cara mengatasi payudara kendur

Ternyata ada lho cara mengatasi payudara kendur dengan mudah. Payudara kendur merupakan kondisi yang sangat umum terjadi hampir pada semua wanita. Kondisi ini sering membuat tidak percaya diri. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kondisi kesehatan tubuh, usia, dan sebagainya.

Yuk cari tahu lebih jauh tentang cara mengatasi payudara kendur, penyebabnya, hingga cara mencegah payudara kendur dengan mudah. Penasaran, Yoonies?

Penyebab payudara kendur

Sebelum mengetahui cara mengatasai payudara kendur, kamu wajib mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Payudara kendur adalah kondisi payudara yang tampak lebih rendah, mengarah ke bawah, dan bagian atas payudara tidak terlihat penuh atau berisi.

Tingkat keparahan payudara kendur ada 3. Tingkat pertama adalah ketika posisi puting payudara kamu sejajar dengan lipatan payudara. Posisi puting payudara yang berada di bawah lipatan merupakan tingkat kedua, sedangkan tingkat ketiga adalah ketika puting mengarah ke bawah.

Berikut beberapa penyebab payudara kendur atau ptosis payudara:

  1. Faktor usia membuat kulit payudara akan menjadi kurang kencang dan kurang mampu menahan berat jaringan payudara di bawahnya
  2. Semakin besar ukurannya semakin kendur pula payudara
  3. Perubahan hormon
  4. Kehamilan
  5. Penambahan berat badan
  6. Penurunan berat badan ekstrim
  7. Menopause
  8. Merokok
  9. Paparan sinar UV matahari yang berlebihan memecah kolagen dan elastin pada kulit payudara
  10. Olahraga berat yang ekstrem dan berintensitas tinggi dapat menyebabkan jaringan ikat pada payudara rusak dan membuatnya kendur
  11. Penyakit kanker payudara dan tuberkulosis dapat melemahkan jaringan penyangga payudara

Payudara Gatal Pertanda Haid atau Hamil, Ini Jawabannya!

Cara mengatasi payudara kendur

cara mengatasi payudara kendur dan penyebabnya

Jika kamu merasa tidak percaya diri dengan penampilan karena payudara terlihat kendur, kamu bisa mencoba beberapa cara agar payudara lebih kencang. Berikut beberapa cara mengatasi payudara kendur:

1. Menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran payudara

Salah satu cara untuk mengatasi payudara kendur adalah dengan menggunakan bra dengan ukuran yang tepat. Bra tidak dapat mengubah bentuk payudara, tetapi dapat menopang dan mengangkatnya.

Penggunaan bra yang ukurannya salah atau tidak tepat dengan ukuran payudara kamu akan membuatnya semakin kendur. Oleh karena itu, gunakanlah bra dengan ukuran yang tepat untuk mencegah payudara tampak kendur.

2. Olahraga khusus untuk tubuh bagian atas

Olahraga ternyata dapat membantu kamu untuk mengencangkan payudara, lho. Bagian bawah payudara terdiri dari otot-otot dada.

Jika kamu sering melakukan olahraga khusus untuk tubuh bagian atas, maka kamu dapat membuat otot-otot tersebut lebih kencang. Otot yang kencang akan membuat payudaramu juga menjadi kencang dan tidak kendur.

3. Operasi mengencangkan payudara

Kamu juga bisa meminta pertolongan medis sebagai salah satu cara mengatasi payudara kendur. Operasi mengencangkan payudara sudah terbukti sangat efektif untuk mengatasi kondisi payudara yang kendur. Operasi ini dengan menghilangkan kelebihan kulit untuk mengangkat payudara yang kendur.

Kenapa Puting Payudara Hitam? Ternyata Ini Beragam Penyebabnya!

Bagaimana cara mencegah payudara kendur?

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasi payudara kendur, kamu juga perlu melakukan pencegahan agar payudara kamu tetap kencang. Ada beberapa cara mencegah payudara kendur. Ini tips yang bisa kamu terapkan:

1. Penuhi nutrisi dalam tubuh

Tidak ada yang bisa mencegah penuaan kulit di tubuh, tapi kamu bisa menundanya dengan memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Kamu bisa mencegah payudara kendur dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit payudara, seperti buah dan sayuran. Jangan lupa banyak minum air putih.

2. Hindari merokok

Salah satu faktor penyebab kulit tubuh dan juga payudara kendur adalah tembakau yang ada pada rokok. Tembakau pada rokok dapat memecah kolagen kulit dan membuat kulit terlihat kurang berisi.

3. Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari menjadi faktor pemicu kerusakan kulit, akibatnya kulit menjadi kendur. Kamu bisa menghindari hal ini dengan menggunakan tabir surya dan mengoleskannya ke payudara kamu.

Meskipun payudara kamu tidak terpapar sinar matahari langsung, kerusakan kulit di sekitar payudara tidak akan mampu lagi untuk membantu menahan berat payudara.

4. Jagalah berat badan ideal

Sebisa mungkin jaga berat badan idealmu. Menambah dan menurunkan berat badan dapat meregangkan kulit kamu dan kemampuannya untuk kembali kencang akan menurun.

Hindarilah diet ekstrem atau terlalu banyak mengonsumsi makan tidak sehat yang akan memicu penambahan berat badan secara drastis.

7 Penyebab Payudara Bengkak Nyeri dan Cara Mengatasinya

Bagaimana, Yoonies? Kamu sekarang sudah paham kan apa saja penyebab, cara mengatasi payudara kendur, dan juga beberapa pencegahan agar kencang? Semoga informasi di artikel ini bermanfaat untukmu, ya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference