pembalut organik
Period Period Hacks

Pembalut Organik, Pilihan Tepat Untuk Kesehatan Wanita

Imelda Rahmawati | Maret 16, 2022
Share

Pembalut organik adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan vagina selama menstruasi. Kamu mungkin pernah mengalami iritasi dan gatal saat menstruasi. Kondisi yang mungkin terjadi karena alergi pembalut.

Pembalut sekali pakai bisa mengandung bahan kimia yang mungkin saja tidak cocok denganmu. Apalagi area vagina memiliki kulit yang sensitif, sehingga akan mudah bereaksi saat bersentuhan dengan kandungan yang tidak cocok.

Penggunaan pembalut organik akan menjadi pilihan tepat untukmu. Pembalut ini tidak mengandung bahan kimia, sehingga kamu terhindar dari iritasi. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan umumnya tidak berbahaya, sehingga kamu akan terhindari dari ketidaknyamanan saat menstruasi.

Apa itu pembalut organik

Pembalut organik adalah pembalut yang terbuat dari bahan alami dan cenderung aman untuk semua wanita. Pembalut ini tidak menggunakan bahan klorin atau pemutih yang dapat menimbulkan iritasi dan alergi. Terbuat dari kapas alami, pembalut ini memiliki tekstur yang sangat lembut.

Selain lembut dan aman, pembalut organik juga sangat ramah lingkungan. Pembalut yang sudah dibuang akan terurai sempurna setelah 6-24 bulan. Tidak hanya itu, pembalut jenis ini juga tidak menggunakan plastik dan perekat kimia untuk menyatukan produk. Dua bahan tersebut tidak ramah lingkungan dan cenderung memicu alergi.

Kandungan pembalut organik

Kandungan pembalut organik yaitu kapas organik. Terbuat dari tanaman kapas yang telah ditanam baik tanpa pestisida atau hanya dengan pestisida organik. Selain itu, pembalut organik juga bebas parfum kimia pemicu iritasi.

Semua proses produksinya sangat minim bahan kimia, sehingga sangat cocok untuk kamu yang alergi terhadap pembalut biasa.

Manfaat pembalut organik untuk kesehatan

Selain terbuat dari bahan yang alami, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan pembalut organik daripada pembalut biasa. Beberapa di antaranya berguna untuk kesehatan area kewanitaan.

  1. Terbuat dari bahan alami yang cocok untuk segala jenis kulit termasuk kulit termasuk kulit sensitif, sehingga tidak akan menimbulkan ruam.
  2. Lebih steril dan bersih serta dapat mengurangi risiko terinfeksi bakteri dan jamur.
  3. Terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, sehingga produknya sekaligus menjaga kelestarian alam. Mengingat pembalut biasa, menjadi salah satu sumber sampah plastik.
  4. Pembalut organik tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti klorin atau dioksin yang berbahaya dan menjadi sumber penyakit.
  5. Kulit di area sensitif dapat bernafas dengan lega dan tidak lembap.

Dampak jangka panjang penggunaan pembalut organik

Tidak hanya memiliki banyak manfaat, penggunaan pembalut organik dengan jangka panjang akan memberikan beberapa dampak positif bagi penggunanya. Tidak hanya berguna sebagai pencegah kebocoran menstruasi saja, dampak lain yang kamu dapatkan yaitu:

1. Aman untuk tubuh wanita

Pembalut yang biasa memiliki kandungan bahan-bahan kimia yang dibuat untuk membuat tampilannya menjadi putih dan bersih. Namun bahan pemutih ini mengandung dioksin yang memiliki resiko berbahaya bagi tubuh, yaitu dapat menyebabkan kanker. Efeknya mungkin tidak akan terasa dalam waktu dekat, tapi menumpuk dalam waktu lama.

Dalam penelitian yang dimuat di jurnal Environmental Health Perspectives menunjukkan bahwa, bahan dioksin menimbulkan beberapa penyakit hormon, mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan risiko kanker.

2. Nyaman dipakai sepanjang hari

Pembalut biasa bahannya didominasi oleh plastik dengan kandungan kapas yang sedikit. Ini membuat pembalut biasa memiliki risiko yang tinggi untuk mengiritasi kulit dan gatal. Sementara itu, pembalut organik cenderung lebih nyaman untuk sehari-hari, termasuk aktivitas berat sekalipun. Hal ini karena bahannya terbuat dari kapas organik yang lembut dan memungkinkan kulit bernapas.

Dengan begitu, gaya berpakaian kamu tidak akan terganggu dan lebih bebas beraktivitas. Selain untuk aktivitas sehari-hari, pembalut ini juga nyaman untuk malam hari ketika tidur, karena tingkat kebocoran yang lebih minim.

3. Ramah lingkungan

Bahan ramah lingkungan yang digunakan untuk membuat pembalut organik adalah kapas murni. Karena bahannya yang alami, sampahnya dapat dengan mudah terurai secara alami. Tak hanya baik untuk tubuh, ini juga baik untuk bumi.

4. Investasi dalam jangka panjang

Harganya mungkin sedikit lebih tinggi dari pada pembalut biasa. Namun pembalut biasa tidak menjamin produknya cocok untuk kulit sensitif dan ramah lingkungan. Pembalut organik terbuat dari kapas murni yang bersifat mudah menyerap. Dari segi kesehatan, kamu tak perlu mengeluarkan biaya ekstra jika kulit area intim sensitif dan harus dirawat. Lagipula, jika dihitung dan dipikirkan dengan bijak, harga yang kamu keluarkan untuk menjaga area privat kamu setiap bulan sangat sedikit dibandingkan biaya jajan kamu beli kopi setiap hari.

Tips memilih pembalut organik yang aman

Pastikan beberapa hal sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Tentunya, bagi kaum awam, pemilihan ini cukup sulit karena kurang mengerti bahan apa saja yang baik dan buruk yang ada dalam produk pembalut.

  • Pilih produk dengan izin produksi dan sudah tercantum label SNI
  • Baca label yang menyatakan jika pembalut terbuat dari bahan organik, seperti 100% kapas organik
  • Biasanya tidak memiliki bau karena tidak memakai pewangi
  • Ketika membeli, pastikan juga produk bersih dan tidak ada noda

Ukuran pembalut organik

Umumnya pembalut jenis ini juga memiliki ukuran yang sama, berikut beberapa ukuran yang tersedia:

Regular atau Day = sekitar 24,5 cm
Night = sekitar 29 cm

Ketika menggunakan pembalut biasa yang mengandung bahan kimia, ada kemungkinan zat-zat kimia dapat masuk ke saluran vagina sehingga bisa menjadi sumber penyakit. Berbeda ketika menggunakan pembalut yang terbuat dari bahan-bahan alami dan aman. Yuk, jaga kesehatan area kewanitaan kamu dengan memakai pembalut organik.

Reference
Share