manfaat dan efek samping air garam untuk wajah

Pada umumnya masalah kulit wajah berminyak atau berjerawat dapat diatasi dengan penggunaan berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit.

Eits, selain produk kecantikan, tahukah kamu bahwa bahan alami seperti garam juga dapat membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat?

Garam mengandung berbagai mineral seperti sodium, magnesium, zat besi, potassium, dan kalsium yang dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit wajah.

Supaya lebih jelas, yuk baca selengkapnya mengenai manfaat air garam untuk wajah berikut ini! 

Manfaat air garam untuk wajah

manfaat air garam untuk wajah

Punya berbagai masalah kulit wajah? Coba air garam untuk mengatasinya! Ini dia beberapa manfaat air garam untuk wajah.

1. Sebagai masker wajah

Garam laut yang dicampur dengan madu dapat digunakan sebagai produk perawatan kulit alami jika kamu sedang tidak punya masker di rumah.

Magnesium dalam garam dan flavonoid dalam madu memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu meredakan iritasi.

Cara membuatnya sangat mudah, yaitu  dengan mencampurkan 2 sendok teh garam laut yang ditumbuk halus dengan 4 sendok teh madu asli.

Lalu, aduk hingga kedua teksturnya seperti pasta. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan biarkan mengering sekitar 10-15 menit.

Setelah itu, cuci wajah dan kamu bisa melanjutkan perawatan wajah seperti biasa.

2. Sebagai toner 

perbedaan toner dan micellar water

Manfaat air garam untuk wajah selanjutnya adalah untuk membersihkan pori-pori, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan dapat digunakan sebagai toner.

Toner air garam dapat menyeimbangkan produksi sebum (minyak) pada wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan garam dengan dua gelas air hangat atau panas.

Lalu, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot kecil. Pastikan garam dan air benar-benar larut. Gunakan dua kali sehari dan hindari kontak dengan area mata.

Kenali Jenis-Jenis Toner dan Manfaatnya untuk Kulit

3. Mengangkat sel kulit mati

Penumpukan sel kulit mati dapat membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Cobalah garam laut kasar untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

Gunakan juga cuka sari apel dan daun mint untuk mengurangi peradangan. Caranya, campurkan 1/8 garam laut dengan cuka sari apel secukupnya dan tambahkan 1-2 daun mint yang sudah dicincang halus.

Aduk sampai campuran bahan menjadi pasta. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah dan pijat lembut dengan gerakan memutar.

4 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Pada Tubuh Lebih Efektif

4. Mengurangi jerawat

Air garam dapat membantu menyembuhkan iritasi kulit dan mengatasi jerawat. Kamu cukup mencampurkan 1 cangkir air hangat dengan 3 sendok makan garam laut.

Cuci muka dengan air garam tersebut. Jika jerawat sedang meradang, jangan langsung mencuci muka dengan air garam.

Gunakan kain lembut untuk menekan area wajah yang berjerawat selama 3-4 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan wajahmu .

5. Meredakan gejala eksim dan psoriasis

penyakit kulit eksim

Eksim dan psoriasis merupakan penyakit kulit dengan gejala yang mirip seperti kulit gatal dan kering. Ternyata, garam memiliki manfaat untuk meredakan kedua gejala tersebut di wajah.

Menurut sebuah studi, garam laut mengandung magnesium, kalsium, dan potasium yang dapat meningkatkan fungsi skin barrier pada penderita eksim sehingga kulit tidak terlalu kering dan gatal.

Selain itu, kandungan mineralnya membantu membersihkan lapisan kulit yang menumpuk pada penderita psoriasis.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Air garam memiliki manfaat dalam mempercepat penyembuhan luka di wajah. Hal ini berkat kemampuan garam untuk membunuh bakteri berbahaya pada kulit.

Air garam merangsang pertumbuhan jaringan kulit yang dapat menutupi luka dan mengeringkan luka dengan cepat.

Caranya, campurkan 2 sendok teh garam ke dalam 1 liter air mendidih. Setelah itu, cuci muka dengan air hangat yang mengalir.

Kemudian rendam kain kasa dalam larutan garam dan seka kulit yang luka dengan lembut.

8 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam bagi Kesehatan

Efek samping air garam untuk wajah

Manfaat air garam untuk wajah

Di samping berbagai manfaat air garam untuk wajah, ada beberapa potensi efek samping yang perlu kamu ketahui. 

1. Kulit terasa kering

Salah satu bahaya yang ditimbulkan air garam pada wajah adalah kulit kering, terutama jika perawatan dengan air garam dilakukan secara berlebihan.

Hal ini juga terutama dialami oleh orang-orang dengan kulit kering dan saat cuaca dingin. Selain itu, jika tidak dicuci bersih, sisa garamnya bisa membuat kesehatan kulit wajah justru menurun.

2. Reaksi alergi

Bahaya air garam selanjutnya bagi kulit wajah adalah reaksi alergi. Bagi orang yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah kulit serius di wajah, biasanya aman menggunakan air garam di wajah.

Berbeda dengan orang memiliki kulit sensitif, terutama penderita alergi. Reaksi alergi bisa terjadi sebagai efek samping air garam pada wajah, tergantung pada tingkat keparahan alergi.

Ada beberapa reaksi yang bisa terjadi, seperti gatal, ruam, kulit kemerahan, bahkan kesulitan bernapas. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi apakah kulitmu cocok untuk perawatan dengan air garam.

3 Penyebab Alergi Kacang dan Cara Mengatasinya!

3. Memicu jerawat

Sakah satu manfaat air garam memang dapat mengurangi jerawat, namun beberapa orang justru bisa mengalami sebaliknya.

Menggunakan air garam di wajah terlalu lama dan tidak mencuci kulit secara menyeluruh dapat menyumbat pori-pori. Sehingga, dapat memunculkan efek samping jerawat pada kulit. 

4. Iritasi kulit

Efek samping air garam untuk wajah selanjutnya adalah menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit.

Ini bisa terjadi saat kamu menggunakan air garam di wajah untuk mengangkat sel kulit mati yang menjadi terlalu keras dan mengiritasi kulit.

Nah, itu dia beberapa manfaat air garam untuk wajah serta efek samping yang mungkin terjadi pada kulitmu. Konsultasikan ke dokter dulu jika kamu ingin melakukan perawatan dengan air garam ya! Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference