penyakit kulit eksim

Penyakit kulit eksim atau eksem merupakan penyakit kulit yang cukup umum terjadi. Karena penyebab timbulnya belum diketahui, banyak orang berpikir bahwa penyakit ini menular dan mengucilkan penderitanya.

Ada beragam gejala eksim, seperti kulit kering bersisik, gatal, dan berkerak. Gejala khusus lainnya seperti kerak di kepala dan bercak melingkar bisa jadi menunjukkan jenis eksim yang berbeda. Obat resep seperti antihistamin dan salep bisa jadi solusi untuk kamu. Beberapa cara alami juga bisa kamu baca di artikel ini.

Apa itu eksim?

Eksim adalah bercak kulit yang meradang, gatal, pecah-pecah, dan kasar. Beberapa jenis eksim juga dapat menyebabkan lecet. Tergantung pada jenis eksim, kulit bisa terlihat merah dan ruam atau ditutupi dengan plak bersisik atau lepuh yang mengalir.

Banyak orang menggunakan kata eksim ketika merujuk pada dermatitis atopik, yang merupakan jenis yang paling umum. Istilah atopik mengacu pada kumpulan kondisi yang melibatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk dermatitis atopik, asma, dan demam. Padahal, penyakit kulit eksim memiliki banyak jenis dengan gejala yang berbeda.

Apakah eksim menular?

Tidak. Apa pun jenis eksimnya, kamu tidak dapat tertular dan menularkannya kepada orang lain. Salah satu alasan orang bertanya-tanya apakah itu menular adalah karena sebagian besar jenis eksim cenderung diturunkan dalam keluarga. Jika orang tua memiliki eksim, kemungkinan besar anak mereka juga akan mengalaminya.

Namun demikian, bila ketahanan fisikmu buruk, akan ada kemungkinan kamu mendapatkan eksim dari orang lain. Kulit merupakan medan kekuatan yang mencegah bakteri masuk. Begitu ada celah di penghalang itu, kulit akan lebih rentan terkena – dan mungkin menularkan – infeksi bakteri dan virus.

Penyebab eksim

Meskipun penyakit kulit eksim biasa terjadi, masih banyak yang belum diketahui, seperti mengapa hal itu muncul. Kurangnya pengetahuan tersebut seringkali menimbulkan salah paham. Para peneliti tidak mengetahui penyebab pasti penyakit kulit eksim, tetapi banyak ahli kesehatan percaya bahwa eksim berkembang dari kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Beberapa faktor yang dapat memunculkan gejala eksim di antaranya:

  • Iritasi yang disebabkan oleh sabun, deterjen, sampo, desinfektan, jus dari buah-buahan segar, daging, dan sayuran.
  • Alergi oleh tungau debu, hewan peliharaan, serbuk sari, dan jamur. Ini dikenal sebagai eksim alergi.
  • Mikroba, termasuk bakteri seperti staphylococcus aureus, virus, dan jamur tertentu.
  • Suhu panas dan dingin: cuaca yang sangat panas dan sangat dingin, kelembapan tinggi dan rendah, dan keringat akibat olahraga dapat menyebabkan eksim.
  • Makanan dari olahan susu, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian, produk kedelai, dan gandum dapat menyebabkan eksim.
  • Stres, meski bukan penyebab langsung eksim, tetapi dapat memperburuk gejala.
  • Hormon. Wanita mungkin mengalami peningkatan gejala eksim ketika kadar hormon mereka berubah, seperti saat hamil dan pada titik-titik tertentu dalam siklus menstruasi.

Jenis-jenis eksim

Dermatitis atopik merupakan bentuk eksim yang paling umum. Selain karena gen, dermatitis ini juga terkait dengan gangguan alergi lainnya, seperti asma dan demam, dan sering dimulai pada masa kanak-kanak. Banyak anak-anak mengatasi itu, tetapi itu bisa menyala dan mati di masa dewasa.

Selain dermatitis atopik, berikut ini jenis-jenis eksim lainnya.

  1. Dermatitis seboroik: ditandai oleh bercak berminyak dan bersisik, biasanya pada kulit kepala, kemungkinan disebabkan oleh reaksi parah terhadap jumlah tinggi jamur malassezia pada kulit, psoriasis, jerawat, rosacea, serta berbagai penyakit lainnya, stres, cuaca kering, atau kontak dengan bahan kimia yang keras.
  2. Dermatitis kontak alergi: reaksi kulit yang terjadi setelah kontak dengan zat atau alergen yang dikenali oleh sistem kekebalan sebagai benda asing.
  3. Eksim dishidrotik: mengacu pada iritasi kulit pada telapak tangan dan telapak kaki. Hal ini ditandai dengan lepuh.
  4. Neurodermatitis: ditandai oleh bercak kulit bersisik di kepala, lengan bawah, pergelangan tangan, dan kaki bagian bawah. Ini terjadi karena gatal lokal, seperti dari gigitan serangga.
  5. Eksim diskoid: juga dikenal sebagai eksim nummular, jenis ini muncul dengan bercak melingkar pada kulit yang teriritasi yang dapat berkerak, bersisik, dan gatal.
  6. Dermatitis stasis: mengacu pada iritasi kulit pada kaki bagian bawah. Biasanya berhubungan dengan masalah peredaran darah.

Masyarakat sering membedakan eksim dalam dua kategori sederhana, yaitu: eksim basah dan eksim kering. Eksim basah adalah penyakit kulit dengan kondisi eksim yang bernanah, sedangkan yang kering ditandai dengan kulit kering dan bersisik.

Gejala umum eksim

Dalam kebanyakan kasus, gejala eksim tergolong ringan. Gejala eksim yang paling umum meliputi:

  • kulit kering bersisik
  • kulit memerah
  • gatal
  • luka terbuka atau berkerak

Bagi kamu yang memiliki kulit gelap, ruam eksim mungkin tampak abu-abu atau coklat. Hal ini dapat membuat eksim lebih sulit untuk dilihat. Namun, kamu juga bisa mendapatkan bercak kulit gelap atau terang bahkan setelah gejala eksim hilang. Ini bisa bertahan lama.

Orang dewasa yang menderita dermatitis atopik saat anak-anak tetapi tidak lagi mengalami kondisi tersebut mungkin masih memiliki kulit kering atau mudah teriritasi. Penampilan kulit yang terkena dermatitis atopik tergantung pada seberapa banyak ia menggaruk dan apakah kulit terinfeksi. Menggaruk dan menggosok lebih lanjut dapat mengiritasi kulit, meningkatkan peradangan, dan memperburuk rasa gatal.

Obat eksim

Saat ini belum ada obat untuk eksim. Namun, profesional medis dapat meresepkan beberapa obat untuk mengobati gejala eksim, termasuk:

  1. Krim dan salep kortikosteroid topikal
  2. Obat oral
  3. Antibiotik
  4. Antihistamin
  5. Penghambat kalsineurin topikal
  6. Pelembap perbaikan kulit
  7. Obat yang disuntikkan

Kamu juga bisa mencoba pengobatan alami untuk mengurangi gejala eksim, dengan memakai:

  • Havermut
  • Minyak kelapa
  • Minyak bunga matahari
  • Akupunktur

Meskipun eksim belum dapat disembuhkan, setiap orang harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rencana perawatan yang disesuaikan. Bahkan setelah area kulit sembuh, penting untuk terus merawatnya, karena dapat dengan mudah menjadi iritasi lagi.

Nah, berikut ini beberapa kiat untuk mempertahankan kesehatan kulit dan meringankan gejala eksim. Kamu dapat mencoba:

  1. mandi air hangat
  2. oleskan pelembab 3 menit setelah mandi dan gunakan setiap hari
  3. memakai katun dan kain lembut
  4. hindari pakaian dengan serat kasar dan ketat
  5. gunakan sabun ringan atau pembersih non-sabun
  6. menepuk kulit dengan handuk, jangan digosok
  7. hindari perubahan suhu dan aktivitas yang menyebabkan cepat berkeringat
  8. menjaga kuku tetap pendek untuk mencegah goresan agar tidak merusak kulit

Ingat untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Yang terpenting selalu jaga kesehatan untuk mencegah penyakit kulit eksim dan juga masalah kesehatan kulit lainnya.

Share artikel ini
Reference