pembalut night

Saat sedang menstruasi, pernah gak sih kamu mengkhawatirkan soal posisi tidurmu? Tidur pasti jadi nggak bisa nyenyak, kan? Belum lagi worry saat bangun pagi tiba-tiba tempat tidurmu sudah kotor. Tapi sekarang kamu gak perlu khawatir karena ada pembalut night!

Apa itu pembalut night? Seperti namanya, pembalut night adalah jenis pembalut yang didesain khusus untuk penggunaan di malam hari, yaitu saat kamu tidur. Dengan kata lain, jika kamu memiliki siklus menstruasi yang berat dan ingin tidur, pilih pembalut malam untuk dapat menyerap darah menstruasi dengan lebih optimal.

Penasaran bagaimana penjelasan detail tentang pembalut malam ini? Simak artikel ini, yuk!

Fungsi pembalut night

pembalut malam

Pada beberapa hari pertama menstruasi, biasanya darah menstruasi yang keluar sangatlah banyak. Di siang hari, saat beraktivitas, kamu mungkin lebih mudah mengatasi kebocoran karena kamu bisa mengganti pembalut setiap 3-4 jam. 

Tapi bagaimana saat kamu tidur di malam hari? Masa kamu harus bangun setiap 3-4 jam? Nah, di sinilah kamu butuh pembalut khusus di malam hari yang biasanya lebih lama untuk mencegah kebocoran.

Pembalut malam sendiri memiliki ukuran yang lebih panjang dibanding pembalut yang biasanya kamu pakai di siang hari. Panjang bantalannya biasa bervariasi dari 28-42 cm. Selain itu, pembalut ini juga memiliki bantalan yang lebih tebal. Jenis pembalut ini memanjang hingga menutupi bokong sehingga kamu bisa bebas bergerak saat tidur tanpa khawatir bocor.

Meskipun namanya pembalut night, bukan berarti jenis pembalut ini hanya bisa dipakai di malam hari. Kamu tetap bisa memakainya saat siang hari, tapi mungkin kamu akan merasa kurang nyaman, terutama jika kamu sedang banyak melakukan aktivitas fisik.

Apa Itu Kapas Pembalut dan Kegunaannya?

Cara pakai pembalut malam yang benar untuk pemula

Meskipun panjang dan ketebalannya berbeda, cara pakai pembalut malam sebenarnya sama saja dengan pembalut biasa. Jika kamu adalah pemula dalam memakai pembalut, kamu bisa coba ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka bungkusan pembalut
  • Saat memegangnya, pastikan posisi pembalut yang memiliki perekat menghadap ke bawah. Sebaliknya, bagian yang empuk dan lembut menghadap ke atas
  • Lekatkan pembalut ke bagian tengah celana dalam
  • Untuk bantalan tanpa sayap, posisi depan dan belakang biasanya sama. Namun, untuk pembalut sayap memberi, bagian punggung (belakang/dekat anus) biasanya lebih lebar. 

Tips Memilih Pembalut yang Tidak Mengandung Klorin dan Aman Digunakan

Tips memilih pembalut malam

pembalut malam

Di luar sana memang banyak produk dan brand yang menawarkan pembalut malam. Jadi, bagaimana cara menentukan produk mana yang harus kamu gunakan? Berikut tipsnya!

Menggunakan bahan organik yang aman

Jika pembalut malam yang kamu pilih terbuat dari bahan sintetis yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya, pembalut tersebut mungkin bisa mengakibatkan iritasi kulit, gatal, bahkan membahayakan kesehatan jangka panjang.

Oleh karena itu, pastikan pembalut malam yang kamu pilih tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti klorin, dioksin, dan hidrogen peroksida. Selain itu, kamu juga harus menghindari penggunaan pembalut yang mengandung parfum karena ini bahaya untuk area intimmu. 

Pilihlah pembalut dengan bahan organik katun yang dapat mencegah iritasi kulit dan tentunya aman untuk area kewanitaan kamu. Bahan organik juga ramah lingkungan, lho.

Sesuaikan panjang dengan bentuk tubuhmu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembalut malam biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang dibanding pembalut biasa. Walaupun demikian, tetap penting bagi kamu menyesuaikan panjang pembalut malam dengan bentuk tubuhmu, karena pembalut malam juga memiliki panjang yang bervariasi. Pastikan semua bagian ter-cover dengan baik untuk mencegah kebocoran.

Pembalut malam pada umumnya juga memiliki ketebalan yang bikin nggak terlalu nyaman. Kamu juga bisa cari pembalut malam yang ultra thin, namun tetap memiliki daya serap maksimal.

Pastikan daya serap pembalut baik

Kamu juga perlu perhatikan daya serap pembalut malam. Pastikan pembalut memiliki daya serap yang baik sehingga dapat mencegah bocor atau merembes, ya. Selain itu, pastikan pembalut malam kamu memiki sirkulasi udara yang baik. Sehingga kulitmu tetap dapat bernapas dan tidak menyebabkan gatal atau iritasi.

Serba-Serbi Pembalut Wanita, Jangan Sampai Salah Pilih

Yoona All Night Pads, Worry less, Sleep More!

Dari banyaknya produk pembalut malam, kamu mungkin bingung mau pilih yang mana? Takut bocor dan nggak nyaman? Tenang, sekarang Yoona punya pembalut night untuk membantumu melawan kebocoran saat tidur.

Pembalut all night Yoona ini memiliki panjang 36 cm, panjang yang ideal untuk jenis pembalut night, sehingga cocok untuk dipakai saat tidur tanpa khawatir bocor. Bantalannya juga sangat lembut, fleksibel, dan tahan gores, lho!

Selain menawarkan kenyamanan, produk ini juga sangat aman karena  terbuat dari 100% bahan katun organik sehingga daya serapnya tinggi dan tidak menyebabkan iritasi. Bukan hanya itu, teknologi anion strip yang digunakan mampu  mencegah bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi dan bau tidak sedap saat menstruasi.

Tenang saja, pembalut organik night Yoona ini juga sudah punya izin dan sertifikasi dari Kemenkes, jadi jangan ragu untuk memakainya demi kenyamanan dan kesehatanmu ya! Untuk order, kunjungi situs belanja pembalut Yoona dan dapatkan gratis ongkir min. Rp39K.

Share artikel ini
Reference