Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Secara Tradisional

Penyebab kulit kering bisa jadi karena berbagai hal. Oleh karena itu, cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara tradisional, sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya. Misalnya dengan mengoleskan pelembab, menggunakan bahan alami, hingga air minum.

Kulit kering adalah kondisi ketika lapisan atas kulit tidak mendapatkan kelembaban yang cukup. Ada berbagai penyebab kulit kering. Oleh karena itu, cara mengatasi kulit kering sangat penting sebagai langkah perawatan.

Jika kondisinya parah, maka bisa terjadi retakan yang dalam dan bahkan bisa berdarah. Yang lebih memprihatinkan jika tidak segera diobati, kulit kering dapat memicu dermatitis atau peradangan kulit, pembengkakan, dan infeksi.

Meski kulit kering, bersisik, dan gatal bisa muncul di bagian tubuh mana saja, lengan, tangan, betis, dan perut seringkali menjadi area utama. Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara tradisional? Yuk ketahui jawaban selengkanya berikut ini.

Penyebab kulit kering dan bersisik

Kulit kering biasanya membuat permukaan kulit terasa kasar, bersisik, ruam, mengelupas, dan iritasi. Masalah kulit yang kering terjadi secara alami pada dasarnya, hal ini karena kelenjar sebaceous pelan dalam memproduksi minyak alami pada kulit kamu.

Umumnya, kulit kering dapat dirasakan pada kulit wajah dan kulit pada tangan, lengan, dan kaki. Paparan cuaca kering, sering mandi menggunakan air panas, dan paparan bahan kimia tertentu dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.

Selain itu, penggunaan obat-obatan untuk kondisi medis tertentu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kulit kering. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Umur

Siapa pun bisa mengalami kulit kering, terutama orang tua. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, penurunan produksi sebum akan semakin berkurang. Hal ini berakibat pada semum, yakni minyak alami yang bermanfaat untuk pelumas pada kulit.

2. Penggunaan sabun

Sabun mandi, sabun cuci muka, produk perawatan kulit, hingga deterjen mengandung bahan kimia keras yang dapat mengeringkan kulit.

Umumnya bahan kimia tersebut mampu menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga kelembaban kulit berkurang.

3. Udara kering, panas atau dingin

Udara kering biasanya terjadi pada saat cuaca sedang dingin. Selain itu, penyebab kulit kering juga terjadi karena ada perubahan udara yang panas. Sehingga menyebabkan kulit kering terjadi pada saat kondisi seperti ini.

4. Mandi air hangat terlalu lama

Mandi dengan air panas dapat menyebabkan kulit kering jika dilakukan terlalu lama. Begitu juga jika kamu menggunakan air hangat terlalu lama.

5. Kondisi medis tertentu

Penyebab kulit kering serta gatal juga terjadi karena seseorang mengalami kondisi medis, seperti gangguan tiroid, diabetes, atau penyakit ginjal bisa menjadi penyebab kulit kering.

6. Menggosok kulit

Menggosok kulit terlalu keras dan terutama menggunakan bahan abrasif tertentu dapat menyebabkan kulit kering.

Gesekan yang terjadi antara scrubber dengan kulit berpotensi merusak lapisan kelembapan pada permukaan kulit sehingga membuat kulit terasa kering.

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara tradisional mudah di rumah

Tips atasi kulit kering

Berikut cara yang bisa kamu coba segera dengan menggunakan resep tradisional yang bisa kamu temukan di rumah, di antaranya:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki beragam manfaat untuk tubuh kamu. Salah satunya adalah mengatasi kulit kering. Kandungan asam lemak pada minyak ini dapat melembabkan kulit secara alami.

Cara melembabkan kulit dengan kulit kelapa sangat mudah. Cukup oleskan minyak kelapa murni ke area tubuh yang kering sebelum tidur.

Kemudian basuh bagian tubuh yang terkena minyak saat bangun keesokan harinya. Dengan kamu melakukan perawatan setiap hari, kulit kamu lebih halus dan lembut.

2. Lidah buaya

Sifat antiseptik, antijamur, dan pendinginan yang ada di tanaman lidah buaya membantu kamu mengatasi kulit kering. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat menyembuhkan kulit gatal akibat iritasi dan mencegah kulit pecah-pecah.

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang kering, lalu diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih, kamu bisa melakukan secara rutin 2x sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

3. Madu

Memiliki kandungan vitamin dan mineral, madu tidak hanya bisa dikonsumsi. Bahkan, madu bisa kamu gunakan untuk mengobati kulit kering kamu. Kandungan antioksidan dan antimikroba pada madu membantu menjaga kelembaban pada kulit sehingga kulit tampak lebih halus dan lembut.

Untuk merawat kulit kering, cukup oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah sebelum mandi dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lembab dan sehat.

4. Susu

Susu ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak hanya berdampak pada pertumbuhan, tetapi juga untuk kesehatan kulit. Susu dapat membantu mengatasi kulit kering karena memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat memberikan perasaan yang menenangkan pada kulit kamu.

Selain itu, asam laktat yang terkandung dalam susu juga berperan dalam meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembabkan. Kamu juga bisa mendapatkan kulit cerah dengan menggunakan susu ini.

Setelah mengetahui manfaat susu, kamu bisa mulai mengoleskan susu pada kulit dengan mencelupkan waslap bersih ke dalam susu dingin, lalu mengoleskannya pada kulit yang kering selama 5 hingga 7 menit.

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik dengan perubahan gaya hidup lebih sehat

Berbagai hal tersebut dapat mengatasi masalah kulit kering bersisik kamu, untuk memulainya kamu bisa segera menerapkan perubahan gaya hidup tersebut.

1. Jangan mandi terlalu lama
2. Minum air putih yang cukup
3. Hindari mandi air panas
4. Hindari menggosok kulit dengan handuk kasar
5. Oleskan pelembab setelah kamu mandi
6. Gunakan tabir surya untuk menangkal radikal bebas
7. Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral bagi tubuh

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara tradisional sebenarnya mudah, kamu bisa menggunakan berbagai bahan yang ada di rumah. Namun, jika tidak bisa meredakan kulit kering, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kulit supaya mendapat solusi yang tepat.

Share artikel ini
Reference