Manfaat madu untuk ibu hamil
Gaya Hidup Hidup Sehat

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil dan Tips Mengonsumsinya, Yuk Intip!

Putri Aprillia | Februari 23, 2022
Share

Apakah kamu sering mengonsumsi madu untuk kesehatan? Madu memang memiliki segudang khasiat yang sejak dulu dipercaya, tidak terkecuali manfaat madu untuk ibu hamil selama masa kehamilan hingga persalinan.

Tentu saja madu untuk mendapatkan khasiatnya secara optimal, kamu perlu tahu tips mengonsumsinya. Nah, apa jenis madu dan kandungannya yang bermanfaat untuk ibu hamil? Yuk simak disini penjelasan detailnya.

Mengenal apa itu madu untuk ibu hamil?

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan madu, yaitu pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Dalam jurnal Food-Borne Illnesses During Pregnancy, ibu hamil aman mengonsumsi madu dan tidak akan mempengaruhi janin. Itulah mengapa manfaat madu untuk ibu hamil masih dapat dirasakan dan membantu selama hamilan.

Meskipun begitu, menurut Kids Health, bakteri clostridium botulinum yang terdapat dalam madu tidak disarankan untuk anak di bawah satu tahun. Anak-anak masih belum dapat memisahkan antara bakteri dan racun sehingga semuanya dapat terserap ke dalam tubuh.

Bayi usia 3 minggu hingga 12 bulan masih rentan terkena botulisme. Botulisme adalah penyakit yang dapat timbul saat bayi menelan bakteri hingga memproduksi racun dalam dirinya sendiri. Namun untuk ibu hamil, bakteri ini tidak berbahaya dan tidak berpengaruh.

Jenis jenis madu yang bagus untuk ibu hamil

Madu merupakan salah satu bahan alami yang tidak hanya enak, namun juga memiliki segudang manfaat. Ada jenis madu yang memiliki manfaat dan direkomendasikan untuk ibu hamil, antara lain:

1. Madu rambutan

Madu jenis ini memiliki cita rasa mirip leci. Meski dari segi rasa tidak semanis madu hutan, namun jenis madu ini sangat baik untuk ibu hamil, manfaatnya yaitu dapat mengatasi sakit pinggang, optimalisasi fungsi ginjal hingga melancarkan buang air kecil.

2. Madu manuka

Jenis madu manuka yang tumbuh dari semak manuka di Selandia Baru ini memiliki harga yang memang relatif mahal. Meski demikian, khasiat yang terkandung tentu sebanding dengan harganya. Madu ini sangat baik untuk ibu hamil karena dapat mengobati penyakit akibat bakteri dengan sifat antibiotiknya.

3. Madu sumbawa

Memiliki tekstur madu pekat dan kadar air rendah, sangat mencerminkan Sumbawa yang panas dan cenderung memiliki daerah kering. Jenis madu ini baik untuk kesehatan ibu hamil dan menjaga kekebalan tubuh.

Manfaat madu untuk ibu hamil ini bisa didapat dengan konsumsi rutin dan sesuai anjuran. Selain itu ketahui apa kandungan dari madu sehingga sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Kandungan madu

Menurut Mayo Clinic, madu memiliki rasa manis alami dan menyehatkan, kandungan alami dari madu antara lain:

  • Vitamin
  • Mineral
  • Asam amino
  • Zat besi
  • Zinc
  • Antioksidan

Madu juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga sangat direkomendasi sebagai minuman kesehatan.

Manfaat madu untuk ibu hamil

Dengan kandungan alaminya, madu memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu hamil antara lain:

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Ibu hamil perlu asupan gizi dan makanan pendamping yang dapat membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan janin sampai melahirkan. Dengan konsumsi madu, sistem imun menjadi terjaga dan tubuh dapat melawan infeksi dengan sendirinya.

2. Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Madu dapat mendatangkan efek yang menenangkan apabila dicampur ke dalam minuman jahe atau lemon. Dengan minum madu, ibu hamil dapat sembuh dari sakit tenggorokan dan batuk. Minuman ini bisa jadi alternatif mengobati batuk selain obat.

3. Membantu melawan dingin

Kalau lagi musim dingin atau tinggal di daerah yang relatif dingin, minum madu saat hamil, bisa membantu menghangatkan tubuh. Selain itu, sifat antivirus pada madu dapat membantu ibu hamil melawan dingin sehingga menghindari flu dan penyakit lain akibat tubuh mengalami suhu yang terlalu rendah.

4. Meredakan insomnia

Manfaat madu untuk ibu hamil dapat menjadi minuman penghilang stress dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Dengan kualitas tidur yang baik, ibu hamil dapat menjalani kehamilan dengan segar dan lebih sehat.

5. Cegah alergi

Kandungan antigen pada beberapa varietas madu dapat membantu melawan alergi pada ibu hamil seperti bersin, gatal, bengkak atau ruam. Dengan konsumsi teratur, alergi menjadi hilang dan tidak kambuh lagi.

6. Kulit kepala sehat

Beberapa ibu hamil biasanya mengeluhkan kondisi rambut rontok atau lainnya. Nah, madu memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri sehingga dapat digunakan sebagai perawatan rambut sehat selama kehamilan.

Tips mengonsumsi madu untuk ibu hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil dapat lebih maksimal dirasakan apabila dikonsumsi dengan cara yang benar. Berikut ini adalah tips mengonsumsi madu bagi ibu hamil:

  • Perhatikan takaran konsumsi madu. Takaran madu yang disarankan untuk ibu hamil adalah 3 hingga 5 sendok makan atau setara dengan 180-200 kalori. Jika berlebihan dapat berisiko memicu penyakit diabetes gestasional.
  • Waspada reaksi alergi pada beberapa jenis madu. Beberapa jenis madu dapat mengakibatkan alergi bagi orang tertentu sehingga bisa berkonsultasi dengan dokter saat merasakan alergi setelah mengonsumsi madu.
  • Pilih madu alami tanpa gula. Untuk menghindari risiko diabetes, ibu hamil juga perlu cek bahan tambahan pada madu dan hindari madu dengan tambahan gula.
  • Jangan menambahkan air panas. Mencampur madu dengan air panas dapat merusak kandungan dan nutrisi madu yang bermanfaat. Konsumsi langsung atau campurkan dengan air dengan suhu normal.
  • Hindari makanan yang dilarang dimakan bersama madu. Beberapa jenis madu tidak cocok dengan bahan makanan tertentu, seperti campuran madu dan tahu yang dapat membuat sakit perut.

Manfaat madu untuk ibu hamil tentunya bisa membantu menjaga kesehatan dan efek baik lainnya jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Pastikan kamu memperhatikan apa saja manfaat dan bagaimana mengonsumsi madu agar kehamilan menjadi lancar.

Reference
Share