makanan pengurang kolesterol

Di dalam darah kamu, sebenarnya terdapat kolesterol. Tubuh kamu butuh kolesterol untuk membentuk sel-sel yang sehat. Tapi, jika kadarnya tinggi, hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, lho.

Bila kolesterol kamu tinggi, akan tercipta timbunan lemak di pembuluh darah. Sehingga, darah akan sulit untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, hal ini juga bisa membuat gumpalan penyebab stroke atau serangan jantung.

Kolesterol yang tinggi sebenarnya bisa diturunkan dengan olahraga dan obat-obatan. Ada pula daftar makanan pengurang kolesterol yang bisa dikonsumsi. Penasaran apa saja makanannya? Simak sampai selesai, ya!

Ciri-ciri orang yang terkena kolesterol

Kolesterol tinggi biasanya tidak disertai dengan gejala apa pun. Namun, ada juga beberapa gejala yang dirasakan jika kadar kolesterol tinggi. Misalnya, mudah lelah, sering mengantuk, nyeri kaki, tengkuk pegal, dan nyeri dada.

Satu-satunya cara yang konkret untuk mengetahui apakah kamu memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi adalah melalui tes darah.

Membiarkan kolesterol tinggi begitu saja tanpa adanya pengobatan bisa menyebabkan penumpukan plak dari waktu ke waktu, merusak jantung, dan meningkatkan serangan jantung atau stroke. 

Untuk itu, perlu mengonsumsi beberapa makanan pengurang kolesterol yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Waspada 7 Gejala Kolesterol Sejak Dini!

Penyebab kolesterol tinggi

Kadar Kolesterol Normal Wanita Dewasa

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis berikut ini.

  • Penyakit ginjal kronis
  • Diabetes
  • HIV/AIDS
  • Hipotiroidisme
  • Lupus

Kadar kolesterol juga dapat diperburuk oleh penggunaan beberapa jenis obat yang dikonsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti:

  • Jerawat
  • Kanker
  • Tekanan darah tinggi
  • HIV/AIDS
  • Irama jantung yang tidak teratur
  • Transplantasi organ

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol Efektif setelah Makan Berlebihan! 

Faktor risiko kolesterol tinggi

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kadar kolesterol menjadi tinggi mencakup:

1. Pola makan yang tidak sehat

Makan terlalu banyak lemak jenuh atau lemak trans bisa menyebabkan kadar kolesterol yang tidak sehat. Lemak jenuh biasanya ditemukan pada daging berlemak dan produk susu penuh lemak.

Lemak trans sering ditemukan dalam makanan ringan atau makanan penutup. Perlu konsumsi beberapa makanan pengurang kolesterol supaya lemak jenuh tidak menumpuk. 

2. Obesitas

Mengalami obesitas atau memiliki indeks massa tubuh sebesar 30 atau lebih bisa meningkatkan risiko untuk mengalami kolesterol tinggi.

3. Kurang olahraga

Olahraga membantu meningkatkan kolesterol yang baik. Jadi, kurang olahraga merupakan kebiasaan buruk yang perlu segera kamu ubah.

4. Merokok

Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik. Sehingga, tubuh akan menyimpan lebih banyak LDL atau kolesterol buruk. Hal ini berkaitan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

5. Minum alkohol

Kebiasan minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

6. Usia

Sebenarnya anak-anak yang masih kecil sekalipun bisa memiliki kolesterol tidak sehat, namun hal ini lebih sering terjadi pada orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Seiring bertambahnya usia, kemampuan hati dalam menghilangkan kolesterol LDL akan berkurang.

8 Daftar makanan pengurang kolesterol

Beberapa makanan yang bisa mengurangi kolesterol, antara lain:

1. Oat

oatmilk adalah salah satu makanan pengurang kolesterol

Makan semangkuk oatmeal atau sereal yang terbuat dari oat bisa menurunkan kolesterol. Kamu bisa menambahkan pisang atau stroberi agar rasanya lebih enak.

2. Barli atau biji-bijian utuh lainnya

Seperti gandum, barli dan biji-bijian lainnya bisa menurunkan risiko penyakit jantung melalui serat larutnya. Hal itu karena sayuran ini memiliki serat yang baik untuk menurunkan kolesterol. 

3. Buncis

Buncis banyak mengandung serat larut. Buncis perlu waktu untuk dicerna tubuh, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah memakannya. Itulah mengapa buncis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan.

4. Terong dan okra

Makanan pengurang kolesterol yang bisa kamu coba selanjunty adalah terong dan okra. Kedua sayuran yang kandungan kalorinya rendah ini merupakan sumber serat larut yang cukup baik.

Baca juga: Manfaat Terong untuk Ibu Hamil, Bisa Turunkan Kolesterol!

5. Kacang

Beberapa penelitian menemukan bahwa makan kacang tanah, almond, walnut, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk kesehatan jantung. Makan sekitar 2 ons dalam sehari bisa menurunkan LDL sekitar 4 persen. 

6. Apel

Buah-buahan seperti apel, jeruk, stroberi, dan anggur kaya akan pektin yang dapat menurunkan kolesterol LDL.

7. Kedelai

Makan kedelai dan makanan lainnya yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan susu kedelai efektif untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi 25 gram kedelai dalam sehari dapat menurunkan kadar LDL sebesar 5 sampai 6 persen.

8. Ikan berlemak

Makan ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu bisa menurunkan LDL. Omega-3 dalam ikan dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung serta mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

Itulah pembahasan mengenai kolesterol tinggi. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kamu memiliki kolesterol tinggi yaitu dengan meminta bantuan dokter untuk melakukan pemeriksaan darah. 

Share artikel ini
Reference