Manfaat bubur kacang hijau untuk kesehatan
Hidup Sehat Nutrisi

5 Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Kesehatan, Bisa Melancarkan Pencernaan!

Putri Aprillia | Maret 3, 2022
Share

Bubur kacang hijau merupakan salah satu jenis bubur yang paling mudah temukan. Karena kandungan vitaminnya melimpah, tidak heran jika manfaat bubur kacang hijau juga besar untuk kesehatan.

Bagi kamu yang penasaran apa saja kandungan dan manfaat dari bubur kacang hijau, yuk simak ulasan lengkapnya yang akan membuat kamu makin cinta dengan bubur ini.

Bahan utama bubur kacang hijau

Kacang hijau adalah adalah bahan utama dalam pembuatan jenis bubur nikmat ini. Kacang hijau dapat disebut sebagai tanaman yang dapat menggantikan konsumsi nasi. Tanaman ini banyak dikenal sebagai mung bean, golden gram, green gram dengan nama ilmiah Vigna Radiata.

Kacang hijau pun ternyata tumbuh subur di banyak wilayah dan terus diproduksi di Wilayah Asia Tenggara hingga Amerika Selatan. Tidak heran jika banyak yang menyukai tanaman ini karena memiliki kandungan dan manfaat yang bernilai tinggi. Yuk ketahui kandungan kacang hijau dengan lengkap dan manfaat bubur kacang hijau untuk kesehatan.

Kandungan dalam kacang hijau

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), dalam satu cangkir atau 202g kacang hijau rebus, terdapat nutrisi yang kompleks seperti dalam daftar berikut:

  • 212kkal kalori
  • 0,8 g lemak
  • 4,04mg natrium
  • 38,8g karbohidrat
  • 15,4g serat
  • 4.04g gula
  • 14,2g protein
  • 537 mg kalium
  • 0,32mg tembaga
  • 0,33ng tiamin (B1)
  • 0,83mg asam pantotenat (B5)
  • Karbohidrat

Kandungan dalam kacang hijau ini sangat baik untuk kesehatan dan untuk kamu yang penasaran apakah kacang hijau bagus untuk diet? Berapa kalori kacang hijau?

Kalori bubur kacang hijau

Untuk kamu yang penasaran berapa kalori yang terdapat dalam bubur kacang dapat diketahui berdasarkan cara masak dari kacang hijau itu sendiri. Untuk bubur kacang hijau, dalam 100 gram terdapat 108 kkal kalori, 3,06g lemak, 17,76g karbohidrat dan 3,54g protein.

Sedangkan kandungan dalam kacang hijau yang dimasak baik itu segar, beku atau kalengan, dalam 1 mangkuk kacang hijau terdapat 167 kkal kalori, 4,04g lemak, 25,1g karbohidrat dan 8,55g protein. Semua perhitungan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh sehingga sangat tinggi manfaat dan efeknya untuk kesehatan.

Manfaat bubur kacang hijau

Secara umum, potensi manfaat dari bubur kacang hijau untuk kesehatan antara lain:

Menunjukkan efek antioksidan

Para peneliti menemukan bahwa antioksidan seperti asam linoleate, asam palmitat, dan lain sebagainya dalam kacang hijau mampu menetralkan radikal bebas dan mengurangi resiko paparan penyakit seperti kanker, jantung, dan peradangan kronis.

Membantu menurunkan kadar glukosa darah

Manfaat bubur kacang hijau selanjutnya, yaitu mempunyai efek baik dalam menurunkan kadar glukosa yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes atau penyakit kronis lainnya.

Memiliki sifat antikanker

Beberapa kecambah termasuk kacang hijau memiliki sifat anti kanker yang dapat bertindak sebagai agen antikanker untuk sel-sel manusia.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi menjadi masalah yang serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stoke. Nah, gaya hidup sehat dan seimbang serta rutin konsumsi kacang hijau dapat menurunkan resiko penyakit ini.

Membantu kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi dapat melancarkan pencernaan dan kesehatan usus. Dengan semua nutrisi dan kandungannya tentunya banyak manfaat bubur kacang hijau yang dapat dirasakan tubuh.

Bubur kacang hijau untuk ibu hamil

Manfaat bubur kacang hijau ternyata juga sangat bagus untuk ibu hamil. Kacang hijau dikenal sebagai makanan yang sarat dengan folat. Folat ini memainkan peran kunci dan memiliki manfaat yang dapat dirasakan ibu hamil antara lain:

  • Folat dalam kacang hijau memiliki peran yang besar dalam produksi sel darah merah.
  • Pencegahan cacat tabung saraf seperti spina bifida pada bayi yang sedang berkembang.
  • Kebutuhan zat besi dapat diperoleh dengan konsumsi kacang hijau untuk perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta pada trimester kedua dan ketiga

Kacang hijau ini baik dikonsumsi untuk ibu hamil baik sebagai camilan atau campuran bahan makanan lain. Karena kecambah rentan terkontaminasi dengan bakteri, sebaiknya kacang sudah dicuci bersih, rebus dan dimasak dengan baik sebelum dikonsumsi ibu hamil.

Manfaat bubur kacang hijau untuk balita

Selain untuk ibu hamil, ada beberapa manfaat bubur kacang hijau yang dapat dirasakan untuk anak-anak antara lain:

  • Gizi tinggi untuk pertumbuhan. Sumber vitamin yang melimpah dapat membantu pertumbuhan anak, memperkuat sistem kekebalan dan membantu metabolisme tubuh lebih lancar.
  • Melancarkan pencernaan. Seratnya sangat bagus untuk pencernaan si kecil yang terkadang susah untuk buang air besar.
  • Cegah anemia anak. Zat besi kacang hijau baik untuk anak yang sering lelah karena anemia. Kacang hijau dapat diolah dengan menu yang disukai anak.
  • Memelihara kesehatan tulang. Anak sedang dalam masa pertumbuhan sehingga sangat baik mengkonsumsi kacang hijau yang penuh magnesium.
  • Melebatkan rambut anak. Ibu hamil yang rutin konsumsi kacang hijau dapat memberikan efek rambut lebat pada anak yang dilahirkan.

Saran penyajian bubur kacang hijau yang baik

Memperoleh manfaat bubur kacang hijau tentunya bisa didapat secara penuh jika menyiapkan resepnya dengan baik. Beberapa tips mengolah kacang hijau adalah sebagai berikut:

  • Olahan kacang favorit. Kacang hijau dapat diolah bersama dengan jenis kacang lain agar mudah disiapkan untuk berbagai jenis makanan.
  • Proses memasak kacang. Untuk kacang hijau kering, tambahan air mendidih atau rebus kacang dalam waktu 45 menit. Cek secara berkala pada saat perebusan sehingga memperoleh tekstur yang terbaik dan diinginkan.
  • Jenis resep kacang. Kacang bisa menjadi hambar jika tidak pandai mengolahnya. Kacang hijau rebus dapat dicampurkan dalam makanan seperti sup, kari, dressing salad, dan jenis makanan atau bentuk lain sesuai keinginan masing-masing.

Tidak hanya lezat untuk dijadikan camilan atau pendamping makanan utama, manfaat bubur kacang hijau juga sangat banyak untuk kesehatan. Perhatikan cara mengolah dan konsumsi kacang hijau dengan baik agar manfaatnya dapat maksimal dirasakan, ya!

Reference
Share