tips perjalanan jarak jauh saat menstruasi

Melakukan perjalanan jarak jauh saat menstruasi menjadi tantangan tersendiri bagi para wanita. Alasannya, selain karena merasa tidak nyaman, juga ada rasa khawatir jika tembus.

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika harus melakukan perjalanan jarak jauh atau traveling saat menstruasi. Jangan sampai perjalanan menyenangkanmu menjadi terganggu. Perencanaan yang matang bisa membantumu mengatasi gejala menstruasi dan hal lain di luar dugaan.

Apa itu perjalanan jarak jauh?

Perjalanan jarak jauh bisa berupa liburan, wisata, perjalanan dinas atau hal lainnya yang jaraknya cukup jauh dari tempat kamu tinggal. Hal seperti ini biasanya perlu direncanakan jauh-jauh hari dan perlu persiapan dan dana yang tidak sedikit.

Perjalanan yang jauh terkadang akan terasa agak merepotkan, mengingat banyaknya barang keperluan yang harus dibawa. Terlebih jika perjalanan jauh dilakukan saat sedang mengalami haid dan kelabilan emosi. Kamu mungkin akan kewalahan menghadapi situasi tersebut.

Tips perjalanan jarak jauh saat menstruasi

cara menjaga vagina tetap bersih saat mudik travelling saat menstruasi

Selain mengemasi barang-barang yang kamu perlukan ketika bepergian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga ketika traveling atau melakukan perjalanan jarak jauh saat menstruasi. Misalnya, jangan sampai darah haid tembus.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  1. Siapkan barang-barang yang perlu dan biasa kamu gunakan.
  2. Bawalah perlengkapan darurat, seperti tisu basah, kantong plastik, dan pembalut (jika perlu sebagai cadangan).
  3. Membawa celana dalam lebih. Yup, kita tidak pernah tahu yang akan terjadi saat menstruasi di tengah liburan sehingga membawa persediaan celana dalam akan membuatmu lebih tenang.
  4. Persiapkan barang atau obat, seperti botol penghangat dan obat pereda nyeri.
  5. Rencanakan tempat-tempat yang mau kamu kunjungi karena beberapa tempat mungkin tidak memperbolehkan wanita yang sedang haid untuk berkunjung.
  6. Lakukan olahraga ringan di sela-sela liburan. Olahraga ringan dapat membantu mengurangi kram dan meredakan nyeri haid. Cobalah lakukan yoga atau jogging selama 15 menit untuk membantu menghilangkan kram.
  7. Jangan panik saat darah keluar secara berlebihan dan saat merasakan kram perut.
  8. Sebaiknya hindari penggunaan celana yang terlalu ketat.
  9. Usahakan untuk memilih makanan yang bernutrisi. Saat berlibur, kamu mungkin tergoda mencoba banyak makanan, tapi usahakanlah untuk menjauhi beberapa makanan yang bisa meningkatkan nyeri haid, ya.
  10. Jika sakit, beristirahatlah. Jangan terlalu ambisius untuk mengunjungi banyak tempat saat berlibur. Toh, tujuanmu berlibur untuk relaksasi. Jadi, jika nyeri haid tak tertahankan, sah-sah saja untuk diam dan istirahat di hotel.

Melakukan perjalanan jarak jauh saat menstruasi bisa membuatmu kurang nyaman. Lakukanlah persiapan sedini mungkin untuk mengantisipasinya agar perjalanan kamu bisa berlangsung dengan lancar dan menyenangkan.

Haid saat Mudik? Jangan Panik, Ini Cara Menjaga Vagina Tetap Bersih!

Tips solo traveling untuk wanita

lelah setelah mudik

Kamu bisa melakukan tips di atas saat sedang haid supaya perjalanan bisa berlangsung dengan aman dan nyaman. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan jauh sendiri atau solo traveling.

Selain itu, perhatikan juga tips perjalanan jarak jauh jika harus bepergian sendiri (solo traveling) khusus untuk wanita berikut ini:

  • Buatlah rencana terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan dengan menentukan tempat tujuan, kendaraan yang akan dinaiki, barang bawaan, obat-obatan dan pakaian.
  • Sebaiknya kabari orang-orang terdekat sebelum melakukan perjalanan. Lebih bagus lagi jika kamu share location pada teman atau orang tepercaya untuk berjaga-jaga jika ada situasi yang darurat.
  • Ketika dalam perjalanan, sebaiknya jangan sampai orang tahu bahwa kamu sedang sendirian. Untuk menghindari orang-orang yang berniat melakukan kejahatan.
  • Jangan menyimpan barang berharga pada satu tempat, seperti uang tunai, KTP, handphone. Sebaiknya sebarkan di beberapa tempat dan di beberapa tas yang kamu bawa.
  • Selalu waspada dan perhatikan lingkungan sekitar. Jangan gunakan handphone terlalu sering di depan umum.

Sering Telat Datang Bulan? Ini Pilihan Obat Untuk Melancarkan Haid

Apa saja yang harus disiapkan saat traveling?

solo travel

Ketika berkemas untuk bepergian, kemaslah barang-barang penting di dalam tas atau wadah yang aman. Tempatkan barang-barang yang sering kamu gunakan di tempat yang mudah diraih dan gunakanlah tas yang bisa membuat kamu bergerak bebas.

Yuk, persiapkan beberapa hal ini!

  • Dokumen perjalanan, seperti paspor, KTP, SIM, tiket pesawat atau kereta.
  • Pakaian yang akan digunakan dan nyaman, seperti celana quick dry, pakaian yang tidak mudah kusut, dan pakaian untuk mandi.
  • Barang-barang pribadi, seperti sisir, sikat gigi, jepit rambut, obat-obatan dan yang lainnya.
  • Barang untuk keperluan teknis, seperti senter, adaptor, power bank, kabel usb.

Perjalanan jarak jauh saat menstruasi

Meskipun tanda menstruasi akan datang bisa diprediksi, tetap saja tidak akan selalu tepat sehingga setiap wanita pastinya harus mempersiapkannya dari hari-hari sebelumnya. Kamu harus bisa memperkirakan tanggal dan waktu keberangkatan sesuai dengan siklus haid.

Jika tempat tujuanmu luar negeri, sebaiknya bawa pembalut yang biasa kamu gunakan beserta dengan obat-obatannya. Bisa saja tidak ada yang menjual pembalut yang biasa kamu gunakan di negara tujuanmu, kan?

Don’t let period ruin your mood, be prepared with Yoona starter kit! Kamu bisa membawa satu paket starter kit dari Yoona agar traveling aman dan nyaman, serta mencegah kemungkinan iritasi dari pembalut yang belum tentu cocok dan nyaman saat kamu di daerah atau negara tujuan.

Starter Kit Yoona pembalut organik pantyliner

Tak hanya pembalut, satu paket starter kit juga berisi pantyliner yang bisa digunakan saat kamu tiba-tiba mengalami keputihan atau flek. Pantyliner dan pembalut Yoona terbuat dari 100% organic cotton sehingga membuat area intim tetap kering dan nyaman selama kamu traveling

Yuk, coba starter kit untuk menemani setiap momen traveling kamu!

Share artikel ini
Reference