stres pada ibu hamil

Kehamilan membuat perbedaan besar dalam keadaan fisik dan emosional. Perubahan tersebut seringkali menimbulkan perasaan cemas dan stres. Ciri-ciri stres pada ibu hamil bisa ditandai dengan beberapa gejala, seperti sering menangis dan sebagainya.  

Nah, stres yang berlebihan selama kehamilan dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin  dalam kandungan. Oleh karena itu, kamu harus tahu apa saja ciri-ciri stres pada ibu hamil dan bagaimana cara mengatasinya.

Ciri-ciri stres pada ibu hamil

Kondisi mental ibu hamil sama pentingnya dengan kesehatan fisiknya. Pasalnya, kondisi mental yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan.

Termasuk jika ibu hamil sedang mengalami stres. Berikut ini ciri-ciri stres pada ibu hamil. 

1. Sering menangis

Perubahan hormon selama kehamilan  membuat ibu hamil lebih sensitif dan lebih mudah menangis untuk mengekspresikan emosinya.

Hal ini biasanya  wajar, tetapi suami dan orang yang dicintai perlu menemani ibu hamil agar ia tetap merasa lebih aman dan nyaman.

2. Nafsu makan menurun

Nafsu makan biasanya akan bertambah seiring berjalannya waktu dalam masa kehamilan. Jika terjadi penurunan selera makan secara tiba-tiba, bisa jadi hal ini merupakan ciri-ciri stres pada ibu hamil.

Kita perlu mencari tahu penyebabnya karena turunnya nafsu makan dapat berakibat kurang baik bagi kesehatan janin, karena janin memerlukan gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Jika selera makan ibu hamil tidak kunjung membaik, segeralah bawa ibu hamil ke dokter.

3. Mengabaikan kesehatan janin

Akibat stres berat, ibu hamil bisa saja mengabaikan kesehatan janinnya. Jika dibiarkan, hal ini akan menghambat perkembangan janin dan menimbulkan berbagai risiko tidak hanya bagi ibu tetapi juga janin.

4. Suasana hati yang berubah-ubah

Ciri-ciri stres pada ibu hamil juga ditandai dengan  perubahan suasana hati yang dramatis atau mood swing. Keadaan hipersensitivitas yang konstan atau emosi yang tidak terkendali dapat merusak kesehatan janin dan ibu.

Penyebab stres pada ibu hamil

ibu hamil susah tidur malam apa solusinya

Jika ibu hamil menunjukkan tanda-tanda stres selama kehamilan,  penting bagi suami dan orang terdekatnya untuk menemukan penyebab stres pada ibu hamil.

Dengan menyelidiki penyebabnya,  pengobatan lebih mudah dilakukan. Nah, apa saja sih penyebab stres pada ibu hamil yang umum terjadi?

1. Cemas berlebihan tentang kehamilan

Kecemasan tentang kehamilan sering terjadi pada ibu hamil, terutama yang baru pertama kali menjalani masa kehamilan.

Hal ini ditandai dengan ketakutan tidak menjadi orang tua yang baik bagi anak, ketakutan akan keguguran, ketakutan tidak bisa merawat bayi, dan ketakutan berlebihan lainnya.

Ini adalah perasaan yang wajar selama kehamilan, tetapi hal ini tidak bisa dibiarkan terus-menerus. Segera berkonsultasi dengan dokter jika hal ini terjadi.  

Baca juga: Kenali Kondisi Cemas Berlebihan dan Efeknya Pada Tubuh!

2. Tekanan ekonomi

Tekanan ekonomi dapat menyebabkan stres pada ibu hamil. Biaya melahirkan dan mengasuh anak yang tidak bisa dibilang murah bisa menjadi beban  bagi calon ibu.

Jika stres karena alasan tekanan ekonomi terjadi pada ibu hamil, suami dan orang-orang terdekat dianjurkan untuk sering mengajak ibu hamil berbicara dan mencoba memastikan bahwa semua akan baik-baik saja.

3. Tekanan dari orang-orang terdekat

Tanpa disadari, orang-orang yang dekat dengan ibu hamil, seperti teman, keluarga, dan tetangga, mungkin mengatakan atau melakukan hal-hal yang mengganggu ibu hamil.

Mungkin kata-kata dan tindakan ini tidak dimaksudkan untuk menyakiti hati ibu hamil, tetapi tetap dapat membuatnya tertekan. 

Beberapa di antaranya seperti komentar tentang bentuk tubuh ibu hamil, bentuk perut yang ‘tidak sempurna’, makanan yang dimakan, dan sebagainya. Ibu hamil membutuhkan dukungan dan afirmasi positif untuk menghindari kondisi stres karena hal ini.

4. Hormon

Perubahan hormon juga menjadi penyebab munculnya ciri-ciri stres pada ibu hamil. Perubahan hormon ini bisa membuat ibu hamil lebih sensitif, mudah tersinggung, frustrasi, dan lebih mudah menangis.

Tips atasi gejala stres pada ibu hamil

tips senam hamil

Memang wajar jika ibu hamil merasa stres, tapi hal ini perlu dikelola dengan baik. Nah, bagaimana cara mengatasi stress pada ibu hamil?

1. Fokus pada diri sendiri

Jika kamu adalah seorang ibu hamil, kamu sebaiknya mulai fokus pada diri dan kesehatanmu. Kamu bisa fokus pada makanan lezat atau hal-hal kecil seperti gerakan janin menendang perutmu.

Jika kamu fokus pada sesuatu yang menarik, kamu akan lebih mudah membangun hubungan dengan bayi yang belum lahir. Sensasi ini membantumu mengontrol stres dengan lebih baik selama kehamilan.

2. Ikut yoga atau senam prenatal

Coba ikut latihan senam prenatal untuk membantumu fokus pada kondisi mental dan fisikmu beserta kondisi kesehatan janin.

Yoga selama kehamilan adalah olahraga yang baik bagi ibu hamil untuk bisa tetap aktif dan dapat mengurangi rasa sakit saat persalinan. Biasanya, ada sesi meditasi di akhir kelas yoga untuk membantu menghilangkan stres.

3. Berusaha tetap tenang

Setiap ibu hamil memiliki cara unik untuk menenangkan pikiran mereka yang lelah. Pilihlah cara yang kamu sukai, seperti mendengarkan musik, berjalan-jalan santai, duduk di taman, atau sekedar berbicara dengan teman dekat.

4. Curhat dengan ibu hamil lain

Terkadang berbagi cerita dan pengalaman selama masa kehamilan dengan ibu hamil lain dapat membantu menghilangkan stres.

Di sini kamu diingatkan lagi untuk tidak merasa sendiri karena ternyata ada orang lain yang mengalami hal yang sama sepertimu.

5. Mencari dukungan keluarga

Faktor yang sangat membantu ibu hamil dalam mengelola stres adalah dukungan yang mereka terima dari keluarga, teman, dan orang-orang di sekitarnya.

Dukungan ini sangat diperlukan agar ibu tetap bahagia dan terhindar dari stres. Hindari pertengkaran kecil dengan orang-orang di sekitar agar tidak semakin membebani pikiranmu.

6. Konsultasi dengan ahli

Jika stres terjadi terus-menerus, cobalah untuk konsultasi dengan ahli agar kamu bisa tahu bagaimana cara mengatasi stres yang kamu alami, terutama jika stres yang kamu alami mulai mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Tidak hanya pada dokter kandungan, kamu bisa konsultasi dengan psikiater atau psikolog.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri stres pada ibu hamil yang perlu kamu ketahui dan bagaimana cara menanganinya. Yuk, share artikel ini kepada keluarga atau temanmu yang sedang dalam masa kehamilan!

Share artikel ini
Reference