Apakah kamu penyuka madu? Madu merupakan salah satu bahan alami yang sarat manfaat. Madu juga memiliki banyak jenis, jenis madu yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan adalah clover honey.

Apa itu clover honey? Bagaimana manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan? Yuk simak dalam ulasan kali ini.

Apa itu clover honey?

Clover honey adalah jenis madu yang asalnya dari tanaman semanggi. Madu ini dihasilkan dari lebah madu yang mengumpulkan nektar dari bunga semanggi (trifolium). Setidaknya ada 300 tanaman semanggi yang banyak hidup di daerah iklim sedang atay subtropic di seluruh dunia. 

Semanggi merupakan sumber makanan dari lebah dan menjadi penghasil madu yang umum kamu lihat di pasaran. Tanaman ini sangat tahan cuaca sehingga bisa mudah tumbuh di berbagai area.

Clover honey mempunyai rasa yang lebih kompleks dibandingkan gula dan umum digunakan sebagai pemanis untuk berbagai makanan dan minuman. 

Manfaat clover honey tidak hanya untuk kesehatan secara umum, namun juga sebagai peningkat kesuburan dan organ vital. Apa saja kandungan dalam madu sehingga teramat bermanfaat untuk kesehatan?

Baca juga: 9 Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan!

Kandungan clover honey

Kandungan clover honey yang perlu kamu ketahui yaitu memiliki banyak vitamin dan mineral selain itu terdapat sejumlah kecil kandungan seperti:

  • Vitamin C
  • Besi
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Seng

Dalam 1 sendok atau 21 gram clover honey mengandung:

  • 64 kalori
  • 15g karbohidrat
  • 16g gula pasir
  • 0g protein
  • 0g lemak
  • 0g serat

Potensi manfaat yang dimiliki oleh clover honey untuk kesehatan dan kesuburan bisa kamu ketahui dari daftar berikut ini.

Manfaat clover honey bagi kesehatan

Rasa clover honey yang manis memang menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak disukai oleh pecinta madu.

Rasa, aroma dan warna dari clover honey yang cantik juga menjadi keunggulan dari obat tradional ini. Berikut manfaat clover honey untuk kesehatan:

1. Meredakan flu

 

Madu memang dikenal sebagai salah satu pereda flu seperti, batuk, sakit tenggorokan hingga pilek. Tidak terkecuali dengan clover honey.

Mengonsumsi madu 1-2 sendok yang dicampur dalam teh hangat dapat meredakan berbagai kondisi flu. Hal ini dikarenakan clover honey mempunyai sifat antiradang, antibakteri dan antioksidan alami dalam madunya.

Baca juga: Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Aman!

2. Penyembuh luka yang ampuh

Punya luka yang sulit untuk sembuh? Clover honey merupakan obat penyembuh luka yang ampuh karena mengandung antibakteri dan antiradang.

Dengan sifat clover honey ini, luka di kulit menjadi cepat sembuh, jaringan kulit lebih bersih dan sel kulit baru akan cepat tumbuh kembali.

3. Membantu kesehatan mulut dan gigi

Untuk kamu yang sering mengalami sakit gigi dan luka pada area mulut, konsumsi clover honey yang memiliki sifat anti radang, antioksidan yang tinggi guna mencegah kuman di gusi, gigi, radang gusi hingga dapat membantu menghambat plak pada gigi.

4. Menjaga kesehatan alat vital

Alat vital seperti jantung dapat dijaga kesehatannya dengan clover honey yang mengandung sifat antibakteri, anti radang dan asam fenolat.

Dengan rutin mengonsumsi madu ini, kadar kolesterol akan menurun dan kesehatan jantung dapat terjaga lebih baik.

5. Meredakan saluran cerna

masalah pencernaan

Meredakan sakit perut dan masalah pencernaan bisa memanfaat 1-2 sendok clover honey. Madu ini dapat meringankan diare dan tukak lambung yang menjadi masalah pencernaan.

Tentunya kamu bisa dapat mengkonsumsi madu ini dengan campuran air hangat atau the hangat.

