rekomendasi skincare kulit kering
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

Rekomendasi Skincare Kulit Kering Agar Selalu Sehat Dan Glowing

Imelda Rahmawati | April 4, 2022
Share

Kulit kering menjadi kondisi yang sangat tidak nyaman, karena kulit menjadi bersisik, gatal dan pecah-pecah. Keadaan ini dapat terjadi dengan beberapa alasan, seperti kurang terhidrasi dan memang kering secara alami. Nah, rekomendasi skincare kulit kering dari Yoona akan membantu kamu merasa lebih baik dengan kondisi tersebut.

Terkadang jenis kulit berminyak juga bisa mengalami kekeringan ketika tidak dirawat dengan baik. Kulit kering terjadi ketika kandungan air dan minyak alami yang dibutuhkan kulit tidak cukup, sehingga tidak dapat mempertahankan kulit glowing dan elastis.

Masalah kulit kering

Kondisi kulit yang mengering disebabkan oleh kelembapan yang tidak cukup. Kondisi ini biasanya tidak terlalu serius, tetapi bisa membuat orang yang mengalaminya tidak nyaman. Jika kamu memiliki kekeringan parah pada kulit, sebaiknya segera lakukan beberapa tindakan untuk menghidrasi kulit.

Agar tetap kenyal, sehat, dan berfungsi dengan baik, kulit memerlukan air dan minyak alami supaya tetap lembut dan elastis. Kulit adalah lapisan terluar sebagai pelindung tubuh untuk menghentikan berbagai penyakit seperti mikroorganisme, virus, dan bakteri dari luar.

Berikut adalah beberapa gejala kulit kering dari ringan hingga berat:

  • Terdapat bercak pada kulit dan rasa gatal hingga bersisik
  • Kulit terkelupas sendiri dengan tekstur yang kasar
  • Pecah-pecah
  • Terasa menyengat atau terbakar
  • Kehilangan elastisitasnya atau keriput

Penyebab kulit kering

Ada berbagai hal yang menyebabkan kulit kering, mulai dari faktor eksternal hingga internal. Misalnya suhu ruangan, cuaca, kelembapan udara, kurang minum air putih, dan lain-lain. Berikut beberapa penyebab lainnya :

  1. Penggunaan kandungan deterjen berlebih seperti sabun, sampo, dan deterjen yang dibuat untuk menghilangkan minyak kulit. Hal tersebut membuat kulit kehilangan kelembapannya.
  2. Terlalu lama berada di ruangan ber-ac sehingga kulit terasa kering.
  3. Mandi dengan air panas dalam waktu lama atau berendam di air panas juga bisa membuat kulit kering.
  4. Menderita penyakit seperti psoriasis atau eksim dapat mendapatkan kulit kering.
  5. Berenang di kolam terlalu lama karena adanya zat bahan kimia klorin untuk membuat beberapa kolam tetap bersih, dapat membuat kulit kering.
  6. Cuaca seperti selama musim dingin, kelembapan dan suhu udara biasanya turun, sehingga membuat kulit hilang kelembapannya.

Skincare kulit kering

Kulit kering tentunya biasa diatasi dengan beberapa perawatan yang cocok. Kamu bisa memilih skincare dengan 5 kandungan yang bisa memberikan efek super melembapkan dan bisa digunakan untuk pemilik kulit kering ataupun kusam. Berikut beberapa kandungan skincare kulit kering:

1. Glycerin

Kandungan ini sudah banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan, seperti pelembap dan sabun muka. Glycerin juga bisa menjebak dan mempertahankan kelembapan pada kulit lebih banyak.

2. Aloevera

Aloe vera atau lidah buaya mungkin sudah sering didengar, bahan ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat menembus lapisan kulit dalam dengan mudah dan mengembalikan kelembapan kulit dengan meningkatkan pembentukan kolagen serta bisa mencegah penuaan kulit.

3. Ceramide

Ceramide juga merupakan kandungan yang bisa mencegah hilangnya kelembapan pada kulit, mengurangi gejala kulit kering dan bisa meningkatkan kekenyalan kulit. Kandungan ini ada pada banyak produk pelembap kulit.

4. Hyaluronic acid

Tidak kalah dengan kandungan lain, hyaluronic acid juga memiliki manfaat yang sama untuk kulit. Meski bisa dibuat oleh tubuh secara alami, produksi kandungan ini dapat mengurang seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu kulit yang kering juga membutuhkan booster hyaluronic acid.

5. Lactic acid

Kandungan ini merupakan kategori AHA, lactic acid bisa membantu eksfoliasi kulit dengan lembut. Sehingga kulit akan menjadi lebih lembap, bersih dan bercahaya. Selain itu, kulit akan menyerap nutrisi dengan mudah dan menjadi lebih sehat.

Cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam

Kulit wajah yang kering dan kusam biasanya terkelupas dan kemerahan serta tidak bercahaya ketika terkena cahaya. Hal ini dapat diatasi dengan perawatan untuk membuat kulit menjadi lebih sehat, cerah dan lembap. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Lakukan pola hidup sehat, mulai dari makanan dan olahraga
  • Gunakan pembersih wajah yang lembut dan membuat kulit rileks
  • Jangan terlalu kasar ketika membasuh wajah
  • Rutin gunakan sheet mask untuk menghidrasi kulit wajah
  • Gunakan pelembap setiap hari dengan rutin
  • Aplikasikan skincare dengan rutin
  • Istirahat cukup untuk membuat kulit rileks

Kulit kering masuk ke kategori kulit yang tidak sehat karena kurang terhidrasi dengan baik. Kamu bisa melakukan beberapa perawatan dengan menggunakan skincare yang memiliki kandungan untuk membuat kulit menjadi sehat dan mempertahankan kelembapannya.

Reference
Share