cara mengatasi kulit kering

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan berubah seiring bertambahnya usia. Salah satu jenis kulit yang paling sering dijumpai, yaitu kulit kering. Jika kamu memiliki jenis kulit yang satu ini, yuk cari tahu cara mengatasi kulit kering secara alami yang bisa kamu coba di rumah!

Kulit kering atau xeroderma adalah kulit yang tidak memiliki kelembapan yang cukup sehingga tidak mampu membuatnya terasa lembut dan elastis. Faktanya, kulit kering merupakan masalah umum yang memengaruhi hampir semua orang di berbagai kalangan.

Namun, beberapa faktor seperti tinggal di iklim kering atau dingin, berusia 40 tahun atau lebih, dan memiliki penyakit atau kondisi tertentu, seperti hipotiroidisme, diabetes, atau malnutrisi bisa menjadi pemicu kulit kering atau meningkatkan risiko.

Meski umum terjadi, namun memiliki kulit kering tak hanya bisa menurunkan tingkat percaya diri tapi kerap kali membuat kulit terasa lebih sensitif. Bahkan, kulit yang sangat kering, rapuh, mudah terkelupas atau pecah-pecah, nantinya dapat berubah menjadi luka yang menyakitkan.

Lantas, apa penyebab dan bagaimana mengatasi kulit kering secara alami yang terbukti ampuh? Yuk, simak selengkapnya!

Penyebab kulit kering

Penyebab kulit kering dan gatal mungkin terkesan sepele, yaitu kurangnya kelembapan pada kulit itu sendiri. Namun, kira-kira mengapa kulit bisa mengalami kurangnya kelembapan? 

Kulit kita terdiri dari banyak lapisan berbeda dan membentuk penghalang alami untuk melindungi tubuh dari faktor eksternal. Untuk mencegah lapisan luar kehilangan air, kulit menghasilkan sebum. Jika kulit tidak memiliki cukup sebum, ia bisa kehilangan air dan mulai terasa kering.

Beberapa penyebab kulit kering di antaranya:

  • Memiliki kebiasaan mandi dalam waktu yang lama, khususnya mandi menggunakan air panas 
  • Menggunakan sabun atau produk pembersih lainnya yang berbahan keras bagi kulit
  • Penggunaan obat jerawat dan retinol mempercepat pergantian sel kulit sehingga menyebabkan kulit kering 
  • Masalah kulit, seperti psoriasis dan eksem dapat membuat kulitmu lebih rentan mengalami kekeringan
  • Seiring bertambahnya usia, kulit akan menipis dan keelastisannya pun menurun
  • Perawatan medis tertentu seperti kemoterapi juga bisa menyebabkan kulit mengering
  • Faktor genetika
  • Perubahan cuaca
  • Adanya masalah kesehatan, seperti  diabetes, penyakit ginjal, dan anoreksia dapat membuat kulit kering

Punya Kulit Kering? Ini Ciri-Cirinya Dan Cara Merawatnya Supaya Glowing

Cara mencegah kulit kering

penyebab dan cara mengatasi kulit kering

Ada banyak cara, termasuk perubahan gaya hidup yang dapat membantu mencegah kulit kering. Untuk mencegah masalah kulit ini terjadi padamu, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

  1. Hanya menggunakan produk pembersih yang lembut dan bebas pewangi
  2. Menepuk dan bukan menggosok kulit kering setelah dicuci
  3. Menggunakan banyak pelembap sesegera mungkin setelah mengeringkan kulit
  4. Jika kamu bercukur, pastikan kamu menggunakan bahan pelumas sebelum melakukannya. Gunakan pisau tajam dan bilas dengan air hangat setelah setiap mencukur. Setelah selesai, oleskan pelembap
  5. Perhatikan waktu mandi. Usahakan untuk tidak mandi lebih dari 10 menit
  6. Konsumsi banyak air agar tubuh tetap terhidrasi

Rekomendasi Skincare Kulit Kering Agar Selalu Sehat Dan Glowing

Cara mengatasi kulit kering

Banyak kasus kulit kering dapat diatasi dengan cara alami, yaitu minum air putih yang cukup dan menggunakan pelembab secara teratur.

Selain itu, cara mengatasi kulit kering menurut para ahli adalah dengan menggunakan krim atau salep sepanjang hari untuk meredakan kulit kering. Pasalnya, krim dan salep cenderung lebih efektif daripada losion.

Jika kamu mengalami eksem dan tidak sembuh dengan pelembap, krim steroid ringan dapat menjadi solusi. Jika masih tidak berhasil, dokter akan meresepkan krim dengan bahan atau kandungan tertentu yang lebih kuat dan efektif. 

Namun, jika kulit kering disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya, seperti diabetes, anoreksia, atau psoriasis, dokter biasanya akan mengobati masalah kesehatan yang mendasarinya terlebih dahulu.

Di samping itu, jika kulit kering karena faktor efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu, biasanya masalah kulit kering akan hilang ketika kamu berhenti minum obat tersebut. Namun, pastikan kamu tidak berhenti minum obat resep tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Jadi, cara mengatasi kulit kering itu beragam tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Biasanya, kulit kering bisa diatasi dengan perawatan di rumah atau dengan bantuan krim yang dijual bebas. 

Sontek Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Secara Tradisional Ini!

Jika cara mengatasi kulit kering di atas tidak membantu atau justru mulai mengganggu kehidupan sehari-hari, kamu harus segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang paling sesuai. 

Selain itu, segera hubungi dokter jika kulitmu menjadi pecah-pecah, perih dan nyeri, serta ada tanda-tanda infeksi kulit, seperti keluarnya cairan dari kulit atau bercak kulit kering yang panas dan bengkak.

Anyway, apakah kamu sedang mengalami iritasi dan ruam di sekitar organ intim? Kamu bisa check video berikut untuk tahu faktanya langsung dari dokter dan jangan lupa follow media sosial Yoona Women, ya!

@yoonawomen Yuhuuu, back to period talk. yoonies ada yang relate sama hal ini gak ? #pembalutwanita #pembalutorganik #yoonawomen #periodtalk ♬ Aesthetic – Tollan Kim


 Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference