepanjang masa. Untuk mendapatkan look ini, kamu perlu menempatkan blush on tipis di bagian tulang pipi. Kamu bisa memilih warna peach atau coral untuk mendapatkan tampilan yang lebih fresh. Penempatan blush on di tulang pipi juga bisa membuat kamu terlihat lebih muda.

3. Y2k makeup 

Makeup glitter

Penggunaan glitter atau disebut juga dengan Y2k makeup sangat populer untuk gaya makeup Korea. Kamu bisa menggunakan eyeshadow dengan tone coklat muda dan terakota, lalu aplikasikan  shimmer di area lower lash dan tear duct. Kamu bisa memilih liquid eyeshadow untuk hasil yang lebih tahan lama.

4. Cloudy eyes

Riasan mata cloudy

Cloudy eyes adalah riasan mata smokey eyes dengan versi yang lebih ringan. Untuk menciptakan cloudy eyes, kamu harus menggunakan eyeshadow berwarna light seperti soft pink atau nude. Aplikasikan warna ke seluruh kelopak mata, lalu tambahkan eyeshadow hitam atau coklat tua secara tipis di sudut mata luar. 

5. Ombre bibir

Bibir ombre ala Lee Sung Kyung

Ombre atau gradasi warna pada area bibir menjadi teknik makeup Korea yang sangat populer. Gunakan warna yang lebih terang atau netral untuk seluruh bibir dan pilih warna yang lebih gelap untuk bibir bagian dalam.

6. Laughing eye bags

Laughing eye bags atau aegyo sal

Detail makeup kantung mata menjadi salah satu hal yang membuat makeup Korea sangat natural. Untuk menciptakan laughing eye bags, aplikasikan highlighter tepat di bawah mata. Kamu bisa menambah sedikit eyeshadow coklat sebagai bayangan natural.

7. Puppy eyes

Puppy eye ala Sana TWICE

Puppy eyes atau mata anak anjing yang lucu kini menjadi gaya makeup Korea. Tekniknya yaitu penggunaan eyeliner yang sedikit ditarik ke bawah dan lebih rendah dari bulu mata. Jangan menarik garisnya terlalu panjang karena akan memberikan kesan murung.

8. Bentuk alis lurus

Alis lurus ala Seolhyun

Bentuk alis yang lurus dengan lengkungan yang sangat kecil di ujungnya adalah salah satu cara awet muda, yang bisa kamu tiru. Jangan lupa, arsir bagian dalam alis dimulai dari sudut dalam ke luar dan runcingkan ke satu titik.

9. Memilih warna ‘buah’ untuk flush alami

warna buah untuk riasan korea

Warna buah pada makeup wanita Korea menjadi alasan mengapa wajah mereka merona sepanjang waktu. Dari eyeshadows hingga perona pipi dan bibir, mereka menggunakan warna buah seperti stroberi, semangka, peach, dan ceri.

10. Glitter line

Glitter Line Eye ala Jennie Blackpink

Masih bagian dari Y2K makeup, penggunaan glitter atau highlighter menjadi detail makeup favorit K-Beauty. Kamu bisa menambahkan glitter di tulang pipi, hidung, dan mata untuk menciptakan efek berkilau. Gunakan sedikit saja agar hasilnya tetap terlihat natural.

Untuk mendapatkan hasil makeup yang persis seperti wanita Korea, kamu perlu melatih skill makeup sesering mungkin. Tidak perlu produk yang serba mahal, karena kini sudah banyak brand makeup lokal yang menjual berbagai produk makeup berkualitas dengan harga terjangkau.

Share artikel ini
Reference