singing bowl

Close-up of a Tibetan singing bowl in your hands – Translation of mantras: transform your impure body, speech and mind into a pure exalted body, speech and mind of a Buddha.

Singing bowl menarik banyak perhatian semenjak perhelatan Moto GP Mandalika beberapa waktu lalu. Benda berbentuk layaknya mangkuk ini ternyata memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh. Bahkan, kerap digunakan sebagai terapi untuk mengatasi gangguan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Apa itu singing bowl?

Singing bowl adalah sejenis lonceng bergetar yang menghasilkan nada pada saat dimainkan. Lonceng berbentuk mangkuk yang satu ini dikatakan dapat meningkatkan relaksasi dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bahkan, biksu buddha sendiri sudah lama menggunakannya untuk melakukan latihan meditasi. Selain itu, beberapa praktisi kesehatan seperti terapis pijat dan juga juga menggunakan alat ini sebagai bentuk perawatan

Asal usul singing bowl

Ada beberapa perdebatan mengenai asal usul lonceng bergetar yang satu ini. Meskipun ada sejumlah bukti yang menunjukan bahwa benda ini berasal dari Cina sekitar abad ke-16 SM. Awalnya, mangkuk tradisional ini terbuat dari berbagai jenis logam termasuk timah, merkuri, besi, perak, tembaga sampai emas.

Pada tahun 1970an, orang mulai membawa mangkuk tersebut ke barat dan mangkuk ini semakin populer di tahun 1990an untuk digunakan sebagai pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat singing bowl untuk kesehatan

Singing bowl sejak dahulu dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan, bahkan digunakan untuk terapi. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menghilangkan stres

Beberapa penelitian menunjukan adanya efek positif penggunaan singing bowl untuk meningkatkan relaksasi, serta membantu mengurangi rasa cemas.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Terapi menggunakan lonceng bergetar ini juga dikaitkan dengan penurunan kecemasan dan juga ketegangan, serta membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung hal ini.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi pendahuluan yang terbit dalam American Journal of Health Promotion tahun 2014, melakukan penelitian manfaat sesi relaksasi terarah dengan menggunakan singing bowl selama 12 menit. Hasilnya menunjukan adanya penurunan tekanan darah sistolik dan detak jantung yang lebih besar dibandingkan dengan diam sebelum sesi dimulai.

4. Mengurangi depresi

Salah satu studi juga mengaitkan terapi singing bowl dengan perbaikan suasana hati. Selain itu, pendekatan ini juga mungkin menjadi salah satu cara untuk mengurangi gejala depresi dengan biaya yang lebih murah.

5. Merangsang sistem kekebalan

Beberapa manfaat lain dari penggunaan mangkuk ini adalah dapat merangsang sistem kekebalan serta menghasilkan perubahan yang baik dalam gelombang otak.

6. Pereda nyeri

Dilansir dari Verywellmind, sebuah studi yang mengamati nyeri tulang belakang kronis menemukan bahwa orang yang menjalani terapi singing bowl, mengalami penurunan intensitas nyeri yang signifikan serta menunjukan adanya penurunan stres. Namun, di sisi lain efektivitas terapi ini untuk menghilangkan rasa sakit tidak dapat dikonfirmasi karena perawatan plasebo juga memiliki efek yang sama.

Mitos atau fakta singing bowl baik untuk kesehatan mental

Lonceng bergetar berbentuk mangkok ini memang kerap digunakan sebagai terapi untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan mental. Namun, apakah klaim tersebut memang sudah terbukti secara ilmiah?

Terapi singing bowl dapat memperbaiki mood atau suasana hati, yang akhirnya akan berdampak pada penurunan depresi. Menurut jurnal ilmiah berjudul Effects of Singing Bowl Sound Meditation on Mood, Tension, and Well-being: An Observational Study (2016) yang dipublikasikan di SAGE Journals, meditasi melalui efek suara dapat membantu meredakan kecemasan, meningkatkan kesejahteraan spiritual dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukan adanya potensi terapi ini untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan mental termasuk menghilangkan stres dan depresi. Namun, tentu perlu penelitian lebih jauh untuk melihat efektivitas dari manfaat tersebut.

Tips menggunakan singing bowl

Berbagai manfaat bisa kamu dapatkan jika menggunakan singing bowl dengan cara yang benar. Berikut tips menggunakan mangkuk yang satu ini.

  • Pegang mangkuk di telapak tangan kiri, atau letakkan di lantai.
  • Pegang palu di tangan kanan, di antara jari telunjuk dan ibu jari, seperti saat menggunakan pena
  • Pukul mangkuk di area luar atau di tepi bagian dalam
  • Pukul dengan lembut terlebih dahulu kemudian secara bertahap pukul lebih keras namun jangan menggunakan kekuatan penuh. Nantinya, secara perlahan kamu akan menyadari area dan tekanan seperti apa yang membuat suara yang paling menenangkan untuk kamu.
Share artikel ini
Reference