6. Sebagai sumber prebiotic

Sebagai prebiotic alami, clover honey dapat digunakan sebagai cara utnuk menyehatkan saluran cerna. Clover honey mempunyai efek alam pertumbuhan bakteri baik sehingga kesehatan pencernaan dapat dijaga.

7. Meredakan gangguan kulit

penyakit kulit eksim

Gangguan kulit yang disebabkan karena eksim atau dermatitis dapat disembuhkan dengan mengatasi infeksi yang terjadi pada kulit tersebut.

Clover honey dapat dimanfaat sebagai penyembuh iritasi dan masalah pada kulit hingga sembuh dan tanpa bekas.

8. Daya tahan tubuh

Clover honey yang kaya akan antioksidan dapat mencegah kerusakan sel dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Seorang ibu hamil yang rutin mengonsumsi madu ini juga dapat menjaga kesehatan dan perkembangan janin hingga siap untuk dilahirkan.

Baca juga: Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Tips Mengonsumsinya! 

Manfaat clover honey untuk kesuburan

Rupanya clover honey tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan secara umum saja, lho. Bagi kamu dan pasangan yang memiliki masalah kesuburan bisa mendapatkan manfaat clover honey untuk kesuburan seperti dibawah ini:

9. Meningkatkan kesehatan seksual

Sebagai nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan seksual, kamu dapat mengonsumsi madu ini karena dapat membantu mengatasi masalah infertilitas, pms, impotensi hingga gejala menopause.

Kandungan dalam clover honey bermanfaat untuk membantu menghilangkan gangguan reproduksi seksual kamu dan pasangan.

10. Antibakteri dan anti virus

Bagi kamu yang sedang program hamil, clover honey bermanfaat sebagai antibakteri dan antivieur dapat membantu melindungi tubuh dari bakteri.

Sehingga tubuh akan lebih sehat dan tidak mengganggu program yang sedang kamu jalani bersama pasangan.

11. Tingkatkan produksi hormon seksual

Produksi hormon reproduksi dapat dicapai jika kamu dan pasangan mengosumsi clover honey.

Jenis madu ini dapat menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam masalah ketidaksuburan dengan konsumsi rutin dan sesuai dengan rekomendasi dokter kandungan kamu.

Baca juga: Hormon Adrogen dan Fungsinya Mengatur Hasrat Seksual

12. Tingkatkan kualitas sperma

Clover honey memiliki efek positif untuk membantu kesuburan suami istri karena dapat meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih banyak dan berenang lebih cepat.

Peluang hamil akan lebih tinggi dengan konsumsi rutin madu ini.

13. Penyubur kandungan

Sejak dulu madu dimanfaatkan sebagai penyubur kandungan baik untuk laki-laki atau perempuan. Madu penyubur kandungan mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang oleh kebiasaan masyarakat mesir digunakan sebagai obat herbal yang meningkatkan peluang kehamilan.

14. Redakan keputihan

Keputihan umumnya disebabkan karena jamur dan pada keputihan yang tidak biasa dapat dipicu oleh jamur candida albicans, bakteri trichomonas vaginalis, bakteri gardnerella vaginalis.

Jenis keputihan karena jamur dan bakteri ini dapat menyebabkan keputihan menjadi lebih berbau, tekstur yang tidak normal dan warna yang pekat.

Clover honey dapat dimanfaatkan sebagai pereda keputihan yang ampuh bagi wanita. Hal ini sesuai dengan penelitian oleh director of the honey research unit di universitas waikato, selandia baru tentang manfaat madu yang kaya akan kandungan enzim antibakterinya.

15. Cegah kanker pada organ reproduksi

Kanker pada organ vital atau alat reproduksi memang banyak menyerang dan menjadi masalah yang mempengaruhi kesuburan.

Clover honey dapat dimanfaatkan sebagai pencegah kanker karena mengandung flavonoid, enzim, asam amino, protein dan zat berguna lain yang mampu berperan sebagai zat antikanker.

Manfaat clover honey yang baik untuk kesehatan dan kesuburan ini dapat kamu rasakan dengan konsumsi madu rutin dan sesuai dengan kebutuhan harian. Jangan lupa untuk melakukan pola hidup sehat agar kesehatan dan daya tahan tubuh semakin terjaga, ya!

Share artikel ini
Reference