berapa kalori nasi padang

Apakah kamu setuju kalau nasi padang dijuluki sebagai makanan sejuta umat? Kamu pasti sering melihat rumah makan nasi padang hampir di semua daerah. Hidangan ini tidak hanya dijual di Indonesia saja, bahkan di luar negeri, seperti Inggris, Singapura, dan Amerika Serikat.

Hidangan ini cenderung memiliki aroma khasd dan rasa yang pedas. Biasanya, kebanyakan orang memakannya dengan nasi hangat. Namun, dibalik rasa lezatnya, banyak yang menganggap nasi padang sebagai penyebab terjadinya kolesterol tinggi. Apakah benar demikian? Yuk cek faktanya dalam artikel berikut ini!

Mengenal nasi padang

berapa kalori nasi padang

Dinamakan berdasarkan tempat asalnya, nasi padang adalah kombinasi antara nasi dengan berbagai jenis hidangan tradisional khas Padang, seperti rendang, ayam pop, gulai kari, dendeng, dan sebagainya.

Hidangan ini menggunakan banyak rempah-rempah, terutama cabai yang segar. Jadi, tidak heran jika nasi padang memiliki rasa yang sangat lezat.

Ciri khas masakan Padang tidak hanya terletak pada berbagai jenis hidangannya, namun juga pada cara penyajiannya.

Umumnya, hidangan Padang disajikan dalam jumlah besar menggunakan piring-piring kecil yang berisi berbagai hidangan. Pengunjung akan dikenakan biaya untuk hidangan yang mereka makan saja.

Baca juga: Ini Kalori Nasi Liwet dan Resep Memasak yang Sehat

Berapa kalori nasi padang?

Meskipun rasanya lezat, kamu perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Ternyata 1 porsi nasi padang memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi, yaitu sekitar 664 kalori.

Kalorinya cukup tinggi karena mengandung minyak, santan, dan lemak. Karena itu, hidangan ini tidak cocok untuk dinikmati setiap hari. Kamu bisa mengonsumsinya sebanyak satu atau dua kali dalam satu minggu dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca juga: Ini Jumlah Kalori Santan, Amankah untuk Kesehatan? 

Kandungan nasi padang

Kalori nasi padang

Kandungan yang terdapat pada satu porsi nasi padang, antara lain:

  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein

Kandungan yang paling dominan adalah protein dan karbohidrat dengan kisaran takarannya masing-masing 70 gram. Pada satu porsi nasi padang, diperkirakan terdapat 15 gram kandungan lemak.

Jumlah kalori pada nasi padang bisa berbeda-beda tergantung pada pilihan lauk yang kamu konsumsi. Rendang dan sayur nangka kuah santan mengandung lemak jahat (LDL). Semakin sering kedua hidangan ini dipanaskan, maka semakin tinggi pula kandungan lemaknya.

Cara makan nasi padang yang sehat

Nikmatnya nasi padang yang disajikan dengan nasi hangat, ditambah bumbu yang gurih, dan sambal hijau yang khas pasti membuat siapa saja ingin menyantapnya.

Tetapi, dibalik kelezatannya, nasi padang sering dikaitkan dengan makanan yang tinggi lemak dan kolesterol. Ada beberapa cara agar kamu tetap sehat saat mengonsumsi nasi padang, yaitu:

Pilih lauk yang dipanggang atau dibakar

Sebaiknya, pilih lauk yang diolah dengan cara dipanggang, bukan digoreng. Misalnya, lebih baik pilih ikan bakar, bukan ikan goreng. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi kandungan lemak dari lauk yang digoreng. 

Batasi konsumsi hidangan bersantan

Cara sehat mengonsumsi kalori nasi padang adalah dengan membatasi lauk bersantan. Sebaiknya kamu membatasi konsumsi hidangan kari karena cenderung memiliki kandungan lemak yang tinggi dari santan. Kamu bisa meminta kuah balado atau kuah kuning dari sayur. 

Pilih satu lauk saja

lauk nadi padang

Kalori nasi padang memang terkenal dengan bermacam-macam lauk yang tersedia. Untuk hidangan yang mengandung protein, sebaiknya pilih satu hidangan saja. 

Namun, jika kamu ingin makan lebih banyak protein, pilihlah satu hidangan protein hewani seperti ayam atau sapi dan satu hidangan protein nabati, seperti tempe atau tahu.

Jangan lupa konsumsi sayur

Mintalah ekstra sayur untuk menyeimbangkan kalori nasi padang, misalnya timun dan daun singkong. Sayuran mengandung serat yang bisa membantu mengurangi asupan kolesterol. 

Jangan lupa konsumsi buah

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C, seperti stroberi dan mangga. Buah mengandung antioksidan yang dapat menetralkan racun dalam tubuh kita dan mengurangi kadar LDL.

Baca juga: Catat! Ini 8 Makanan Pengurang Kolestrol 

Pilih minuman yang sehat

Setelah menyantap kalori nasi padang, sebaiknya hindari minuman yang manis, apalagi jus dengan kalori yang tinggi. Sebaiknya hindari jus alpukat atau jus mangga dengan tambahan banyak gula.  Lebih baik minum air putih atau teh tawar saja.

Kurangi porsi nasinya

Jika kamu mau makan nasi padang di rumah, sebaiknya minta nasi setengah porsi saja. Sebab, biasanya porsi nasi yang dipesan untuk dibawa pulang lebih banyak daripada porsi yang dimakan langsung di restoran.

Itulah pembahasan mengenai kalori nasi padang dan cara makan nasi padang yang sehat. Meskipun rasanya enak, kamu tetap harus memperhatikan porsi nasi padang yang kamu konsumsi, ya. Sebab, jika berlebihan, hal ini tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Share artikel ini
Reference