perjalanan jarak jauh

Portrait beautiful young asian woman with luggage travel bag with passport and boarding pass ticket on yellow isolated background

Melakukan perjalanan jarak jauh saat menstruasi menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para perempuan. Mengapa? Karena gejala yang muncul ketika haid bisa mengganggu kenyamanan ketika bepergian, seperti sakit perut atau sakit kepala.

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika mengalami hal ini. Jangan sampai perjalanan menyenangkan terganggu karena menstruasi. Perencanaan yang lebih matang bisa membantu kamu mengatasi gejala menstruasi dan hal lain di luar dugaan.

Apa itu perjalanan jarak jauh?

Perjalanan jarak jauh bisa berupa liburan, wisata, perjalanan dinas atau hal lainnya yang jaraknya cukup jauh dari tempat kamu tinggal. Hal seperti ini biasanya perlu direncanakan jauh-jauh hari dan perlu persiapan dan dana yang tidak sedikit.

Perjalanan yang jauh bagi wanita terkadang akan terasa agak merepotkan, mengingat banyaknya barang keperluan wanita yang harus dibawa. Terlebih jika perjalanan jauh dilakukan saat sedang mengalami haid dan kelabilan emosi. Kamu mungkin akan kewalahan menghadapi situasi tersebut.

Tips perjalanan jarak jauh untuk wanita

Beberapa tips perjalanan jarak jauh ketika haid bisa kamu ikuti, supaya perjalanan kamu bisa berlangsung dengan aman dan nyaman. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan jauh sendiri atau solo travelling. Berikut tipsnya:

  • Membuat rencana terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan dengan menentukan tempat tujuan, kendaraan yang akan dinaiki, barang bawaan, obat-obatan dan pakaian.
  • Sebaiknya kabari orang-orang terdekat sebelum melakukan perjalanan, lebih bagus jika kamu share location pada teman atau orang terpercaya. Untuk berjaga-jaga jika ada situasi yang darurat.
  • Ketika dalam perjalanan, sebaiknya jangan sampai orang tahu bahwa kamu sedang sendirian. Untuk menghindari orang-orang yang berniat melakukan kejahatan.
  • Jangan menyimpan barang berharga pada satu tempat, seperti uang tunai, KTP, handphone. Sebaiknya sebarkan di beberapa tempat dan di beberapa tas yang kamu bawa.
  • Selalu waspada dan perhatikan lingkungan sekitar. Jangan gunakan handphone terlalu sering di depan umum.

Apa saja yang harus disiapkan untuk perjalanan jarak jauh?

Ketika berkemas untuk bepergian, kemaslah barang-barang penting di dalam tas atau wadah yang aman. Tempatkan barang-barang yang sering kamu gunakan di tempat yang mudah di raih dan gunakanlah tas yang bisa membuat kamu bergerak bebas.

Yuk, persiapkan beberapa hal ini:

  • Dokumen perjalanan seperti paspor, KTP, SIM, tiket pesawat atau kereta.
  • Pakaian yang akan digunakan dan nyaman seperti celana quick dry, pakaian yang tidak mudah kusut, dan pakaian untuk mandi.
  • Barang-barang pribadi seperti sisir, sikat gigi, jepit rambut, obat-obatan dan yang lainnya.
  • Barang untuk keperluan teknis seperti senter, adaptor, power bank, kabel usb.

Perjalanan jarak jauh saat menstruasi

Meskipun menstruasi bisa diprediksi, tetap saja tidak akan selalu tepat sehingga setiap perempuan pastinya harus mempersiapkannya dari hari-hari sebelumnya. Kamu harus bisa memperkirakan apakah tanggal dan waktu keberangkatan kamu sesuai dengan siklus haid.

Jika tempat tujuanmu luar negeri, sebaiknya kamu mengemasi pembalut yang biasa kamu gunakan beserta dengan obat-obatannya. Bisa saja tidak ada yang menjual pembalut yang biasa kamu gunakan di tempat tujuanmu, kan?

Bagi perempuan, tak ada salahnya membawa satu paket pembalut yang menjadi favorit kamu. Ini juga untuk meminimalkan kemungkinan alergi saat kamu memakai pembalut yang beli di tempat tujuan.

Jika momen keberangkatan kamu bertepatan dengan masa haid, pilih pembalut yang memberikan kenyamanan dan keamanan. Misalnya, pembalut organik dengan bahan-bahan yang aman untuk area intim kamu.

Pembalut organik yang terbuat dari 100% organic cotton juga membuat area intim tetap kering dan nyaman untuk bepergian. Pilih juga pembalut dengan teknologi anion strip sehingga bau bakteri bisa tersamarkan.

Hal yang harus diperhatikan ketika perjalanan jarak jauh saat menstruasi

Selain mengemasi barang-barang yang mungkin kamu perlukan ketika bepergian, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan juga ketika melakukan perjalanan jarak jauh saat menstruasi. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  1. Siapkan produk menstruasi yang biasa kamu gunakan.
  2. Bawalah perlengkapan darurat seperti tisu basah, kantong plastik, pembalut (jika perlu sebagai cadangan).
  3. Membawa celana dalam lebih. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi saat menstruasi di tengah liburan, sehingga membawa persediaan celana dalam akan membuatnya lebih higienis dan juga membuat kamu tenang.
  4. Persiapkan barang atau obat untuk PMS, seperti botol penghangat dan obat pereda nyeri.
  5. Rencanakan tempat-tempat yang mau kamu kunjungi, karena beberapa tempat mungkin tidak memperbolehkan perempuan yang sedang haid untuk berkunjung.
  6. Lakukan olahraga ringan di sela-sela liburan. Olahraga ringan diketahui dapat membantu mengurangi kram dan meredakan nyeri haid, jadi cobalah yoga selama 15 menit, jogging untuk membantu menghilangkan kram
  7. Jangan panik saat darah mens keluar secara berlebihan dan kamu juga merasakan kram perut.
  8. Sebaiknya hindari penggunaan celana yang ketat seperti skinny jeans. Gunakan celana yang longgar dan nyaman untuk kulit bernapas.
  9. Pilih makanan yang bernutrisi. Saat berlibur kamu mungkin tergoda mencoba banyak makanan, tapi coba untuk menjauhi beberapa makanan yang bisa meningkatkan nyeri haid, ya.
  10. Jika sakit beristirahatlah. Jangan terlalu ambisius untuk mengunjungi banyak tempat saat berlibur. Toh, tujuan kamu berlibur untuk relaksasi. Jadi, jika nyeri haid tak tertahankan, sah-sah saja untuk diam dan istirahat di hotel.

Melakukan perjalanan jarak jauh ketika sedang menstruasi memang hal yang sangat mengganggu kenyamanan. Kamu bisa melakukan persiapan sedini mungkin untuk mengantisipasinya, supaya perjalanan kamu bisa berlangsung dengan lancar dan meraih menyenangkan.

Share artikel ini
Reference