Sudah sangat umum bagi pasangan yang menikah untuk mendambakan keturunan. Tentunya ada banyak faktor dalam memperbesar peluang kehamilan, salah satunya dengan menjaga hormon kesuburan tetap stabil.

Hormon kesuburan sangat penting karena proses ovulasi dan produksi sel telur membutuhkan hormon yang seimbang. Jika tidak seimbang, maka pembuahan hingga kehamilan akan sulit terjadi. Apa saja jenis makanan penambah hormon wanita? 

Apa penyebab kekurangan hormon pada wanita? 

Hormon memiliki peran yang sangat penting bagi seorang wanita yang ingin memiliki anak. Jika hormon tidak seimbang, maka proses ovulasi dan pelepasan sel telur dapat terganggu. Hal ini akan menyebabkan peluang kehamilan lebih kecil. 

Hormon estrogen lebih banyak diproduksi oleh wanita dan penurunan hormon ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

  • Mengidap gangguan makan (anoreksia)
  • Olahraga ekstrem
  • Diet ekstrem
  • Kegagalan organ ovarium karena autoimun, cacat genetik dan toksin
  • Sindrom turner
  • Fungsi kelenjar pituitary rendah
  • Penyakit ginjal kronis

Faktor diatas dapat menyebabkan kadar hormon estrogen rendah sehingga dapat menurunkan peluang kehamilan. Namun jangan khawatir ladies, ada beberapa makanan penambah hormon wanita yang dapat kamu coba untuk mengatasi kondisi ini.

Baca juga: Yuk Kenali 6 Jenis Hormon Reproduksi Wanita

Daftar makanan penambah hormon kesuburan wanita

menu makanan sehat

Berikut ini adalah daftar makanan penambah hormon wanita yang bisa kamu pilih sebagai menu makanan harian, yaitu:

1. Kacang dan biji-bijian

Kacang sebagai sumber folat dan serat dapat bermanfaat untuk tubuh. Wanita yang mengalami hormon tidak seimbang dapat memperbanyak konsumsi kedua jenis makanan ini.

Sehingga dapat memperbaiki hormon kembali stabil. Protein dalam kacang diketahui mampu melancarkan proses saat ovulasi dan kesempatan hamil akan meningkat. Kamu bisa mengonsumsi kacang hijau, kacang merah, atau kacang lainnya yang diolah secara tepat pula. 

2. Kuning telur

Kuning telur yang kaya akan kalsium, zat besi, vitamin B6, B12 dan folat akan membantu mempertahankan kesuburan dan meningkatkannya. Vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon yang meningkatkan kesuburan.

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu superfood yang mempunyai kandungan serat dan nutrisi yang tinggi. Serat dalam brokoli dapat mengatasi ketidakseimbangan hormon wanita.

Sehingga dapat memperbanyak produksi hormon seperti androgen. Dengan begitu kesuburan akan lebih baik dan meningkatkan kemungkinan kehamilan.

4. Kayu manis

Kayu manis sdapat dikonsumsi sebagai the atau dijadikan bubuk untuk tambahan rasa minuman atau makanan. Kayu manis diketahui dapat mengatasi siklus haid yang tidak teratur karena PCOS atau sindrom ovarium polikistik.

Proses pematangan dan pelepasan sel telur akan kacau jika siklus tidak teratur sehingga peluang kehamilan akan lebih rendah.

5. Buah-buahan

Buah merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah sehingga tidak akan memicu gula darah dalam tubuh. Tentunya hal ini akan baik bagi wanita yang mempunyai PCOS agar hormon dalam tubuh kembali normal dan seimbang.

Baca juga: 9 Jenis Makanan Penyubur Kandungan yang Perlu Kamu Ketahui! 

6. Kale

Sayur kale juga menjadi salah satu makanan penambah hormon wanita yang cukup baik. Sayur kale sendiri merupakan sayuran hijau yang memperbaiki metabolisme sebagai hormon seksualitas wanita. S

ayur ini dapat memperbaiki kesuburan dan bermanfaat untuk masalah kesehatan lainnya.

