makanan yang mengandung antioksidan

Pernah mendengar tentang makanan yang mengandung antioksidan? Jenis makanan ini populer dan sering direkomendasikan karena bermanfaat untuk kesehatan. Makanan dengan kandungan senyawa ini dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang banyak terdapat di lingkungan.

Radikal bebas adalah hasil lain dari proses pengolahan makanan yang menjadi energi. Paparan radikal bebas berasal dari udara, makanan dan bahkan reaksi tubuh terhadap suatu bentuk energi. Kamu perlu mengonsumsi makanan antioksidan agar tetap bugar. Yuk simak daftarnya!

Apa itu antioksidan?

Antioksidan merupakan senyawa dengan fungsi menangkal radikal bebas. Tubuh membutuhkan asupan makanan dengan kandungan antioksidan agar dapat memerangi semua jenis radikal bebas. Jenis antioksidan ada 2, yaitu:

  • Endogenous. Jenis antioksidan ini dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh
  • Exogenous. Jenis antioksidan yang perlu didapatkan dari luar, seperti dari makanan

Tubuh cenderung membutuhkan senyawa antioksidan dari luar. Cara kerjanya dengan memberikan elektron pada molekul yang dihasilkan oleh radikal bebas agar dapat menghilangkan atau menetralkan sifat buruknya.

Makanan yang mengandung antioksidan mudah ditemukan pada makanan sehari-hari yang kaya akan vitamin c, vitamin e, flavonoid, antosianin jenis karotenoid seperti beta karoten, lutein, likopen. Sayur dan buah merupakan jenis makanan yang tinggi akan senyawa antioksidan ini.

makanan yang mengandung vitamin C

Manfaat dari antioksidan antara lain:

  • Melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan
  • Menghindari risiko penyakit kanker, jantung hingga mata
  • Menghindari berbagai serangan penyakit degeneratif

Yuk intip daftar makanan apa saja yang mengandung antioksidan di bawah ini.

Kekurangan Vitamin C? Penuhi dengan Makanan yang Mengandung Vitamin C!

Makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Dalam fungsinya sebagai makanan penangkal radikal bebas, senyawa ini dapat mencegah terjadinya efek jangka panjang dari molekul yang berisiko untuk kesehatan. Pilih jenis makanan yang mengandung antioksidan seperti di bawah ini:

Kacang merah

Kacang merah diketahui mengandung antosianin yang berkaitan dengan antioksidan kuat.

Kacang merah selain mudah diolah juga dapat dijadikan berbagai panganan lezat seperti bubur, sup atau es kacang merah.

Terdapat kandungan antioksidan tinggi dalam jenis makanan ini yaitu sekitar 13,727 te (satuan antioksidan).

Buah plum

Buah plum belum terlalu banyak dikonsumsi oleh masyarakat, namun rasanya cukup manis sehingga akan mudah disukai. Buah plum mengandung 4,844 te antioksidan yang dapat memberikan efek menyenangkan untuk tubuh.

Buah beri

Berbagai macam buah beri dikenal memiliki antioksidan tinggi seperti strawberry, blueberry, raspberry dan macam buah beri lainnya. Asam folat dan serat yang dimiliki jenis buah ini juga sangat tinggi sehingga direkomendasikan sebagai makanan super nutrisi.

Almond

manfaat kacang almond untuk kesehatan

Almond merupakan jenis kacang-kacangan dengan kandungan antioksidan tinggi. Kacang ini memiliki kandungan asam ellagic yang membantu kesehatan jantung, diabetes tipe 2 dan berbagai macam gangguan pada organ vital.

Bayam merah

Bayam merah dengan peran antioksidan tinggi juga mengandung senyawa lain seperti vitamin c, betalain, flavonoid dan karotenoid.

Senyawa ini dapat membantu menetralkan racun yang masuk dalam tubuh sehingga dapat terlindung dari berbagai penyakit degeneratif.

Kangkung

Kangkung sering menjadi lauk sehari-hari kebanyakan masyarakat indonesia. Makanan dengan kandungan antioksidan fenolik ini mengandung 6600 iu dalam setiap 100 gramnya. Kangkung juga tinggi vitamin a sehingga sangat direkomendasikan sebagai makanan sehari-hari.

Beras merah

manfaat beras merah untuk diabetes

Beras merah menjadi salah satu makanan pokok pengganti beras putih. Kandungan antioksidannya cukup tinggi sehingga dapat disamakan dengan kandungan nutrisi dalam buah beri.

Minyak zaitun

Banyak orang yang mengenal minyak zaitun sebagai salah satu minyak yang bermanfaat untuk kesehatan.

Minyak dengan kandungan antioksidan tinggi ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Minyak zaitun dapat dicampurkan dengan makanan tumisan atau dengan cara lain.

Cokelat hitam

Cokelat hitam tidak hanya lezat sebagai camilan, namun jenis cokelat ini mengandung antioksidan tinggi dalam melawan risiko jantung. Jenis coklat ini juga membantu kolesterol stabil dibandingkan jenis coklat lainnya.

Selai kacang

Selai kacang banyak dimanfaatkan sebagai toping camilan seperti roti. Dalam selai kacang, terdapat manfaat yang tinggi seperti vitamin e dan menjadi senyawa yang dapat berperan penting dalam menyumbang antioksidan bagi kesehatan.

Ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis umbi yang memiliki antioksidan tinggi. Nutria penting dalam ubi jalar memberikan serat, kalium, vitamin dan vitamin b6.

Kandungan antioksidan tinggi ini dikenal dengan beta karoten yang diubah menjadi vitamin a usai dikonsumsi.

Buah jeruk

Siapa yang tidak suka jeruk? Buah segar asam manis ini mengandung fitokimia dengan kandungan antioksidan tinggi. Buah atau sayur yang berwarna orange seperti wortel juga memiliki nutrisi yang sama. Jeruk dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan jus dan puding buah.

Berapa Kalori Jeruk? Cek Faktanya Di Sini!

Kale

Kandungan dalam kale cukup tinggi nutrisi seperti vitamin a, k dan c. Kale adalah jenis sayur yang bagus untuk kesehatan, sebagai sumber kalsium nabati yang membantu kesehatan dan fungsi tubuh sehari-hari.

Gandum 

Gandum sebagai salah satu biji bermanfaat memang dikenal memiliki antioksidan tinggi. Gandum utuh kaya akan selenium dan seng yang mmebantu jantung tetap sehat serta terhindar dari risiko kanker.

Brokoli

Apakah kamu menyukai brokoli? Sayuran dengan tinggi senyawa fenolik ini merupakan makanan yang mengandung antioksidan. Brokoli dapat membantu mencegah sel kanker berkembang, melindungi organ penting dan melawan stress oksidatif bagi tubuh.

Masih banyak jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti kentang, kemiri, berbagai jenis anggur, teh hijau hingga alpukat. Penuhi kebutuhan makanan tinggi antioksidan untuk membantu mencegah molekul radikal bebas pemicu gangguan kesehatan.

Share artikel ini
Reference