madu penyubur kandungan
Kehamilan Perencanaan

Madu Penyubur Kandungan, Sukses Cepat Hamil!

Putri Aprillia | Maret 22, 2022
Share

Pasangan suami istri umumnya mendambakan keturunan secepat mungkin ya ladies. Namun terkadang kehamilan tidak kunjung datang sehingga memerlukan rekomendasi dokter untuk meningkatkan kesuburan. Salah satunya adalah madu penyubur kandungan.

Apakah jenis madu ini mempunyai khasiat yang besar sehingga bisa menyuburkan kandungan? Yuk simak fakta dari jenis madu penyubur ini.

Apa itu madu penyubur?

Madu penyubur kandungan adalah minuman yang khusus dikonsumsi agar dapat meningkatkan kesuburan. Tentu saja madu jenis ini sudah banyak digunakan baik oleh pria dan wanita sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan. Madu memiliki nutrisi dan kandungan yang sudah terbukti dapat membantu menjaga sistem imun menjadi lebih tinggi.

Madu juga sejak dahulu digunakan sebagai salah satu obat yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan karena mengandung anti radang dan antioksidan. Madu bisa digunakan sebagai alternatif obat untuk membantu pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Kandungan dalam madu penyubur kandungan

Madu merupakan obat populer dalam dunia kesehatan. Madu kerap digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk kesehatan dan juga sebagai penyubur kandungan. Kandungan dalam 100 gram madu mempunyai nutrisi lengkap seperti:

  • 0,3 gram protein
  • 79,5 gram karbohidrat
  • 0,2 gram serat
  • 5 mg kalsium
  • 16 mg fosfor
  • 0,9 mg besi
  • 6 mg natrium
  • 26,9 mg kalium
  • 0,04 mg tembaga
  • 0,2 mg seng
  • 0,04 mg riboflavin atau vitamin B2
  • 0,1 mg niacin atau vitamin B3
  • 4 mg vitamin C

Nutrisi madu yang sangat tinggi ini merupakan fakta madu yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan juga penyubur kandungan. Apa manfaat madu sebagai penyubur kandungan?

Manfaat madu penyubur kandungan

Sebagai obat tradisional yang memiliki kandungan tinggi dalam nutrisinya. Ada manfaat madu yang perlu diketahui baik itu untuk pria dan wanita. Apa saja khasiatnya?

Manfaat madu untuk wanita

Manfaat madu yang bisa dirasakan oleh wanita adalah asam amino-nya. Asam ini dapat membantu meningkatkan fungsi pada ovarium. Jika fungsi ovarium meningkat, maka sistem reproduksi akan lebih baik. Komponen ini dapat membantu meningkatkan masa subur sehingga peluang kehamilan akan semakin besar ya, ladies.

Namun untuk memiliki jenis madunya perlu berkonsultasi dulu dengan dokter agar dapat direkomendasikan madu terbaik dan konsumsi madu yang tepat untuk kesuburan.

Manfaat madu untuk pria

Madu untuk pria dapat membantu meningkatkan produksi pada hormon testosteron. Kandungan madu berupa vitamin B dapat membantu pria dengan kondisi impoten atau disfungsi ereksi. Madu memiliki kandungan oksida nitrat sehingga meningkatkan ereksi. Sementara bee pollen dalam madu dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan pria.

Tips Konsumsi madu penyubur kandungan

Saat ini madu memiliki banyak produk yang beredar di pasaran. Apakah semuanya bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan? Tentu saja tidak. Ada beberapa jenis madu yang bisa kamu konsumsi dengan kriteria berikut ini:

  • Perhatikan jenis madu penyubur yang akan digunakan. Jenis madu murni tanpa campuran bisa menjadi pilihan yang tepat untuk madu penyubur kandungan. Jenisnya juga sangat beragam seperti bee pollen, royal jelly atau madu manuka yang dikenal baik untuk kesuburan.
  • Walaupun madu sangat baik untuk kesehatan, namun dalam konsumsi harian, takarannya juga harus disesuaikan sehingga bisa tepat untuk dapat digunakan sebagai penyubur kandungan.
  • Perhatikan legalitas madu. Perhatikan selalu legalitas madu dan pastikan bahwa madu aman dan sudah mendapat lisensi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM.
  • Rekomendasi dan konsultasi ke dokter. Bagi pasangan yang mempunyai riwayat penyakit tertentu dapat berkonsultasi dulu dengan dokter sehingga dapat mengonsumsi jenis madu penyubur kandungan yang tepat dan aman.

