minum susu saat haid

Minum susu saat haid menjadi salah satu pantangan saat haid yang mungkin kamu pernah dengan. Tidak hanya susu, beberapa wanita memilih untuk menghindari makanan atau minuman tertentu saat haid.

Apakah ada penjelasan medis tentang hal ini? Tentu saja ada, beberapa penelitian menunjukan adanya penurunan gejala kram dan aliran berlebih saat haid jika menghindari makanan tertentu, termasuk susu. Yuk simak penjelasannya lebih lanjut!

Bolehkah minum susu saat haid

Tidak ada larangan mutlak untuk menghindari susu saat haid, kamu boleh boleh saja meminumnya. Namun bagi kamu yang sering mengalami PMS (premenstrual syndrome) berat, menghindari susu mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. 

Dilansir dari jurnal The Association of Inflammation with Premenstrual Symptoms oleh Ellen B. Gold, wanita yang menunjukkan gejala PMS kemungkinan besar mengalami peningkatan kadar penanda peradangan.

Hal ini membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi mengikuti diet anti-inflamasi dapat membantu mengurangi gejala tersebut termasuk menghindari susu.

Susu berkontribusi sebagai pengatur pola makan yang seimbang. Namun, minum terlalu banyak minum susu selama haid bukanlah ide yang baik. Faktanya, hal itu dapat menyebabkan kram menstruasi semakin memburuk dan mengakibatkan lebih banyak nyeri. 

Selain itu, susu juga dapat menyebabkan kembung, gas, kram, dan diare yang akan menambah masalah menstruasi kamu. Alasannya, karena produk susu mengandung asam lemak omega-6, asam arakidonat. Kandungan ini menimbulkan peradangan yang dapat memperburuk nyeri haid. 

Ciri-Ciri Nyeri Haid yang Berbahaya, Apa Saja Itu?

Ada beberapa jurnal beberapa tahun terakhir yang menyatakan bahwa hormon buatan bisa saja ditambahkan ke produk susu. Hal ini bisa menjadi penyebab utama jerawat hormonal pada wanita. Jika kamu menderita PCOS atau jerawat kistik yang cukup parah, sebaiknya hindari susu dan produk dairy lainnya secara lebih konsisten.

Pengaruh produk susu saat haid

susu rendah lemak

Bagaimana susu sapi menyebabkan rasa sakit, pendarahan hebat, dan gejala mood saat PMS? Itu semua berkaitan dengan kasein beta A1, yang merupakan salah satu protein dalam susu sapi normal. 

Bagi sebagian orang (tidak semua), kasein A1 diubah di usus menjadi peptida inflamasi beta-casomorphin-7 (BCM7), yang pada gilirannya, dapat merangsang sitokin inflamasi, histamin, dan sel mast — semuanya menyebabkan nyeri haid , perdarahan berat, dan mempengaruhi mood.

Orang yang tidak membentuk BCM7 dari kasein A1 dalam ususnya, kemungkinan dapat mentolerir produk susu biasa. Sedangkan orang yang bereaksi terhadap susu A1 biasanya dapat mentolerir susu A2, yaitu susu dari sapi Jersey, kambing, dan domba. 

6 Manfaat Susu Skim Rendah Lemak, Ternyata Bagus untuk Diet!

Alternatif susu yang bisa dipilih

Jadi apa yang dapat menggantikan nutrisi susu jika kamu tidak dapat minum susu selama menstruasi? Beberapa supermarket saat ini menawarkan alternatif susu sapi, kamu bisa minum buttermilk, susu kencang, susu almond, atau susu kedelai.

Selain itu, beberapa produk juga menawarkan es krim yang terbuat dari susu alternatif sebagai pengganti susu sapi. Jika kamu khawatir kehilangan semua nutrisi dari segelas susu, tenang saja karena masih ada alternatif yang bisa memenuhinya. 

Kamu bisa menukar susu dengan sumber kalsium nabati, seperti kol, bayam, brokoli, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kamu bisa memilih salah satu dan mengolahnya sesuai dengan selera. Cobalah diet tanpa produk susu selama menstruasi dan lihat efeknya pada kesehatan.

Makanan dan minuman lain yang memperberat haid

Makanan yang dilarang setelah melahirkan

Selain susu, beberapa makanan dan minuman berikut juga dapat membuat PMS kamu menjadi lebih buruk dari biasanya.

1. Bit

Bit mengandung zat besi, kalsium, vitamin, potassium, asam folat, dan serat. Tentunya mereka bagus untuk kesehatan tetapi ketika datang ke haid, mereka dapat memperburuknya! Mengonsumsi bit dapat membuat aliran haid menjadi lebih deras. 

2. Cokelat

Cokleat memang bagus untuk meningkatkan mood dan meredakan kram, tetapi tahukah kamu bahwa makan cokelat saat menstruasi dapat membuat aliran darah jadi lebih deras? Cokelat rasanya enak tapi bisa memicu aliran darah.

3. Kopi

Minum kopi saat haid dapat merangsang estrogen, yang dapat memperburuk kondisi haid. Beberapa sumber mungkin mengatakan kopi membantu menghilangkan rasa sakit saat menstruasi, tetapi nyatanya membuat menstruasi jadi lebih menyebalkan!

Cobalah untuk menghindari beberapa makanan atau minuman tersebut dan rasakan perbedaannya saat kamu haid. Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference