Makanan penyubur kandungan

Ladies, saat ini kesuburan menjadi masalah utama bagi pasangan yang ingin memiliki anak. Namun sudah ada banyak cara untuk dapat meningkatkan kesuburan, lho. Salah satunya dengan makanan penyubur kandungan.

Cara meningkatkan kesuburan dengan makanan ini termasuk cara yang alami dan aman untuk dilakukan bersama pasangan. Penasaran apa saja jenis makanannya? Yuk simak di sini daftarnya.

Apa itu makanan penyubur kandungan?

Makanan penyubur kandungan adalah makanan yang tidak hanya menutrisi dan memberikan energi untuk tubuh, namun juga dapat meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan. Jika kesuburan baik, maka akan berpengaruh pada peluang kehamilan yang jauh lebih besar bukan?

Jika sedang merencanakan kehamilan, maka sangat penting menjaga asupan gizi baik itu dari makanan, vitamin, dan suplemen yang sudah direkomendasikan oleh dokter, ya. Tingkat kesuburan juga dipengaruhi oleh nutrisi yang bagus sehingga sangat penting memilih jenis makanan apa yang kamu konsumsi. Jenis makanan ini tentu baik untuk kesuburan kamu dan pasangan.

Masalah kesuburan mempengaruhi 15 persen pasangan yang ingin segera memiliki keturunan. Masalah ini tentu akan menjadi hambatan yang cukup besar. Pilihan makanan dan gaya hidup sangat membantu meningkatkan kesuburan. Apa saja jenis makanan itu?

Jenis makanan penyubur kandungan

Ada beberapa jenis makanan penyubur kandungan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesuburan kandungan. Apa saja jenis makanan tersebut? Yuk simak ulasan berikut!

1. Makanan kaya antioksidan

Jenis makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan adalah makanan dengan antioksidan tinggi. Antioksidan seperti folat dapat mempengaruhi kesuburan menjadi lebih baik, melawana radikal bebas yang merusak sel telur dan sel sperma. Jenis makanannya seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian dengan kandungan Vitamin C, E, Folat, Beta Karoten dan Lutein.

2. Makanan rendah lemak trans

Makan lemak sehat untuk dapat meningkatkan kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan. Lemak trans dikaitkan dengan peningkatan risiko infertilitas ovulasi. Jenis lemak ini ditemukan di minyak nabati dan beberapa makan yang digoreng, produk olahan dan makanan panggang.

3. Rendah karbohidrat

Jika kamu memiliki gangguan hormon pada usia subur atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), maka penting untuk mengurangi karbohidrat. Hal ini dapat menguntungkan wanita penderita PCOS. Diet rendah karbohidrat ini dapat membantu berat badan stabil, mendorong penurunan lemak, mengurangi kadar insulin dan membantu menstruasi menjadi lancar.

4. Rendah karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan yang terdapat dalam minuman manis, biji olahan seperti pasta putih, roti dan nasi harus dikurangi. Karbohidrat ini dapat diserap dengan cepat dan menyebabkan gula darah melonjak. Hal ini tentu kurang baik untuk menyuburkan kandungan.

5. Kaya akan serat

Serat membantu dalam membuang kelebihan hormon dan menjaga keseimbangan gula. Jenis serat tertentu dapat menghilangkan kelebihan estrogen dengan mengikatnya di usus sehingga baik digunakan sebagai makanan penyubur kandungan.

6. Makanan sumber protein hewani

Mengganti sumber protein nabati ke protein hewani dapat meningkatkan kesuburan. Ganti kacang atau biji dengan daging, ikan dan telur akan memberikan dampak yang baik untuk kesuburan yang lebih baik.

7. Produk susu tinggi lemak

Memilih asupan susu tinggi lemak akan meningkatkan kesuburan wanita seperti mengonsumsi susu murni atau yogurt yang penuh lemak.

8. Tambahkan multivitamin

Multivitamin dapat meningkatkan kesuburan karena di dalam vitamin juga mengandung folat yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan peluang kehamilan. Konsultasi dengan dokter kandungan jenis vitamin apa yang sesuai dan bisa memberikan peluang kehamilan lebih tinggi.

9. Kurangi kafein

Meskipun belum jelas bagaimana hubungan antara kafein dengan kesuburan, namun dalam sejumlah study tahun 1997 menyebutkan bahwa wanita yang lebih banyak mengonsumsi kafein 500 mg setiap hari akan membutuhkan waktu sekitar 9,5 bulan atau lebih lama untuk hamil.

Kandungan baik dalam makanan penyubur kandungan

Ladies, untuk mendukung rencana kehamilan, maka sangat penting untuk kamu mengonsumsi asupan gizi terbaik dan mendukung kesuburan ya. Jenis nutrisi dalam makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi antara lain:

  • Protein
  • Karbohidrat kompleks
  • Lemak sehat
  • Multivitamin
  • Kalsium
  • Serat
  • Lemak baik
  • Mineral

Selain itu pola hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan. Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan dalam mengonsumsi makanan peningkat kesuburan?

Tips mengonsumsi makanan penyubur kandungan

Selain mengonsumsi jenis makanan dengan rekomendasi diatas, kamu juga dapat melakukan beberapa tips di bawah ini untuk dapat membantu meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan secara alami:

  • Hindari ikan tinggi merkuri. Jenis ikan ini sangat pantang untuk kamu yang sedang merencanakan kehamilan, ikan dengan kadar merkuri tinggi dapat bertahan di tubuh selama setahun dan dapat membahayakan bagi sistem saraf janin dan perkembangan otaknya.
  • Makanan dan minuman olahan kurang baik untuk dikonsumsi apalagi jika wadah plastik yang dipakai mengandung BPA atau Bisphenol A yang merupakan bahan kimia. Jenis bahan kimia ini dapat mengganggu kesuburan pria dan wanita.
  • Alkohol dapat mengurangi kesuburan sehingga mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan risiko kesulitan dalam memiliki keturunan.
  • Dalam Jurnal Epidemiology, minum soda dapat menurunkan fertilitas atau kesuburan pada pria dan wanita sehingga penting untuk menghindari jenis minuman ini.
  • Makanan dengan kandungan lemak trans buruk untuk kesehatan dan dapat meningkatkan risiko gangguan ovulasi. Makanan cepat saji banyak mengandung lemak trans sehingga perlu dihindari oleh pasangan yang sedang program hamil atau ingin menyuburkan kandungan.

Makanan penyubur kandungan saat ini mudah ditemukan dan dikonsumsi. Makanan jenis ini dapat membantu meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan jika sedang merencanakan kehamilan, ya ladies!

Share artikel ini
Reference