Ganti Pembalut sebaiknya berapa kali sehari

Mengganti pembalut saat menstruasi penting dilakukan untuk menjaga kesehatan area wanita. Ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali juga salah satu pertanyaan yang kerap diajukan, apalagi jika menstruasi pertama kali.

Tidak hanya berapa kali menggantinya saat menstruasi, akan tetapi kebersihan pembalut dan cara merawat Miss V juga sama pentingnya. Yuk, ketahui berapa kali sebaiknya pembalut diganti saat menstruasi!

Bagaimana cara menjaga kebersihan pembalut?

Menjaga kebersihan pembalut baik untuk kesehatan area wanita sehingga penting untuk diterapkan selama menstruasi. Lalu, bagaimana caranya?

  • Pembalut sekali pakai hanya dipakai sendiri dan tidak untuk dipakai oleh orang lain secara bergantian.
  • Pembalut sekali pakai yang sudah bekas bisa dimasukkan ke dalam plastik dan buang ke tempat sampah.
  • Jika memakai pembalut cuci pakai, pembalut ini bisa digunakan berkali-kali setelah dicuci dengan bersih dan dijemur di bawah sinar matahari.
  • Ganti pembalut 4-6 jam sekali tergantung seberapa deras darah menstruasi yang keluar.
  • Pakai jenis pembalut sesuai keinginan, seperti pembalut sekali pakai, pembalut cuci pakai, tampon atau menstrual cup. Bersihkan dengan hati-hati sesuai jenis pembalutnya.

Ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali juga penting diketahui agar kamu bisa memperkirakan seberapa sering mengganti pembalut lama dengan yang baru.

Ciri-Ciri Pembalut yang Aman dari Klorin

Ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali?

The American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) merekomendasikan untuk mengganti pembalut sedikitnya 4 hingga 6 jam sehari. Tentunya berapa kali ganti pembalut ini bisa disesuaikan dengan banyak tidaknya darah haid dan jenis pembalut yang digunakan, serta kenyamanan saat memakainya.

Kapan sebaiknya mengganti pembalut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Saat daya tampung saat menstruasi deras

Biasanya darah menstruasi akan mengalir deras pada hari pertama atau kedua. Pada saat ini, sebaiknya kamu sering mengecek kondisi pembalut yang kamu gunakan. Meskipun belum 6 jam, jika kamu merasa daya tampung pembalut sudah lebih banyak, maka segera ganti, ya.

2. Merasa tidak nyaman

Wanita tentu merasakan tanda tidak nyaman saat menstruasi dan menggunakan pembalut. Kamu bisa ganti pembalut saat rasa tidak nyaman itu muncul. Biasanya pembalut yang baru akan lebih menenangkan dan membuat gerak lebih nyaman.

3. Saat bocor

Ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali bisa dilakukan saat mengalami kebocoran. Saat bocor, kamu harus segera mengganti pembalut, ya. Kebocoran bisa menyebabkan pakaian atau celana kamu juga ternodai dengan darah. Segera rendam dan ganti pembalut meskipun hanya bocor karena tidak pas saat memakainya.

4. Pada saat ke toilet

Pada saat ke toilet untuk buang air kecil atau buang air besar, kamu dapat mengecek kembali apakah pembalut masih layak untuk dipakai. Sering kali pembalut terasa lebih lembap dan tidak nyaman untuk dipakai kembali sehingga kamu bisa menggantinya.

5. Cuaca panas

Cuaca panas dapat membuat area wanita menjadi ikut lembap dan tidak nyaman. Cuci dan keringkan vagina saat menstruasi dan ganti pembalut baru agar lebih nyaman beraktivitas. Ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali mungkin akan lebih sering terjadi saat siang hari dan saat cuaca tidak terprediksi.

