cara mengangkat sel kulit mati pada tubuh
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

4 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Pada Tubuh Lebih Efektif

Imelda Rahmawati | Maret 3, 2022
Share

Kulit tubuh akan selalu beregenerasi. Hal ini dapat menyebabkan adanya sel kulit mati yang muncul di permukaan kulit. Nah, sel-sel kulit mati yang menumpuk kemudian akan bercampur dengan keringat dan menyebabkan naik.

Kondisi tersebut menyebabkan kulit terlihat kusam dan lebih gelap. Namun, kamu tak perlu khawatir, berikut 4 cara mengangkat sel kulit mati pada tubuh yang bisa kamu coba.

Apa itu sel kulit mati?

Kulit secara alami melepaskan lapisan kulit terluar dari waktu ke waktu. Proses alami ini menyebabkan sel-sel pada kulit mati setiap hari. Bertambahnya usia kamu, pengelupasan terjadi pada kulit akan melambat sehingga menyebabkan kulit kamu lebih kering dan terasa gatal.

Cara mengangkat sel kulit pada tubuh artinya membantu kulit kamu untuk mempercepat proses pengelupasan kulit tersebut. Selain itu,  proses ini juga membantu meringankan beberapa kondisi kulit bermasalah. Itulah mengapa eksfoliasi jadi salah satu perawatan terbaik untuk kulit.

Penyebab sel kulit mati

Ada beberapa faktor penyebab sel kulit mati, di antaranya adalah:

1. Iklim

Penyebab munculnya sel kulit mati pertama adalah iklim. Ketika kondisi iklim kering, suhu terlalu rendah, kadar air di kulit akan menurun. Jika kamu tidak mengoleskan pelembap pada kulit setiap hari, justru akan membuat kulit menjadi kering. Kulit kering akan mempengaruhi proses regenerasi kulit, sehingga dapat memicu terjadinya penumpukan sel kulit mati.

2. Usia

Selain iklim, usia juga menjadi penyebab munculnya sel-sel kulit mati di wajah. Seiring bertambahnya usia, kemampuan regenerasi kulit akan semakin berkurang sehingga sel-sel kulit mati akan menumpuk. Bertambahnya usia juga berarti akan lebih sedikit minyak yang diproduksi kulit. Hal ini menyebabkan kulit cepat kering dan menyebabkan sel kulit mati menumpuk.

3. Lupa untuk eksfoliasi

Lupa melakukan eksfoliasi juga bisa menyebabkan munculnya sel kulit mati di wajah. Pengelupasan kulit berfungsi untuk membantu proses regenerasi agar lebih optimal secara rutin. Jika kamu tidak melakukan eksfoliasi, maka sel-sel kulit mati akan menumpuk.

4. Membersihkan wajah kurang maksimal

Penyebab munculnya sel kulit mati selanjutnya adalah pembersihan wajah yang kurang maksimal. Akumulasi sel kulit mati di wajah berasal dari makeup, kotoran, polusi dan minyak. Oleh karena itu, kamu harus membersihkan wajah secara optimal setiap hari.

5. Tidak menggunakan pelembap

Banyak wanita malas menggunakan pelembap, padahal menggunakan pelembab membantu kulit kamu regenerasi lebih baik. Perlu dipahami bahwa ketika kamu melakukan eksfoliasi dengan kondisi kulit kering, hal itu dapat membuat proses pergantian sel kulit tidak bekerja secara maksimal.

Ciri-ciri sel kulit mati

1. Kulit wajah terlihat kusam dan gelap

Jika kamu menginginkan kulit yang bersih, cerah, dan sehat, cobalah untuk mulai melakukan eksfoliasi secara rutin mulai dari sekarang. Pengelupasan kulit mati menggunakan scrub wajah akan membuat kulit kamu lebih lembut dan segar.

2. Jerawat sering muncul

Jika kamu sering mengalami breakout dan jerawat kecil yang menjamur, maka kamu perlu melakukan eksfoliasi. Proses eksfoliasi bisa membuka pori-pori minyak berlebih dan berperan besar dalam memudarkan bekas jerawat.

3. Pori-pori tampak besar dan komedo muncul

Ketika ada tumpukan kotoran dan kulit mati, pori-pori akan membesar untuk menampung semua kotoran di permukaan kulit. Pori-pori juga akan terlihat lebih jelas sehingga bisa mengganggu penampilan.

Cara mengangkat sel kulit mati pada tubuh

Berikut 4 cara mengangkat sel kulit mati pada tubuh dari bahan-bahan alami yang bisa kamu coba segera.

1. Oleskan jus lemon dan minyak zaitun

Cara mengangkat sel kulit mati pada tubuh selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran jus lemon dan minyak zaitun.

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat dan komedo. Sementara minyak zaitun mengandung asam lemak, yang dapat mengangkat sel kulit mati akibat debu dan efek sinar UV. Caranya membuat masker pengelupasan ini adalah:

  • Campur jus lemon dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1.
  • Oleskan secara merata pada kulit dan lakukan pijatan ringan, lalu biarkan selama 5-10 menit.
  • Kemudian, bilas menggunakan air bersih.

2. Bubuk kopi dapat mengangkat sel kulit mati

Ampas kopi merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati secara alami untuk semua jenis kulit. Bubuk kopi juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membuat kulit terlihat segar. Yuk, buat masker bubuk kopi:

  • Kamu cukup melarutkan ampas kopi dalam minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Setelah tercampur rata, ampas kopi dioleskan secara merata pada kulit.
  • Kemudian, diamkan selama 5 menit.
  • Setelah itu, barulah cuci kulitnya.
  • Gunakan ampas kopi asli, bukan ampas kopi yang sudah dicampur.

3. Madu asli

Cara menghilangkan sel kulit mati selanjutnya adalah dengan madu asli. Madu asli atau madu murni memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu melembapkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Caranya sebagai berikut:

  • Campurkan satu sendok makan madu dan garam laut.
  • Kemudian, oleskan pada permukaan kulit.
  • Lakukan pijatan lembut selama beberapa menit, lalu cuci muka hingga bersih.
  • Lakukan ini 1-2 kali seminggu.

4. Soda kue

Soda kue tidak hanya dapat digunakan untuk membuat kue, tetapi juga dapat digunakan sebagai cara untuk mengangkat sel kulit mati secara alami. Masukkan beberapa sendok makan soda kue ke dalam bak mandi yang sudah ada air bersihnya.

Kamu bisa berendam di dalamnya sambil melakukan pijatan lembut. Lakukan selama beberapa menit lalu bilas kembali menggunakan air hangat.

Tips merawat kulit bersih dari sel kulit mati

Saatnya lakukan cara mengangkat sel kulit mati pada tubuh dengan tips berikut ini, supaya kulit kamu semakin sehat.

1. Ketahui produk perawatan kulit sebelumnya

Beberapa produk perawatan kulit yang kamu gunakan mungkin membuat kulit kamu lebih sensitif. Pasalnya, penggunaan produk perawatan bersamaan dengan produk eksfoliasi tersebut dapat membuat kulit tubuh semakin kering.

2. Gunakan pelembap

Ketika kulit terkelupas, itu menjadi lebih kering. Tidak menggunakan pelembap dapat menyebabkan iritasi kulit. Oleh karena itu, segera aplikasikan pelembap kulit setelah melakukan eksfoliasi. Memakai pelembap dapat mencegah dehidrasi kulit dan kesehatan kulit akan tetap terjaga.

3. Lakukan secara rutin

Pengelupasan kulit secara teratur tidak berarti kamu melakukannya setiap hari. Sebab terlalu sering menggosok bisa memicu kulit merah dan iritasi. Pastikan kamu menyesuaikan dengan jenis kulit kamu untuk melakukan eksfoliasi.

Cara mengangkat sel kulit pada tubuh menjadi penting karena membantu kulit mempercepat proses pengelupasan kulit dan membantu meringankan beberapa kondisi kulit seperti keriput, bersisik, dan kusam. Yuk, coba tips ini untuk mengangkat sel kulit mati di wajah dan tubuh kamu.

(Photo by Karolina Grabowska/Pexels)
Reference
Share