cara mengatasi payudara terasa gatal
Period Period Health

Cara Mengatasi Payudara Terasa Gatal, Harus Tahu Dulu Penyebabnya!

Imelda Rahmawati | Maret 30, 2022
Share

Terjadinya gatal-gatal pada payudara sebenarnya merupakan hal yang normal. Namun, pada beberapa kasus bisa menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya. Cara mengatasinya, harus disesuaikan apa yang jadi penyebabnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi payudara terasa gatal? Yuk, simak cara selengkapnya berikut ini.

Kondisi payudara gatal

Payudara gatal pasti pernah dirasakan oleh hampir semua wanita. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pakaian kasar, kulit kering atau gigitan serangga.

Namun, payudara dan puting yang gatal juga bisa terjadi karena kondisi lain yang lebih serius, seperti gejala kanker payudara. Meski begitu, kamu juga perlu mengetahui beberapa kondisi yang dapat menyebabkannya, sebagai langkah antisipasi dan pengobatan awal.

Berikut kondisi yang dapat menyebabkan payudara gatal, mulai dari yang ringan hingga yang parah, seperti:

1. Kulit kering

Penyebab payudara gatal yang satu ini adalah salah satu yang paling umum. Kulit kering juga akan mengiritasi payudara dan membuat kulit terlihat sedikit mengelupas. Beberapa orang memang memiliki kulit kering. Berikut ini hal-hal yang bisa juga menjadi penyebab kulit payudara kamu lebih kering, antara lain:

  • Produk perawatan keras
  • Paparan sinar matahari
  • Keringat berlebihan

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pelembap dan tabir surya. Simpan pelembap kamu di dalam lemari es, sehingga saat akan dioleskan, kulit akan terasa sejuk dan gatal-gatal akan berkurang.

2. Cuaca terlalu panas

Cuaca panas bisa memicu biang keringat, biang keringat juga bisa muncul di payudara dan area sekitarnya. Jika kamu mengalami biang keringat, rasa gatal pada payudara juga akan disertai dengan munculnya benjolan kecil di kulit.

3. Infeksi jamur

Area di bawah atau di samping payudara merupakan area yang lembap dan cocok sebagai tempat tumbuhnya jamur. Payudara yang gatal akibat kondisi ini bisa diobati dengan menggunakan salep antijamur yang bisa kamu beli bebas di apotek. Dokter kamu mungkin juga meresepkan obat antijamur yang lebih kuat.

Untuk mencegah tumbuhnya jamur di sekitar payudara, gunakan bra yang terbuat dari bahan ringan seperti katun. Setelah mandi, pastikan kamu telah mengeringkan bagian bawah payudara sebelum mengenakan bra.

Penyebab payudara gatal

Ada berbagai macam penyebab payudara gatal, berikut adalah penyebabnya:

1. Iritasi

Gatal pada puting juga bisa terjadi karena gesekan dengan pakaian. Misalnya, bagi kamu yang suka olahraga, puting bisa terasa gatal akibat keringat dan gesekan dengan pakaian. Hal ini juga diketahui memicu iritasi.

Iritasi pada kulit dan puting juga bisa terjadi jika kamu menggunakan bra yang terlalu ketat. Jika tidak diobati, ini dapat menyebabkan luka, kulit puting pecah-pecah, dan bahkan pendarahan.

2. Kehamilan

Selama kehamilan, hormon dalam tubuh wanita akan meningkat. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan perubahan bentuk tubuh, termasuk peningkatan ukuran payudara.

Peningkatan ukuran payudara ini dapat menyebabkan kulit di area sekitar payudara meregang. Peregangan ini bisa memicu rasa gatal dan terkadang disertai kulit kering dan mengelupas.

3. Mastitis

Masalah umum yang dialami ibu menyusui adalah mastitis, yaitu peradangan pada jaringan payudara. Kondisi ini terjadi karena tersumbatnya saluran susu atau jaringan payudara yang telah terinfeksi bakteri.

Mastitis bisa membuat puting terasa gatal, bengkak, dan merah disertai rasa sakit atau perih, terutama saat menyusui.

4. Menopause

Saat memasuki masa menopause, kulit kamu menjadi lebih tipis, lebih kering, dan mudah teriritasi. Masalah dengan hormon estrogen membuat kulit memproduksi lebih sedikit minyak untuk menjaga kelembabannya. Tidak hanya payudara, kamu juga bisa merasakan gatal-gatal di bagian tubuh lainnya, salah satunya vagina.

5. Eksem

Eksim atau eksem bisa membuat kulit menjadi kering, gatal, bersisik, merah, dan pecah-pecah. Sebisa mungkin hindari menggaruk kulit terlalu keras, karena dapat menyebabkan luka dan meningkatkan risiko infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Eksim biasanya bisa kambuh dan datang dan pergi jika tidak ditangani dengan baik.

6. Prurigo

Respons sistem kekebalan kamu terhadap perubahan terkait kehamilan, kondisi ini juga dapat menyebabkan benjolan kecil dan gatal di dada dan di tempat lain di tubuh kamu.

7. Papula dan plak urtikaria pruritus kehamilan (PUPPP)

Selain gatal, PUPPP juga bisa menyebabkan benjolan kecil atau gatal-gatal di perut, dada, punggung, dan paha.

8. Kanker payudara

Termasuk penyakit berbahaya yang umumnya terjadi pada wanita. Gejalanya antara lain kemerahan pada area payudara, benjolan pada payudara, puting menjadi datar atau tertarik ke dalam, keluarnya cairan dari puting, dan perubahan pada puting atau kulit payudara.

Terkadang, puting yang terasa sangat gatal dan nyeri juga bisa menjadi gejala kanker payudara. Puting gatal akan bertambah parah jika kamu terkena bahan kimia dari produk perawatan tubuh, seperti parfum dan sabun.

Tak hanya itu, bahan pakaian yang terbuat dari wol atau serat buatan juga bisa memperparah puting yang gatal.

Cara mengatasi payudara terasa gatal

Mengatasi payudara gatal harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika gatal-gatal yang kamu alami bukan disebabkan oleh penyakit, berikut berbagai cara mengatasi payudara terasa gatal, di antaranya:

  • Menggunakan krim pereda nyeri
  • Pastikan tubuh tetap terhidrasi agar kulit tetap lembab
  • Gunakan pelembap yang cepat menyerap
  • Menjaga payudara tetap bersih
  • Menggunakan produk pembersih tanpa pewangi kimia
  • Pakailah tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Pengobatan payudara yang terasa gatal

Cara mengatasi payudara terasa gatal tergantung pada penyebab masalahnya. Namun, secara umum, berikut langkah sederhana yang bisa kamu lakukan segera:

1. Oleskan krim

Krim steroid topikal yang dijual bebas seperti hidrokortison 1% dapat membantu mengatasi rasa gatal. Jika tidak membantu setelah seminggu, hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter. Krim ini dapat membantu untuk menempatkan kain lembab dingin di atas kulit yang bersangkutan untuk beberapa tindakan menenangkan tambahan.

2. Coba bra baru

Mengenakan bra tipis, pakaian dalam, dan atasan dapat membantu menjaga kulit di payudara kamu tetap dingin, sehingga menurunkan risiko terkena ruam. Jika kamu baru saja mencoba bra baru dan terasa gatal, kamu bisa mencoba bra berbahan katun yang bisa menyerap keringat.

3. Pilih krim anti jamur

Cara mengatasi payudara terasa gatal, jika penyebab payudara terasa gatal karena infeksi jamur, kamu harus menjaga area tersebut tetap kering dan menggunakan obat anti-jamur topikal.

Jenis obat ini tersedia tanpa resep dokter, tetapi karena banyak hal yang dapat menyebabkan payudara gatal, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Payudara terasa gatal sebenarnya umum terjadi dan oleh karena berbagai hal. Namun, kondisi ini tidak boleh kamu anggap enteng, apalagi jika rasa gatal yang kamu rasakan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Reference
Share