cara mengatasi gumpalan putih di miss v

Kamu pernah melihat adanya gumpalan putih di vagina? Jika iya, kamu tidak perlu panik. Pasalnya, wanita sering mengalami gumpalan putih di vagina atau lebih dikenal dengan keputihan.

Ini normal dan biasanya terjadi selama siklus menstruasi. Gumpalan putih ini membantu menjaga vagina tetap bersih dan lembab serta melindunginya dari infeksi.

Nah, agar kamu tahu lebih banyak dan tahu bagaimana cara menghilangkan gumpalan putih di miss v, simak penjelasan berikut ini yuk!

Penyebab gumpalan putih di miss v

menggunakan pakaian dalam yang nyaman

Keputihan yang keluar dari miss v biasanya normal untuk menjaga kesehatan vagina. Namun, perubahan bisa terjadi jika keseimbangan bakteri sehat di vagina terganggu.

Perubahan tersebut bisa dilihat dari warna dan tekstur keputihan yang keluar.

Banyak hal yang dapat mengganggu keseimbangan pH vagina yang sehat dan menyebabkan munculnya gumpalan putih ini, antara lain:

  • Douching atau membersihkan vagina dengan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia,
  • Menggunakan semprotan atau sabun tertentu, terutama yang mengandung bahan pewangi,
  • Konsumsi antibiotik,
  • Menderita diabetes,
  • Sedang hamil,
  • Infeksi vagina, dan
  • Penyakit menular seksual.

Jika keluhan tentang munculnya gumpalan putih di miss v dialami lebih dari seminggu. Pemeriksaan langsung oleh dokter penting dilakukan untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat dari kondisi ini.

12 Jenis Makanan Penyebab Keputihan, Wajib Batasi Konsumsinya!

Gumpalan di miss v, berbahaya atau tidak?

Dalam kebanyakan kasus, gumpalan putih di vagina adalah pertanda baik. Mengeluarkan keputihan merupakan cara tubuh wanita menjaga keseimbangan pH di vagina.

Keputihan yang keluar berfungsi sebagai pelumas alami untuk menghilangkan bakteri, kotoran, dan kuman dari rongga vagina. Namun, terkadang gumpalan putih tersebut juga bisa menjadi tanda infeksi atau kondisi kesehatan serius lainnya.

Kamu tidak perlu khawatir. Selama gumpalan putih tidak disertai gejala seperti nyeri, kemerahan, atau gatal, itu normal.

Agar lebih jelas, berikut ciri-ciri gumpalan putih normal di vagina:

  • Tidak berbau tajam atau menyengat,
  • Berwarna putih atau bening,
  • Teksturnya kental dan lengket, dan
  • Sifatnya licin dan basah.

Cara Aman Mengeluarkan Gumpalan Darah Setelah Melahirkan

Cara menghilangkan gumpalan putih di miss v

Kamu pasti merasa terganggu dan kurang nyaman jika gumpalan putih di miss v terus-menerus keluar. Nah, simak cara menghilangkan gumpalan putih di miss v yang bisa kamu terapkan.

1. Jaga kebersihan miss v

Mandilah secara teratur dan bersihkan alat kelamin hanya dengan air. Jika ingin menggunakan sabun, gunakan sabun tanpa pewangi dan pastikan pH sabun sesuai dengan kondisi vagina.

Namun, jangan gunakan sabun mandi untuk membersihkan area vagina karena pH-nya sudah pasti berbeda. Selain itu, hindari menggunakan semprotan vagina dan produk lain yang mengandung parfum.

Cuci dan keringkan tangan sebelum menyentuh vagina. Selain itu, usahakan buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Mitos Atau Fakta? Ini Cara Merapatkan Miss V Agar Tetap Kencang

2. Pakai pembalut atau pantyliner tanpa pewangi

fungsi pantyliner

Coba ganti pembalut secara teratur, setidaknya setiap 2-3 jam. Lepaskan pembalut sebelum tidur, lalu cuci vagina dengan bersih.

Kamu juga wajib menghindari penggunaan pembalut atau pantyliner dengan pewangi. Produk-produk ini dapat mengubah keseimbangan bakteri baik di vagina, mengiritasi kulit, bahkan menyebabkan infeksi vagina.

3. Kenakan pakaian berbahan nyaman

Cara lain untuk menghilangkan gumpalan putih pada miss v adalah dengan memakai celana dalam berbahan katun. Pastikan bahan yang kamu gunakan menyerap kelembapan dan tidak menampung keringat.

Bahan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat bisa membasahi vagina dan menyebabkan iritasi. Selain itu, hindari mengenakan legging atau celana ketat lainnya untuk membantu organ intim bernapas.

Baca juga:

4. Terapkan gaya hidup sehat

pola hidup sehat

Gaya hidup sehat membantu melawan infeksi yang menyebabkan gumpalan putih di vagina. Makanlah makanan yang sehat, olahraga teratur, dan tidur yang cukup.

Bila perlu, kondom dapat digunakan selama hubungan seksual untuk menghindari infeksi menular seksual.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan gumpalan putih di miss v yang perlu kamu ketahui. Jadi, kamu tidak perlu terlalu khawatir lagi karena sekarang kamu sudah tahu solusinya!

Share artikel ini
Reference