Manfaat merendam air garam
Gaya Hidup Hidup Sehat

8 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam bagi Kesehatan

Putri Aprillia | Februari 20, 2022
Share

Sama seperti wajah, kaki juga memerlukan perawatan. Salah satu cara merawatnya adalah merendam kaki dengan air garam. Biasanya, orang menggunakan rendaman air garam untuk mengatasi berbagai keluhan yang berkaitan dengan kaki.

Beberapa orang percaya bahwa merendam kaki dengan air garam dapat membersihkan tubuh dari racun. Tapi, sebenarnya, apa saja manfaat merendam kaki dengan air garam? Simak lebih lanjut artikel ini untuk tahu apa saja manfaat bagi kesehatan.

Manfaat merendam kaki dengan air garam

Merendam kaki dengan larutan garam selain menyenangkan juga menyehatkan. Terapi ini sudah dilakukan sejak dulu. Melakukannya juga tidak memerlukan banyak peralatan, hanya perlu menggunakan ember atau baskom yang diisi air dan garam saja.

Merendam kaki ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat sehat yang bisa kamu peroleh.

Mengatasi kutu air

Merendam kaki dengan larutan garam dapat melawan jamur penyebab kutu air. Manfaat yang satu ini dapat diperoleh karena kandungan garam pada air bisa menjadi antiseptik.

Meredakan peradangan

Sementara banyak orang mengklaim bahwa rendaman garam bisa menghilangkan racun dari tubuh, sebenarnya belum ada bukti kuat tentang hal ini.

Namun, merendam kaki ini sebenarnya dapat membantu proses penyerapan magnesium yang meningkatkan kadar mineral dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

Mengeksfoliasi kulit

Merendam kaki dengan larutan garam bisa dijadikan cara mengeksfoliasi kulit. Air rendamannya mampu mengangkat sel kulit mati pada kaki. Hal ini dapat membantu agar kaki menjadi lebih lembut.

Mengurangi bau

Hal ini juga bisa mengurangi bau dan membersihkan kaki. Menjaga kaki tetap bersih dan bebas dari bakteri bisa bermanfaat untuk kesehatan kaki secara keseluruhan.

Menurunkan tekanan darah

Penderita hipertensi juga bisa memperoleh manfaat dari merendam kaki dengan larutan garam. Pasalnya, merendam kaki dengan air hangat ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Mengatasi insomnia

Terapi merendam kaki dengan air garam sangat efektif dalam mengatasi kesulitan tidur dan insomnia. Terapi ini bisa membuat otot-otot merasa rileks, memberikan rasa nyaman, dan menghilangkan rasa tegang pada tubuh.

Mengatasi pegal

Merendam kaki dengan air yang hangat dapat menghilangkan rasa pegal. Air hangat bisa membuat otot-otot kaki, tumit, dan betis menjadi lebih rileks. Air hangat juga bisa memperlancar aliran darah.

Meredakan stres

Merendam kaki dengan larutan garam dapat menenangkan pikiran setelah menjalani hari yang melelahkan. Sehingga, hal ini bisa mencegah dan meredakan stres.

Kandungan air rendaman dengan garam

Garam mengandung banyak mineral. Berikut ini adalah beberapa kandungan mineral pada garam yang biasa kita konsumsi.

  • Fosfor
  • Cobalt
  • Yodium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Mangan
  • Tembaga
  • Natrium
  • Flour
  • Kalium
  • Sulfur

Penjelasan medis merendam kaki dengan air garam

Menambahkan garam pada air untuk merendam kaki ternyata memang bermanfaat. Pasalnya, kandungan garam tersebut bisa menjadi antiseptik yang berguna dalam mengatasi infeksi pada kaki. Terapi ini juga berkhasiat bagi penderita eksim, karena bisa membantu proses penyembuhannya.

Air hangat yang digunakan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Terapi sederhana ini mendukung kinerja fagosit saat menjalankan detoksifikasi, yaitu proses membuang racun dan zat sisa yang ada dalam darah. Selain itu, terapi ini dapat menurunkan tekanan darah.

Dilansir dari Hello Sehat, telah dilakukan sebuah riset pada partisipan yang telah diukur tekanan darahnya. Setelah mereka merendam kaki dengan air hangat dan garam, tekanan darah mereka mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Namun, saat melakukan terapi sederhana ini, kamu harus ingat untuk menggunakan air yang bersih. Apabila kamu menggunakan air yang kurang bersih, hal ini bisa mengakibatkan dermatosis. Masalah kulit ini bisa berupa rasa nyeri, kemerahan, dan demam. Jadi, pastikan air yang kamu gunakan bebas bakteri dan kotoran lainnya.

Langkah-langkah merendam kaki dengan air garam

Merendam kaki dengan larutan garam dapat dilakukan dalam langkah-langkah berikut ini.

  1. Isi baskom dengan air hangat secukupnya sampai bisa menutupi mata kaki.
  2. Tambahkan setengah atau tiga perempat cangkir garam ke dalam air. Kamu bisa menggunakan garam dapur atau garam epsom.
  3. Rendam kaki kamu dalam selama 20 sampai 30 menit.
  4. Setelah selesai berendam, keringkan kaki secara menyeluruh.
  5. Kemudian, lembabkan kaki dengan menggunakan pelembab.

Tips merendam kaki dengan garam yang baik

Agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal, ikuti beberapa tips berikut ini ya.

  • Untuk meredakan rasa sakit pada kaki, gunakan air hangat dengan suhu antara 92°F dan 100°F.
  • Sebaiknya, jangan lakukan hal ini setiap malam. Cobalah untuk merendam kaki satu sampai dua kali dalam seminggu agar tidak menyebabkan kekeringan.
  • Agar kaki tidak kering setelah berendam, gunakan pelembab.
  • Pastikan air yang digunakan adalah air yang bersih dan bebas dari bakteri dan kotoran. Sehingga, tidak akan timbul masalah kulit pada kaki.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari merendam kaki menggunakan air garam. Tidak salahnya untuk mencobanya. Jika kamu ingin mencobanya, gunakan air yang bersih dan hangat ya!

Reference
Share