kalori kelengkeng

Siapa sih yang tidak suka dengan buah kelengkeng? Rasanya manis dan bikin nagih. Namun, karena ukurannya yang kecil dan rasanya yang enak kadang bikin gak sadar jika sudah mengkonsumsi kelengkeng dalam jumlah yang banyak. Tapi, kamu tahu belum sih berapa kalori kelengkeng? Jangan sampai kebablasan mengkonsumsi kalori berlebih, yah!

Yuk, ketahui kalori kelengkeng, manfaat hingga cara mengkonsumsinya dalam ulasan berikut ini. 

Berapa kalori kelengkeng?

Dalam setiap 100 gram buah kelengkeng mengandung 60 kalori. Namun, bukan hanya mengandung kalori, dalam 100 gram buah kelengkeng juga mengandung:

Karbohidrat: 15,14 g

Protein: 1,31 g

Serat: 1,10 g

Lemak: 0,10 g

Vitamin C : 84 mg (140% DV)

Kalium: 266 mg (7,6% dari DV)

Fosfor: 21mg (2,1% dari DV)

Tembaga: 0,17 mg (8,5% dari DV)

Mangan: 0,05 mg (2,6% dari DV)

Besi – 0,13 mg atau 0,7%

Sebenarnya Berapa Kalori Salad Buah, Apakah Menyehatkan?

Manfaat makan kelengkeng

makanan untuk penderita gula darah tinggi

Setelah mengetahui kalori kelengkeng, kamu juga perlu tahu jika ternyata buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan memori

Buah lengkeng bersifat nootropik dimana ekstrak buah ini dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Bahkan, dalam pengobatan tradisional Tiongkok, toni buang kelengkeng digunakan untuk mengatasi kecemasan.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Buah kelengkeng mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah timbulnya tanda penuaan dini. Buah yang satu ini juga membantu dalam pembentukan kolagen guna membentuk sel-sel kulit baru sehingga kesehatan kulit menjadi lebih terjaga.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Ekstrak buah kelengkeng dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan. Dengan berkurangnya hormon stres, maka durasi dan kualitas tidur juga lebih terjaga. Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa buang yang satu ini memiliki kontribusi dalam kecepatan dan waktu tidur. 

4. Meningkatkan imunitas

Kelengkeng memiliki sifat anti-mikroba yang kuat sehingga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Buah ini juga mengandung vitamin C yang mengurangi efek radikal bebas.

Ini Dia Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Kamu Saat Puasa

5. Meningkatkan libido

Kelengkeng kerap dijadikan sebagai cara tradisional untuk meningkatkan gairah seks. Buah ini dikatakan dapat meningkatkan stamina dan libido. Bahkan, dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa kelengkeng berperan dalam mengobati disfungsi ereksi dan menjaga kesehatan seksual.

6. Mencegah anemia

Kelengkeng memiliki kandungan zat besi yang baik untuk mencegah anemia. Kekurangan zat besi diketahui meningkatkan risiko anemia. Ini sebabnya, mengkonsumsi kelengkeng dalam merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah.

7. Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Kandungan antioksidan pada kelengkeng dapat melawan radikal bebas yang berbahaya. Dengan begitu, kerusakan sel dapat dicegah dan dapat mengurangi berbagai risiko berkembangnya penyakit kronis.

9. Penambah energi

Buah kelengkeng memiliki kandungan gula yang dapat membantu tubuh menambah energi. Kamu bisa konsumsi buah ini untuk mendapatkan energi kamu kembali. 

Apakah kelengkeng mengandung kadar gula tinggi

Meskipun memiliki banyak manfaat namun jangan mengkonsumsi kelengkeng terlalu banyak. Meskipun kelengkeng dapat menambah energi, namun kandungan gulanya cukup tinggi. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Dalam 100 gram kelengkeng mengandung 65 gram gula. Oleh karena itu, mengkonsumsi kelengkeng baiknya dihindari oleh orang dengan diabetes. Selain kandungan gula yang tinggi dan kelengkeng juga memiliki kandungan serat yang rendah dengan begitu buah ini dapat meningkatkan kadar glukosa darah relatif cepat. 

Cara terenak makan kelengkeng

Sebenarnya kelengkeng sudah enak dengan dikonsumsi secara langsung. Namun, kamu bisa kreasikan kelengkeng dengan berbagai makanan sehingga rasanya menjadi lebih lezat dan kamu juga tidak mudah bosan.

Berikut cara menikmatinya:

1. Simpan di freezer atau kulkas. 

Menyimpan kelengkeng di freezer atau kulkas dapat membuat rasa kelengkeng menjadi lebih enak dan menyegarkan. 

2. Jadikan salad

Rasa manis dan segar dari kelengkeng cocok sekali untuk melengkapi salad sehingga rasanya akan lebih enak. 

Sebenarnya Berapa Kalori Salad Buah, Apakah Menyehatkan?

3. Jadikan smoothie

Kamu bisa campurkan kelengkeng, santan dan pisang lalu blender semua bahan tersebut. 

4. Buat kelengkeng jadi minuman menyegarkan

Kamu juga bisa menjadikan kelengkeng sebagai minuman yang menyegarkan. Kamu bisa campurkan kelengkeng beku dan soda. Rasanya akan sangat menyegarkan terutama jika kamu meminumnya di siang hari. 

Itulah ulasan mengenai kalori kelengkeng, manfaat hingga cara mengkonsumsi kelengkeng supaya rasanya lebih lezat. Apa, kamu tertarik untuk mencoba mengkonsumsi kelengkeng dengan cara di atas?

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference