pembalut malam
Hidup Sehat

Mengenal Pembalut Malam: Tidur Nyenyak tanpa Takut Bocor

dr. Wisniaty Condro | Februari 27, 2022
Share

Periode menstruasi mengganggu waktu tidur kamu di malam hari? Kamu bisa menggunakan pembalut malam untuk mencegah terjadinya kebocoran di malam hari.

Karena dirancang secara khusus untuk melindungi kamu di malam hari, pembalut malam bisa membantu kamu tetap nyaman untuk beristirahat semalaman tanpa harus khawatir dengan kebocoran.

Apa itu pembalut malam?

Pembalut malam adalah jenis pembalut yang dirancang secara khusus untuk melindungi atau mencegah para wanita mengalami kebocoran di malam hari. Maksudnya, ketika menstruasi sedang deras-derasnya dan kamu ingin tidur, maka gunakanlah pembalut malam yang bisa menampung darah menstruasi.

Pembalut malam atau biasa disebut overnight pad hadir dengan berbagai ukuran termasuk memiliki sayap ataupun tanpa sayap. Tentu saja entah tanpa sayap atau dengan sayap, masing-masing memiliki kegunaannya tersendiri.

Penasaran seperti apa pembalut malam tanpa atau dengan sayap? Berikut adalah penjelasannya.

Pembalut malam tanpa sayap

Sama seperti pembalut biasa pada umumnya, pembalut malam tanpa sayap berarti pembalut tidak dilengkapi dengan perekat tambahan di kedua sisi pembalut yaitu kanan dan kiri. Jadi, jika kamu ingin menggunakan pembalut malam tanpa sayap, kamu cukup merekatkan bagian bawah pembalut ke celana dalam.

Karena tidak dilengkapi dengan perekat tambahan, posisi pembalut malam tanpa sayap yang telah direkatkan pada celana dalam mungkin akan bergeser selama kamu tidur semalaman. Akibatnya, tidak jarang para wanita memilih untuk menggunakan pembalut malam yang dilengkapi dengan sayap.

Pembalut malam dengan sayap

Memiliki sayap di sisi kanan dan kiri, pembalut malam jenis ini mungkin terlihat seperti pembalut jenis heavy flow. Tapi, yang membedakan adalah variasi panjang dari pembalut malam serta perekat dengan bentuk seperti pinggul yang melebar.

Pembalut malam yang dilengkapi sayap mungkin memiliki efektivitas kerja yang lebih tinggi daripada pembalut malam tanpa sayap. Maksudnya, pembalut malam dengan sayap memiliki fungsi yang lebih besar dalam mencegah kebocoran termasuk bergesernya pembalut dari celana dalam.

Lalu, bagaimana dengan variasi panjang atau ukuran pembalut malam? Coba simak penjelasan di bawah ini.

Ukuran pembalut malam

Memiliki banyak variasi panjang mulai dari 28 sampai 41 cm, ukuran pembalut malam dirancang agar bisa melindungi wanita dari kebocoran di malam hari secara maksimal. Artinya, semakin panjang ukuran pembalut maka semakin banyak cairan yang dapat diserap.

Untuk memilih ukuran pembalut yang tepat tentu akan berbeda antara satu wanita dengan wanita lain. Beberapa wanita mungkin membutuhkan pembalut malam berukuran 28 cm sementara kamu 35 cm.
Nah, supaya kamu tidak salah memilih pembalut malam yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu, coba ikuti tips berikut.

Tips memilih pembalut malam yang baik

Bagi kamu yang ingin menggunakan pembalut malam, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan. Tips memilih pembalut malam ini akan membantu kamu menemukan pembalut malam yang tepat sehingga kamu terhindar dari kebocoran di malam hari.

Berikut adalah tips memilih pembalut malam yang baik:

Memiliki daya serap yang baik

Kamu bisa mengetahui daya serap dengan mengamati warna darah menstruasi yang terdapat pada permukaan pembalut. Semakin cerah atau segar warna darah menstruasi menunjukan bahwa darah dekat di permukaan.

Nah, darah menstruasi yang dekat di permukaan justru berpotensi menyebabkan kebocoran. Sebaliknya, jika warna tampak kusam berarti pembalut dengan efektif menyerap darah menstruasi.

Perhatikan panjang pembalut malam

Pembalut malam memang dirancang lebih panjang daripada pembalut biasa yang digunakan di siang hari. Ingatlah bahwa semakin panjang pembalut maka semakin banyak cairan yang dapat diserap.

Sesuaikan dengan ukuran celana dalam

Bukan hanya sekedar memilih pembalut malam yang panjang, tips memilih pembalut malam yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui adalah menyesuaikan ukuran pembalut dengan celana dalam yang kamu gunakan.

Selain untuk mencegah kebocoran, menyesuaikan ukuran antara pembalut dengan celana dalam mengurangi potensi bergesernya pembalut yang telah direkatkan pada celana.

Penggunaan bahan

Memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda, kulit kamu bisa mengalami iritasi jika pembalut terbuat dari bahan berbahaya. Pastikan pembalut malam tidak memiliki kandungan yang bersifat karsinogenik seperti klorin, dioksin, dan hidrogen peroksida.

Selain beberapa tips memilih pembalut malam di atas, hindarilah pembalut yang dilengkapi dengan aroma atau parfum. Pembalut beraroma parfum berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit daerah intim yang sensitif.

Reference
Share