7. Nanas

Sebagai sumber vitamin C, nanas tergolong sebagai buah yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin cepat hamil. Kekurangan vitamin C dapat memicu risiko pcos pada wanita.

Selain itu, buah nanas diketahui mengandung enzim alami bernama bromelain yang menurunkan peradangan yang memicu turunnya kesehatan tubuh.

8. Minyak zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Makanan penambah hormon wanita selanjutnya ada pada minyak zaitun. Sumber lemak sehat ini dapat dikonsumsi dengan takaran yang tepat sehingga dapat menurunkan peradangan dalam tubuh. Siklus haid dan ovulasi akan teratur sehingga kesuburan akan meningkat.

9. Karbohidrat kompleks

Makanan dengan karbohidrat kompleks akan membantu meningkatkan kesuburan wanita. Bagi wanita dengan PCOS, kandungan serat, vitamin B dan E dalam karbohidrat komplek akan memperbaiki kadar insulin dan meningkatkan hormon wanita menjadi lebih seimbang.

10. Biji rami

Biji rami mempunyai potensi manfaat yang besar untuk kesehatan. Senyawa dalam biji rami data berfungsi sebagai fitoestrogen sehingga hormon wanita akan meningkatkan lebih baik. Biji rami mengandung 800x lignan lebih banyak daripada makanan nabati lain.

11. Kedelai dan edamame

Kedelai dan edamame kerap digunakan sebagai bahan dasar tempe dan tahu. Kedua jenis makanan ini kaya akan isoflavon yang dapat meningkatkan hormon wanita.

Produksi hormon akan meningkat dan membesar peluang kesuburan hingga kehamilan bagi wanita. Jenis makanan ini juga diketahui dapat melawan tipe kanker payudara wanita.

12. Biji wijen

Biji wijen kaya akan fitoestrogen sehingga dapat memengaruhi kadar hormon estrogen pada wanita bahkan setelah menopause. Makanan penuh nutrisi ini juga dapat meningkatkan aktivitas estrogen dalam tubuh sehingga mendukung kesuburan.

13. Bawang putih

Meskipun terkadang meninggalkan bau mulut, namun bawang putih dikenal sebagai makanan dengan potensi manfaat yang sangat besar.

Bawang putih dalam meningkatkan hormon estrogen wanita sehingga sangat efektif bagi mereka yang mengalami penurunan hormon karena berbagai faktor.

14. Persik

Buah peach atau persik kaya akan vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kadar hormon wanita meningkatkan. Produksi hormon yang seimbang akan meningkatkan peluang kesuburan dan kehamilan bagi pasangan yang ingin mendapatkan keturunan.

15. Berry

Berbagai macam buah berry diketahui mengandung mineral, vitamin, serat dan senyawa tanaman bermanfaat termasuk fitoestrogen yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan dan hormon wanita.

Jenis buah berry yang dapat kamu konsumsi yaitu cranberry, raspberry, dan strawberry.

Bagaimana cara memperbaiki hormon wanita? 

Memperbaiki hormon wanita kembali seimbang akan meningkatkan kesuburan. Beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki hormon yaitu:

  • Pilih makanan utuh dan bukan olahan, jenis makanan utuh dan segar akan meningkatkan kesuburna daripada makanan olahan yang terkadnag mengandung pengawet dan pewarna makanan.
  • Konsumsi suplemen harian yang mengandung minimal 400 mg asam folat dan 40-80 mg zat besi. Dengan suplemen ini, kesuburan dapat meningkat dan peluang kehamilan semakin besar.
  • Perbanyak variasi makanan agar dapat menyimpan banyak nutrisi baik yang akan dikelola oleh tubuh.
  • Penuhi asupan berbagai makanan yang dapat memperbaiki dan meningkatkan hormon estrogen pada wanita

Diantara banyaknya makanan penambah hormon wanita diatas, kamu dapat memilih berbagai makanan. Tentunya dengan tetap mengimbangi pola hidup sehat, banyak berolahraga dan penuhi asupan dari makanan yang dapat menambahkan hormon menjadi stabil dan seimbang ya ladies!

Share artikel ini
Reference