6. Saat hendak memulai rencana bepergian

Pada saat pergi, sering kali kamu tidak menemukan toilet atau ruang ganti untuk mengganti pembalut. Maka dari itu, lebih baik sebelum pergi, ganti pembalut baru terlebih dahulu sehingga akan tetap nyaman saat perjalanan atau melakukan agenda.

Jangan lupa juga menyimpan dan membawa pembalut maupun pantyliner jika sewaktu-waktu perlu menggantinya di tengah perjalanan. Kamu bisa membawa Yoona Starter Kit saat tengah bepergian agar lebih praktis dibawa ke mana-mana.

Starter Kit Yoona pembalut organik pantyliner

Starter kit tidak hanya berisi pembalut, tetapi juga pantyliner yang bisa kamu gunakan jika aliran darah haidmu tinggal sedikit ataupun saat tiba-tiba mengalami keputihan dan flek.

Terbuat dari 100% organic cotton, produk Yoona yang satu ini nyaman digunakan saat bepergian dan bebas iritasi. Yuk, coba starter kit sekarang untuk menemani setiap momen traveling kamu!

Haruskah sering mengganti pembalut saat malam hari?

Apakah wanita harus sering mengganti pembalutnya saat malam hari? Ini bisa disesuaikan dengan volume dari darah menstruasi itu sendiri. Sebenarnya tidak masalah jika kamu tidur kurang dari 12 jam dan hanya mengganti sekali saja saat sebelum tidur. Ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali saat malam hari juga penting diperhatikan agar tetap nyaman.

Mengganti pembalut saat malam hari bisa disesuaikan saat kamu merasa kebocoran atau daya tampung pembalut yang membuat tidak nyaman. Untuk mencegah sprei atau kasur kamu terkena darah, kamu bisa menggunakan perlak bayi atau selimut selama menjalani masa menstruasi sehingga tidak perlu mencuci sprei karena noda darah.

Apakah Boleh Mengganti Pembalut di Tengah Malam?

Kapan mengganti pembalut kain dalam sehari?

Jenis pembalut yang sering digunakan selain sekali pakai adalah pembalut kain. Jenis pembalut ini memiliki bantalan lembut terbuat dari kain kasa dan kapas. Pembalut ini disebut sebagai reusable pad atau pembalut yang dapat digunakan berulang kali dan dalam jangka waktu yang lama.

Ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali saat menggunakan pembalut kain? Aturannya sama saja. Kamu bisa menggantinya 4-6 jam sehari dan setelah terpakai, pembalut harus segera dicuci dengan bersih dan jemur di bawah sinar matahari.

Jenis pembalut kain atau pembalut lain tentu harus tetap diganti secara rutin, apalagi saat menstruasi sedang banyak-banyaknya. Apa yang terjadi saat pembalut jarang diganti?

Apa yang terjadi jika pembalut jarang diganti?

Aturan ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali tidak hanya berguna untuk mencegah kebocoran saja lho ladies, namun waspadai juga beberapa dampak buruk jika kamu tidak mengganti pembalut, yaitu:

  • Timbul bau tidak sedap. Darah yang tertampung semakin banyak akan bercampur dengan lemak darah dan keringat. Jika pembalut tidak diganti, maka lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap dan menyengat.
  • Infeksi bakteri dari darah. Darah yang tertampung dapat terkontaminasi bakteri dan menimbulkan beragam infeksi. Jika tidak ingin mengalami ini, rajin-rajinlah dalam mengganti pembalut saat menstruasi.
  • Kesehatan organ intim terganggu. Menjaga kesehatan organ intim juga bisa didukung dengan rutin mengganti pembalut yang kamu gunakan. Ingat selalu untuk membersihkan Miss V secukupnya dan keringkan segera sebelum mengganti pembalut yang baru.

Mengganti pembalut dengan rutin bisa turut menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim wanita. Tentukan kapan waktu ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali setiap harinya saat menstruasi sehingga tidak menimbulkan masalah pada organ kewanitaan.

Share artikel ini
Reference