manfaat bantal tidur

Bantal tidur merupakan komponen penting untuk mendapat tidur yang berkualitas. Tidur yang cukup berkisar antara 7-8 jam dalam sehari. Jika tidak didukung dengan pemilihan bantal yang baik, maka tidur menjadi kurang nyenyak dan berakibat pada kualitasnya menurun.

Bantal tidur yang baik tentunya harus bisa menyesuaikan dengan posisi tidur agar dapat menjaga posisi ilmiah dari leher dan area di sekitarnya. Inilah tips dan menentukan bantal agar tidur lebih berkualitas.

Mengenal posisi bantal tidur

Memilih bantal tidur merupakan hal yang penting untuk tidur yang nyenyak, berkualitas, dan tenang. Salah memilih bantal ternyata dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, lho. Bukan hanya itu, namun sejumlah penyakit juga dapat dihindari dari memilih bantal yang tepat. Bagaimana bisa?

Menurut Harvard Heath Publishing, sakit leher atau gejala sleep apnea (gangguan tidur yang serius, menyebabkan pernapasan berhenti) merupakan efek buruk dari pemilihan bantal yang kurang tepat.

Jenis bantal tidur yang sehat

Bantal tidur yang sehat tentunya yang dapat menyesuaikan dengan posisi tidur. Terkadang posisi tidur orang satu dengan yang lain berbeda sesuai dengan kebiasaan dan kenyamanannya. Posisi tidur berkaitan langsung dengan fungsinya sehingga bisa tepat dan mendukung kualitas tidur yang baik.

Tidak salah jika kamu selektif dalam memilih bantal karena efeknya cukup besar untuk kesehatan. Jenis bantal yang baik merupakan bantal yang bisa menjaga posisi alami dari leher dan bisa membantu menopang tulang belakang. Bantal harus bisa sesuai sehingga tetap nyaman sepanjang digunakan.

Posisi bantal tidur yang baik untuk kesehatan

Posisi tidur merupakan kunci untuk menentukan bagaimana posisi bantal yang benar dan selaras.

Posisi tidur telentang

Bantal harus menopang kelengkungan alami atau lordosis tulang belakang leher, posisi bantal lebih rendah dari sisi sampingnya. Lebih baik memilih bantal yang tipis karena jika terlalu teba, maka kepala akan terangkat. Hal ini dapat membuat punggung dan leher menjadi tegang.

Posisi tidur miring

Memakai bantal yang tebal cocok untuk kamu yang tidur miring. Bantal harus menopang leher dan kepala. Memakai bantal tambahan di lutut dan menekuk lutut dapat membuat posisi tetap netral.

Posisi tidur tengkurap

Posisi tidur ini akan membuat tegang leher san punggung. Sebaiknya cari bantal yang rata sehingga kepala bersandar pada kasur dan menghindari leher serta kepala menjadi tegang.

Posisi tidur kombinasi

Untuk kamu yang suka tidur dengan posisi yang bervariasi, carilah bantal yang memiliki area lebih rendah untuk tidur telentang dan area yang tinggi untuk tidur miring. Bantal harus bisa menjaga posisi limbah dari leher dan dapat menopang tulang belakang.

Cara memilih bantal tidur yang baik untuk Kesehatan

Berikut ini adalah tips memilih bantal tidur yang tepat untuk Kesehatan:

Memilih bantal berdasarkan isi

Bantal tidur untuk kenyamanan tidur bisa kamu pilih berdasarkan isi dan sesuai dengan keinginan seperti beberapa rekomendasi isian seperti di bawah ini:

  • Lateks. Isi bantal ini bisa menjadi pilihan karena bisa tahan dan kuat terhadap jamur dan tungau. Jenis bantal ini disebut sebagai salah satu bantal yang dapat mengatasi masalah yang terdapat pada leher dan punggung.
  • Bulu angsa. Jenis isi bantal ini paling sehat karena dapat membantu tidue menjadi lebih nyenyak. Bantal ini sangat lembut namun tidak terlalu padat. Bantal bulu angsa cocok untuk orang yang suka tidur dengan posisi tengkurap
  • Busa. Busa sangat banyak dipakai untuk kamu yang sering mengalami masalah tidur. Bantal ini sangat padat dan nyaman sehingga dapat mengurangi ketegangan pada leher dan rahang.
  • Busa memori atau memory foam. Isi batal ini terbuat dari busa dengan nama polyurethane yang dibuat dengan proses khusus. Bantal ini akan menyesuaikan dengan bentuk tubuh dan dapat kembali ke bentuk awal dengan cepat. Bantal dapat menyesuaikan pergerakan dan baik untuk posisi terlentang dan miring.
  • Wol atau katun. Isi bantal ini tahan terhadap jamur dan tungau. Meski cenderung memiliki bahan yang cukup keras, namun bisa dipakai untuk kamu yang kurang suka dengan bantal licin.

Kualitas isi bantal

Dengan banyaknya isian yang beragam dan bisa dipilih sesuai keinginan, tentu saja kamu tetap har memilih isian yang memiliki kualitas baik itu untuk kenyamanan ketika dipakai, dukungan untuk tidur yang baik dan juga ketahanan bantal sehingga tidak terlalu sering diganti.

Ukuran bantal

Sesuaikan ukuran bantal dengan posisi tidur dan kebutuhan. Kebanyakan orang, ukuran bantal standar cukup besar. Sesuaikan ukuran bantal yang tetap bisa menjaga posisi alami leher. Pilih sarung bantal yang disesuaikan dengan ukuran bantal.

Menyesuaikan bantal dengan kebiasaan posisi

Untuk memilih jenis bantal yang baik dan sehat, kamu bisa memilih dengan kriteria sebagai berikut:

  • Tidur dengan posisi telentang akan cocok jika menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi dan keras, kepala sejajar dengan punggung dan tulang belakang.
  • Coba tidur dengan memakai bantal tambahan atau guling agar dapat mengurangi tekanan punggung bawah.
  • Posisi tidur lain lebih baik daripada posisi tidur yang tengkurap, namun jika terdapat luka punggung, kamu bisa memakai posisi tidur ini.
  • Memakai tambahan bantal dibawah pinggul pada saat tengkurap sehingga mencegah nyeri punggung bawah
  • Pastikan memilih yang empuk dan lentur agar bisa mengikuti posisi kepala jika ingin tidur dengan posisi miring.

Manfaat bantal tidur yang baik

Memakai bantal yang tepat memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Mencegah sakit leher. Untuk itu, pilih bantal yang tepat dan sesuaikan dengan posisi agar leher tetap terjaga dengan baik.
  • Membuat postur tidur tetap baik. Pemakaian bantal yang tepat akan menjaga posisi tubuh tetap netral sehingga untuk kondisi tubuh tertentu disarankan untuk lebih selektif dalam memilih bantal.

Tentunya kamu juga harus mengetahui resiko salah memilih bantal tidur yang salah ya. Apalagi untuk kamu yang sering mengalami sakit kepala, alergi, sakit leher, atau bahkan mati rasa.

Risikonya bisa berdampak pada kualitas tidur dan kesehatan anggota tubuh yang menurun. Kualitas tidur akan berpengaruh kepala nafsu makan, mood, pola pikir bahkan dapat memicu penyakit yang lebih serius. Pilihlah bantal tidur yang tepat dan bisa membantu kualitas tidur lebih meningkat, ya!

Share artikel ini
Reference