Madu memang obat tradisional yang sangat tepat untuk menunjang kesehatan, hal ini karena didukung oleh kandungan pada madu yang tinggi manfaat. Apa saja kandungan dalam madu?

Reaksi setelah minum madu penyubur kandungan

Perlu diketahui bahwa tidak semua madu dapat digunakan sebagai penyubur kandungan. Tentunya ada beberapa jenis madu yang paling baik dikonsumsi seperti madu murni dan tidak dicampur dengan bahan lain, apalagi dengan tujuan kesuburan. Pilihan madu yang masih baru atau organik dapat meningkatkan peluang kesuburan lebih baik.

Reaksi madu, semakin baru maka akan semakin baik untuk kesuburan. Selain itu kamu dan pasangan dapat mencampurkan madu dengan kayu manis karena dapat melancarkan aliran darah menuju ke organ sehingga akan lebih baik untuk proses reproduksi kandungan.

Tentunya kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk merekomendasikan madu terbaik sehingga dapat menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Madu penyubur kandungan, mitos atau fakta?

Madu sebagai penyubur kandungan bukanlah suatu mitos ya, ladies. Kandungan madu yang sangat tinggi manfaatnya dalam kesehatan juga dapat meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan. Dalam riset yang dilakukan oleh Animal Physiology and Nutrition menemukan fakta bahwa royal jelly dan bee pollen dapat meningkatkan kesuburan pasangan.

Disamping itu, untuk membantu mendapatkan keturunan lebih cepat dengan beberapa tips berikut ini:

Hitung masa subur

Menghitung masa subur bisa dilakukan dengan menghitung masa ovulasi. Biasanya masa ovulasi terjadi pada hari ke 10-14 setelah hari pertama menstruasi terakhir. Melakukan hubungan seksual pada masa ovulasi dapat memperbesar kemungkinan pembuahan.

Aktif olahraga

Olahraga rutin dipercaya sebagai salah satu cara untuk dapat meningkatkan peluang kehamilan. Pilih olahraga ringan namun dapat dilakukan secara rutin sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Capai berat badan ideal

Perempuan yang memiliki kelebihan lemak atau obesitas bisa mempengaruhi siklus menstruasi menjadi berantakan dan mengganggu proses keturunan. Faktor kesuburan bisa dipengaruhi oleh berat badan sehingga penting untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Konsumsi makanan antioksidan

Makanan antioksidan sangat baik untuk kesehatan sehingga bisa memperbaiki kesehatan sperma pria. Makanan dengan kandungan antioksidan tinggi yaitu kepiting, daging merah, buah-buahan seperti semangka, tomat, jeruk, kiwi, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Konsumsi makanan kaya serat

Makanan yang kaya akan serat dapat mengendalikan hormon dan menjaga kadar gula seimbang. Jenis makanan dengan serat yang tinggi juga dapat menghilangkan hormon estrogen dalam tubuh yang berlebihan.

Hindari stres

Stres dapat menyebabkan perubahan pada hormon sehingga kemungkinan hamil juga akan menurunkan. Hindari stres dan kondisi tertekan sepanjang waktu sehingga dapat mempersiapkan diri untuk kehamilan.

Selain itu kamu dan pasangan juga sudah mulai bisa meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi kopi, alkohol berlebihan dan kebiasaan merokok. Gaya hidup sehat akan menunjang kamu dan pasangan agar dapat segera memperoleh keturunan.

Gaya hidup yang sehat sangat membantu pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Asupan madu penyubur kandungan dapat menjadi pilihan untuk membantu kesuburan dan meningkatkan peluang kehamilan ya, ladies!

Reference
Share