Cara membersihkan kuas makeup
Kecantikan dan Kebugaran

Jangan Mager, Ini 6 Cara Membersihkan Kuas Makeup

Putri Aprillia | Januari 7, 2022
Share

Membersihkan peralatan makeup termasuk kuas makeup sangatlah penting. Dengan membersihkan kuas makeup, kita bisa mencegah adanya bakteri penyebab jerawat dan juga iritasi kulit. Untuk ini kamu perlu rajin menerapkan cara yang tepat.

Kamu tak boleh asal cuci saja supaya bersih dan tetap aman digunakan kembali. Nah, bagaimana cara membersihkan kuas makeup? Adakah tips untuk menjaga kebersihan peralatan makeup? Berikut ini penjelasannya.

Bahaya tidak membersihkan kuas makeup

Apakah kamu ingat kapan terakhir kali kamu membersihkan kuas makeup? Jika kamu sudah lama tidak membersihkannya, hal ini dapat memberikan efek buruk. Sebaiknya, kamu menghentikan kebiasaan ini. Pasalnya, penumpukan residu produk pada kuas makeup dapat mempersingkat masa pakainya.

Selain itu, peralatan makeup yang tidak dibersihkan dapat merusak kulit kamu. Kotoran, minyak, dan bakteri yang ada di kuas makeup dapat berpindah ke kulit kamu. Hal ini dapat menyebabkan jerawat, iritasi kulit, dan infeksi.

Kapan harus membersihkan kuas makeup

Sebenarnya seberapa sering peralatan makeup harus dibersihkan? Kamu tidak perlu membersihkannya setiap hari, kok. Namun, kamu perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk membersihkannya.

Kuas yang biasanya kamu gunakan untuk mengaplikasikan foundation dan concealer sebaiknya dibersihkan sekali dalam satu minggu. Sebab, kuas ini digunakan pada wajah, semakin bersih kuasnya, maka semakin baik efeknya untuk wajah. Sedangkan, kuas yang biasanya kamu pakai untuk mengaplikasikan produk di sekitar mata, sebaiknya kamu bersihkan minimal dua kali dalam sebulan.

Risiko pemakaian kuas yang kotor

Kebiasaan memakai kuas makeup yang kotor dapat menimbulkan risiko. Beberapa risiko yang bisa timbul karena kamu menggunakan kuas yang kotor adalah:

Dapat merusak kulit

Ketika kuas makeup sudah digunakan dalam beberapa kali, ada tumpukan kotoran dan residu makeup yang ada di kuas tersebut. Hal ini dapat memicu adanya bakteri dan kuman yang berbahaya. Ketika kamu memakai kuas yang kotor, bakteri dan kumannya dapat berpindah ke kulit kamu dan menimbulkan kerusakan kulit. Selain itu, risiko timbulnya jerawat juga meningkat. Di samping jerawat, hal ini juga dapat menyebabkan rasa gatal dan hasil makeup menjadi kurang rata.

Kuas makeup tidak tahan lama

Kebiasaan jarang membersihkan kuas makeup juga membuatnya mudah rusak. Karena jarang dibersihkan, peralatan makeup cenderung gampang patah dan rapuh. Untuk itu, kamu wajib rajin membersihkannya supaya awet dipakai.

Dapat memicu iritasi kulit

Menggunakan kuas yang kotor bisa mengakibatkan iritasi kulit. Iritasi kulit ini biasanya ditandai dengan timbulnya rasa gatal dan ruam kemerahan. Iritasi kulit ini bisa muncul bukan hanya karena kuman dan bakteri yang bersarang pada kuas makeup, tetapi juga permukaannya yang sudah kasar karena tidak pernah dibersihkan. Akibatnya, kulit wajah jadi mudah terluka.

Cara membersihkan kuas makeup

Sering membersihkan peralatan makeup tidak hanya menjaga kebersihan kulit kamu. Dengan melakukannya secara teratur ternyata dapat membuatnya lebih tahan lama. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan dengan cara yang tepat.

  1. Basahi bulu kuas makeup menggunakan air yang hangat.
  2. Ambil sabun secukupnya ke telapak tangan kamu. Jangan lupa, gunakan sabun yang lembut.
  3. Pijat lembut ujung bulu kuas di telapak tangan kamu.
  4. Bilas secara menyeluruh kuas sampai bersih.
  5. Jika masih basah, keringkan kuas menggunakan handuk bersih.
  6. Biarkan kuas makeup mengering ke bentuk semula.

Tips menjaga kuas makeup tetap bersih

Untuk menjaga kebersihan kuas makeup, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  • bersihkan kuas menggunakan air dan sabun yang lembut. Menggunakan sabun biasa dapat mengeringkan bulu kuas.
  • Ketika mengeringkan kuas, jangan letakkan dalam posisi vertikal. Hal ini dapat menyebabkan bulu kuas mudah rontok.
  • Selain menggunakan sabun yang lembut, kamu juga bisa membersihkannya dengan menggunakan sampo yang lembut. Misalnya, menggunakan sampo bayi dengan formula yang ringan.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kuas makeup. Mulai sekarang, bersihkan kuas makeup kamu secara rutin ya, agar tahan lama dan nyaman digunakan. Jika kuas make up kamu mulai rontok dan kehilangan bentuk awal, maka kamu harus segera membuangnya.

Reference
Share