Bagi pasangan yang mendambakan momongan, rahim menjadi penting dijaga kesehatannya. Hal itu karena berbagai masalah dan penyakit yang berkaitan dengan rahim dapat mempersulit keinginan tersebut. 

Salah satu cara menjaga kesehatan rahim yaitu dengan detox rahim. Cara tersebut dianggap dapat mengatasi berbagai masalah hormonal seperti kista, miom, PCOS, dan masalah organ intim lain. Bagaimana detox bekerja dan apa saja tanda detox rahim berhasil? Yuk simak ulasan kali ini, ladies!

Apa itu detox rahim?

Detox rahim adalah metode pembersihan rahim untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Detox ini bagus untuk kesehatan rahim secara keseluruhan.

Menurut American College of Obstetrics and Gynecology bersama dengan American Society for Reproductive Medicine, bahan kimia dari lingkungan yang beracun menjadi paparan paling besar bagai manusia. 

Efek paparan lingkungan yang beracun tersebut dipercaya juga dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi. Sehingga, program hamil yang mereka rencanakan mungkin akan terhambat. 

Munculnya berbagai penyakit reproduksi seperti PCOS, fibroid rahim, kehamilan ektopik, kegagalan ovarium prematur hingga berbagai penyakit reproduksi lainnya dipengaruhi bahan kimia beracun dari lingkungan.

Untuk membersihkan paparan tersebut dan meningkatkan kesuburan, mereka dapat melakukan detox rahim. 

kram haid

Dilansir dari Premama Wellness, detox rahim sangat direkomendasikan bagi wanita yang memiliki masalah hormonal seperti:

Ramuan atau bahan alami menjadi rekomendasi untuk dimanfaatkan sebagai detox rahim karena dinilai lebih alami dan aman. Kandungan dari bahan alami mempunyai efek yang lama. 

Namun metode detox ini dijalankan dengan cara tertentu dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Detox rahim sangat direkomendasikan bagi pasangan yang ingin segera memiliki keturunan.

Nah, bagaimana tanda detox rahim berhasil?

8 Tanda detox rahim berhasil

rahim sehat dan subur

Detox biasanya dilakukan dengan mengonsumsi bahan makanan tertentu selama beberapa waktu, menghindari makanan dengan pengawet dan lebih memilih jenis makanan segar dan alami.

Detox dapat berarti proses pembuangan racun atau toksin. Adapun tanda detox rahim berhasil biasanya ditandai dengan:

  1. Mengalami bab lancar dan sering buang air kecil.
  2. Tidur menjadi lebih nyenyak
  3. Terasa pusing akibat kebiasaan dan pola makan yang berubah sehingga tubuh memerlukan adaptasi saat detox rahim
  4. Menstruasi lebih ringan dan lancar
  5. Sering berdampak pada penurunan berat badan dan tubuh terasa ringan
  6. Perut terasa lebih kenyang dan keinginan ngemil menjadi hilang
  7. Masalah pada wajah berkurang seperti jerawat yang kempes dan mengering
  8. Badan lebih segar dan tidak lagi pegal-pegal

Tanda detox rahim berhasil ini tidak terlepas dari bagaimana kamu melakukan detoksifikasi terhadap tubuh kamu. Bagaimana tips detox rahim agar berhasil?

Tips detox rahim yang aman untuk tubuh

menu makanan sehat

Untuk mengetahui tanda detox rahim berhasil dapat dilakukan dengan cara aman dan alami menurut Natural Fertility, yaitu:

1. Konsumsi hanya makanan sehat

Makanan yang segar dan utuh dapat membantu proses alami detox tubuh sehingga dalam kurun waktu yang panjang akan memengaruhi kesuburan dan kesehatan reproduksi.

Ganti makanan beku, siap saji, pengawet, pewarna atau perasa makanan dengan makanan segar seperti buah, sayur, biji-bijian, lemak sehat, ikan segar dna jenis bahan segar lainnya.

Baca juga: 9 Jenis Makanan Penyubur Kandungan Terbaik untuk Dambakan Momongan

2. Rajin melakukan olahraga

Aktif melakukan olahraga akan membantu detox rahim secara menyeluruh. Proses detox akan lebih maksimal karena organ tubuh bekerja dengan baik dan sehat.

Disarankan kamu yang sedang melakukan detox rahim menerapkan sejumlah olahraga yang melatih kebugaran, mengurangi stress dan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen. 

3. Minum air lemon setiap hari

Cara membuat infused water untuk diet

Air lemon menjadi minuman super sehat yang bisa menjadi detox rahim dan tubuh. Perananan penting dalam detox rahim ini dapat menjaga keseimbangan hormon sehingga bagus untuk kesehatan reproduksi.

Sebaiknya tetap konsumsi air putih agar organ hati bekerja dengan baik, metabolisme lancar dan produksi lendir serviks yang sehat.

Baca juga: Beragam Infused Water untuk Diet, Berikut Cara Membuatnya!

4. Rajin lulur atau peeling

Melakukan peeling atau lulur dapat membantu detox menjadi lebih cepat. Sebagian besar racun dalam tubuh dapat keluar melalui pori-pori kulit yang terbuka.

Detox rahim dengan bantuan lulur atau peeling dapat dilakukan pada pagi atau sore hari saat tak banyak kegiatan di luar rumah.

5. Detox dengan ramuan herbal

Manfaat Jahe Merah untuk Wanita

Ramuan herbal banyak direkomendasikan sebagai bahan untuk detox rahim. Pembersihkan rahim dan tubuh dengan menggunakan bahan alami dapat membantu proses detox menjadi lebih baik.

Banyak pasangan yang berhasil promil dengan detox ramuan alami. Di samping itu, lakukan detox rahim pada pagi hari dan tetap penuhi makanan sehat dan bergizi.

Beberapa bahan alami untuk detox Rahim yang direkomendasikan, antara lain:

  • Jahe
  • Motherwort
  • Marigold
  • Cengkeh
  • Lemon
  • Madu
  • Kayu manis
  • Ketumbar
  • Kapulaga
  • Dong Quai
  • Raspberry
  • Rumput laut

6. Control pikiran dan manajemen stres

Terkadang pikiran yang stress dapat mengganggu proses detoksifikasi rahim dan tubuh. Hindari stress dan kelola stress dengan baik agar mendukung program detox rahim. 

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Tanda Stres pada Ibu Hamil

7. Coba pijat kesuburan

Pijat kesuburan bisa dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke ovarium dan rahim, memperbaiki otot pinggul hingga organ pada area intim.

Terdapat teknik tertentu yang harus dilakukan oleh ahli pijat agar tidak sembarangan dilakukan dan bisa dilakukan dengan benar.

8. Manfaatkan terapi minyak jarak

Terapi dengan minyak jarak dapat dilakukan untuk membantu masalah kesuburan dan rahim. Cara ini mudah dilakukan untuk mempersiapkan rahim menuju kehamilan.

Minyak jarak diketahui dapat meningkatkan kesehatan reproduksi dan mendukung sel telur, tuba falopi, ovarium hingga rahim terbebas dari berbagai masalah reproduksi.

9. Mandi detoksifikasi

Mandi untuk melakukan detoksifikasi juga disarankan agar rahim sehat dan terbebas dari berbagai masalah kesehatan reproduksi.

Terdapat bahan yang direkomendasi untuk mandi detox seperti garam epsom atau magnesium sulfat yang dapat memberikan manfaat luar biasa seperti:

  • Mengatur enzim dalam tubuh
  • Mengurangi peradangan
  • Mendukung fungsi otot dan saraf
  • Meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh
  • Mendukung kemampuan alami tubuh
  • Menghilangkan racun dalam tubuh

10. Mengubah pola diet

Mengonsumsi makanan tepat bergizi dapat menjadi cara ampuh untuk detox rahim. Lakukan diet sehat dan diskusikan dengan dokter gizi agar dapat menjalani diet yang ampuh untuk mendukung kesehatan rahim dan organ reproduksi.

Tubuh yang segar, sehat dan bugar menjadi tanda detox rahim berhasil. Lakukan detox mulai saat ini dengan mengubah pola dan gaya hidup yang lebih sehat agar rahim terbebas dari segala bentuk racun lingkungan.

Share artikel ini
Reference