cuka sari apel

Manfaat kesehatan dari cuka dari sari apel sangat banyak. Kamu mungkin tahu bumbu dapur yang satu ini karena diduga khasiatnya yang tak hanya bisa membunuh kuman dalam makanan, tapi juga menurunkan berat badan.

Cuka apel adalah cairan yang dibuat dengan menumbuk apel dan memeras jusnya. Setelah sari apel diperoleh, maka bakteri dan ragi akan ditambahkan ke dalam cairan untuk memulai proses fermentasi alkohol.

Meski kandungan vitamin dan mineralnya tidak banyak, kandungan cuka apel berupa antioksidan, asam amino, dan potasium, nyatanya sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut manfaat cuka sari apel yang baik untuk kesehatan yang bisa kamu coba konsumsi!

Kandungan cuka sari apel

Merupakan produk yang terbuat dari sari apel yang difermentasi. Produsen membuatnya dengan menumbuk apel dan memeras jusnya. Mereka kemudian menambahkan bakteri dan ragi ke dalam sari apel sehingga terjadi proses fermentasi.

Bakteri dan ragi akan mengubah gula dalam sari apel menjadi alkohol. Selanjutnya bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter) mengubah alkohol menjadi cuka yang mengandung asam asetat, asam galat, katekin, dan senyawa lainnya.

Berbeda dengan bahan bakunya, cuka apel tidak lagi mengandung zat gizi makro yang terdapat pada apel. Meski begitu, berikut kandungan nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari 100 mililiter cuka apel.

  • Kalori: 40
  • Lemak: 0g
  • Natrium: 10.1mg
  • Karbohidrat: 9g
  • Serat: 0g
  • Gula: 8g
  • Protein: 0g

Cuka apel juga mengandung berbagai mineral, yaitu seng (zinc), tembaga, mangan, dan selenium dalam jumlah kecil. Jelas berbeda, dengan kandungan vitamin dari buah apel.

Manfaat cuka sari apel untuk kesehatan

manfaat minum teh

Cuka apel yang biasa digunakan dalam makanan ini ternyata memiliki kandungan yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat cuka dari apel untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan berlebih bukan hanya soal penampilan. Lebih dari itu, kelebihan berat badan merupakan sumber penyakit. bagi kamu yang sedang diet, rutin mengonsumsi sekitar 2-4 sendok makan cuka apel.

Dicampur dengan air, bisa bantu kamu mencapai berat badan impian. Namun, jangan lupa untuk menemani konsumsi cuka dari apel ini dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan yang sehat.

2. Mengontrol kadar insulin

Cuka apel dapat digunakan untuk mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Pada manusia, insulin sebenarnya digunakan untuk mengubah glukosa dalam makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang dapat digunakan untuk beraktivitas.

Namun, kadar insulin yang terlalu tinggi dapat membuat tubuh tidak lagi sensitif terhadap insulin (resistensi insulin). Hal ini kemudian dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

3. Mengontrol kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah tetap normal adalah sebuah kewajiban. Dalam hal ini, cuka sari apel kemudian hadir untuk membantu penderita diabetes ini mengontrol kadar gula darah.

Jika kamu ingin mencobanya, konsumsi cuka dari buah apel pada penderita diabetes sebaiknya dilakukan sebelum makan, dengan mencampurkannya dengan teh.

4. Membuat kulit lebih sehat

Cuka dari buah apel yang dicampur dengan takaran air yang tepat akan mampu mengangkat kotoran di wajah, sehingga kulit tampak lebih bersih dan cerah.

Selanjutnya, penggunaan cuka dari buah apel sebagai toner juga dipercaya mampu meningkatkan skin barrier, mengurangi risiko iritasi, dan mencegah kulit dari infeksi yang berhubungan dengan eksim.

5. Memutihkan gigi

Berkumur dengan cuka apel dapat membuat gigi kamu lebih putih. Namun, pada banyak orang, asam asetat dalam cuka apel yang bersifat korosif dapat mengikis lapisan terluar gigi (enamel) yang berfungsi sebagai pelindung gigi.

Apalagi jika kamu berkumur atau mengonsumsi cuka dari buah apel sesaat setelah menyikat gigi.

Sebaiknya, beri jarak minimal 30 menit untuk mengkonsumsi atau berkumur dengan cuka apel, dan gosok gigi. Jika gigi kamu berubah warna dan menjadi sakit, kamu harus berkonsultasi dengan dokter gigi.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, cuka dari apel bisa bantu kamu untuk melawan pilek dan flu biasa.

Selain itu, juga bisa mencegah virus-virus sial itu dengan mengisi kembali sistem kekebalan kamu dengan dorongan bakteri baik, yang membantu menangkal infeksi.

Apa efek samping cuka sari apel untuk kesehatan?

Cuka yang terbuat dari buah apel aman untuk diminum, tetapi dapat memiliki efek samping bagi sebagian orang. Salah satu efek samping yang timbul dari mengkonsumsi cuka apel secara teratur adalah kerusakan email gigi karena keasamannya.

Minum melalui sedotan atau berkumur setelah mengonsumsi cuka apel dapat membantu mencegah masalah ini. Selain itu, rutin konsumsi 237 ml cuka dari buah apel setiap hari selama bertahun-tahun dapat mengakibatkan kadar kalium darah rendah dan meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

Karena itu, sebaiknya batasi konsumsi cuk ini untuk mengurangi risiko berkembangnya masalah tersebut. Pastikan, kamu jangan konsumsi cuka ini tanpa campuran bahan seperti air, teh, atau salad. Mengkonsumsi secara langsung berisiko menyebabkan kerusakan pada email gigi, kerongkongan, dan lapisan perut.

Tips konsumsi cuka sari apel

minuman isotonik

Tidak ada dosis cuka ini yang disepakati secara universal, dan saran tentang berapa banyak yang harus diambil bervariasi tergantung pada siapa kamu bertanya.

University of Harvard menunjukkan bahwa sebagian besar rekomendasi untuk minum cuka sari apel adalah 1 hingga 2 sdt sebelum atau selama makan.

Sementara University of Washington merekomendasikan bahwa jika kamu mengonsumsi cuka sebagai suplemen, kamu harus mematuhi batas 1 hingga 2 sendok makan setiap kali makan.

Berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi 15 ml cuka apel per hari, yang mengandung sekitar 750 mg asam asetat, dapat merasakan manfaat cuka apel.

Untuk mengurangi risiko efek samping dari penggunaan cuka dari apel, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Kurangi jumlah yang dikonsumsi.
  • Batasi paparan pada kulit.
  • Larutkan cuka apel dalam air, atau gunakan sebagai campuran makanan.
  • Batasi paparan kamu terhadap cuka ini. Untuk menyiasatinya, kamu bisa minum larutan cuka apel, menggunakan sedotan.

Mengkonsumsi cuka apel memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, kamu harus tahu cara minum cuka sari apel dan dosisnya untuk mencegah efek buruk yang bisa ditimbulkan.

Share artikel ini
Reference