pembalut panjang
Period Period Hacks

Mengenal Jenis Pembalut Panjang, Si Anti Bocor!

Imelda Rahmawati | Maret 17, 2022
Share

Pembalut panjang biasanya dikenal juga dengan pembalut malam, karena umumnya digunakan saat tidur. Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat tidur, darah menstruasi sangat rawan tembus dan mengotori kasur. Untuk itu, kamu harus menggunakan pembalut yang lebih panjang agar bisa mencegah kebocoran.

Namun kini sudah banyak orang menggunakan pembalut dengan ukuran ekstra panjang, baik siang maupun malam. Proteksinya yang efektif membuat orang lebih memilih jenis tersebut agar tidak perlu repot menggantinya setiap jam.

Meskipun ukurannya sangat panjang, bukan berarti kamu bisa memakainya seharian penuh, loh. Kamu tetap harus rutin menggantinya 4-8 jam sekali. Tentunya, ini untuk mencegah kelembapan di area vagina, yang berpotensi sebagai tempat menumpuknya bakteri penyebab iritasi dan penyakit lainnya.

Apa itu pembalut panjang

Sesuai dengan namanya, pembalut panjang memiliki ukuran sangat panjang mulai dari 29-42 cm, bahkan lebih! Sepanjang celana dalam akan tertutup sempurna dengan ukuran ini. Teksturnya pun lebih tebal dari yang biasa, karena dirancang untuk mencegah kebocoran secara maksimal. Jadi, kamu mungkin akan merasa celana dalam lebih besar dan mengganjal

Kamu bisa menggunakan pembalut ini di siang dan malam hari, saat merasa menstruasi sedang deras. Pembalut panjang menjadi pilihan tepat untuk hari-hari pertama haid.

Pembalut panjang juga biasa digunakan untuk ibu yang sedang dalam masa nifas. Darah nifas akan sangat banyak beberapa hari setelah melahirkan, sehingga diperlukan ukuran yang sangat panjang untuk menampung darah tersebut.

Fungsi pembalut panjang

Pembalut panjang berfungsi untuk menyerap darah menstruasi secara maksimal. Baik itu siang dan malam hari, kamu tidak akan khawatir akan kebocoran saat menstruasi. Terutama bagi kamu yang berkegiatan seharian penuh, jenis ini akan sangat menolong keseharianmu.

Berikut adalah beberapa fungsi yang bisa kamu dapatkan:

  • Mencegah kebocoran sekalipun saat kamu berolahraga
  • Menyerap lebih banyak terutama saat hari pertama menstruasi
  • Bisa digunakan sepanjang malam tanpa perlu terbangun untuk ganti pembalut
  • Pemakaiannya praktis dengan manfaat maksimal

Macam-macam pembalut panjang

Memilih yang cocok dan nyaman akan semakin menambah rasa percaya diri kamu saat menstruasi. Agar dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu, simak beberapa jenisnya berikut ini:

  • Maxi. Memiliki bantalan yang tebal sehingga dapat menyerap lebih banyak. Biasanya digunakan 1-3 hari sejak awal menstruasi, karena dapat mengatasi aliran menstruasi sedang hingga berat.
  • Super. Sesuai dengan namanya, jenis ini menawarkan lebih banyak daya serap. Sangat nyaman untuk periode awal dan juga akhir haid.
  • Thin/ultra thin. Meskipun panjang, jenis ini memiliki bantalan yang tipis, tapi tetap lebih tebal dari panty liner. Kamu sangat cocok memakainya di akhir periode menstruasi.
  • Overnight. Merupakan salah satu yang menjadi favorit, karena memberikan perlindungan dan daya serap maksimal. Biasanya memiliki sayap, sehingga dapat mencegah kebocoran dari segala arah.

Cara menggunakan pembalut panjang

Menggunakan pembalut panjang sebenarnya sama saja dengan yang biasa. Hanya saja kamu akan menemukan lebih banyak perekat yang harus ditempel di setiap sisi. Agar tidak salah tempel, simak cara penggunaannya berikut ini:

  1. Keluarkan pembalut dari bungkusnya.
  2. Lepaskan semua kertas yang menutupi perekat di bagian bantalan.
  3. Tempelkan mulai dari tengah dan rapatkan hingga ke ujung-ujungnya.
  4. Pastikan bagian yang lebar berada di belakang.
  5. Buka kertas perekat bagian sayap.
  6. Tempelkan kedua bagian sayap di bawah bantalan (bagian depan celana).

Meskipun pembalut bisa menyerap cairan hingga berjam-jam, sebaiknya kamu rutin menggantinya sesering mungkin. Hal ini berkaitan dengan kebersihan dan menjaga agar area vagina tetap dalam kondisi kering.

Reference
Share