mengenal butterfly hug

butterfly hug

Pelukan merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri. Namun, pelukan ini tak harus datang dari orang lain, melainkan diri sendiri dengan butterfly hug. Pelukan ini semakin populer sejak drama Korea It’s OK to Not Be Okay yang mengangkat isu kesehatan mental ditayangkan. 

Dalam drama ini, terdapat adegan yang memperlihatkan metode tersebut digunakan ketika karakter merasa emosinya tidak nyaman. Lantas, apa sih sebenarnya metode pelukan yang satu ini dan bagaimana cara melakukannya? Berikut ulasannya. 

Mengenal butterfly hug

Butterfly hug merupakan metode berpelukan dengan diri sendiri untuk mengatasi cemas dan stres sehingga menjadi lebih tenang. Ini adalah teknik relaksasi yang mudah dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. 

Awalnya, metode ini kembangkan oleh Lucina (Lucy) Artigas dan Ignacio Jarero yang merupakan terapis EMDR pada tahun 1998 untuk membantu korban badai Pauline di Meksiko supaya sembuh dari traumanya . Teknik kini menyerupai kepakan kupu-kupu yang menguncup. 

Setelah menggunakan metode tersebut, baik kelompok orang dewasa maupun anak-anak menunjukan gejala yang membaik dan menjadi lebih tenang. Kemudian, butterfly hug hingga saat ini digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kecemasan, terutama bagi orang yang mengalami trauma

Langkah-langkah melakukan butterfly hug

butterfly hug di drama korea

Berikut langkah-langkah melakukan butterfly hug dengan mudah:

  • Duduk dengan tenang, lalu bernapaslah menggunakan teknik pernapasan diafragma.
  • Fokuskan pikiran pada diri sendiri, selain itu emosi yang kamu rasakan sambil terus bernapas.
  • Silangkan kedua tangan di atas dada, Letakan tangan di bawah tulang selangka atau bahu.
  • Mulailah tepuk-tepuk pelan diri sendiri secara bergantian dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. 
  • Saat menepuk diri sendiri, cobalah untuk tarik napas dalam kemudian keluarkan secara perlahan. Ini bertujuan untuk membantu perasaan kamu menjadi lebih lega.
  • Lakukan tepukan tersebut selama 30 detik atau selama beberapa menit, sampai kamu mulai merasa lebih tenang.

Manfaat butterfly hug untuk kesehatan mental 

Ada berbagai manfaat butterfly hug untuk kesehatan psikologis maupun fisik, seperti:

1. Mengurangi rasa sakit

Memeluk diri sendiri ternyata dapat membantu mengurangi rasa sakit, hal ini diungkap melalui sebuah penelitian pada tahun 2011. Dalam penelitian tersebut melibatkan 20 peserta dimana peneliti menggunakan laser untuk memberikan sensasi nyeri seperti tertusuk jarum pada para peserta. 

Kemudian, para peserta menyilangkan tangan layaknya memeluk diri sendiri, kemudian mereka merasakan bahwa sakit yang mereka alami berkurang. Selain itu, penelitian pada 2015 mengungkapkan bahwa sentuhan yang menenangkan dapat melepaskan hormon oksitosin yang berguna untuk mengurangi rasa sakit. 

2. Memperbaiki suasana hati

Pelukan pada diri sendiri ini juga dapat membantu memperbaiki suasana hari. Menjalani hari-hari yang melelahkan terkadang membuat suasana hati menjadi buruk. Melakukan pelukan pada diri sendiri dapat membantu meningkatkan suasana hati sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan ketegangan pun berkurang. 

Selain itu, butterfly hug atau metode memeluk diri sendiri dapat membantu menurunkan kadar hormon kortisol yang dapat menyebabkan stres pada tubuh. Walaupun pelukan ini mungkin tidak dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi, namun metode ini dapat membantu mengurangi stress dan membuat perasaan lebih tenang. 

3. Membuat diri merasa aman dan nyaman

Pelukan dari orang terdekat memang dapat membuat perasaan menjadi nyaman dan merasa lebih aman. Pelukan dapat membuat seseorang merasa tidak sendiri. Namun, perasaan seperti ini bukan hanya datang ketika mendapat pelukan dari orang lain, kamu juga bisa mendapatkan rasa aman dan nyaman ketika memeluk diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kestabilan emosi. 

4. Membantu lebih mencintai diri sendiri

Butterfly hug juga akan meningkatkan perasaan cinta pada diri sendiri. Ini karena tubuh dan pikiran menjadi lebih bersatu. Kamu juga dapat lebih menerima apa yang ada dalam diri sendiri dan apa yang sedang kamu lalui termasuk kesulitan yang tengah kamu hadapi. 

Itulah beberapa manfaat butterfly hug, setiap orang mungkin akan mengalami manfaat yang berbeda. Namun, jika pelukan ini tidak terlalu membantu dan kecemasan tetap kamu alami bahkan sampai mengganggu aktivitas, sebaiknya konsultasikan pada psikiater atau dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Share artikel ini
Reference